FASHION & BEAUTY
6 Juni 2016

7 Cara Tetap Produktif di Bulan Puasa

Tips agar puasa Anda tidak mengganggu produktivitas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (serenata.rosalia)
Disunting oleh (serenata.rosalia)

Bulan Ramadhan hampir tiba, sudah kewajiban bagi Anda yang menunaikan ibadah puasa harus menyiapkan fisik dan mental untuk menjalankannya. Untuk Anda para pekerja, jangan sampai kewajiban Anda berpuasa mengganggu performa Anda di tempat kerja. Jadikan bulan penuh berkah ini menjadi ladang pahala Anda. Banyak yang mengatakan “Bekerja itu ibadah” apalagi ditambah “Bekerja dibarengi dengan ibadah.” Nah, tunggu apalagi? Berikut ini tips bisa Anda lakukan agar tetap produktif di bulan Ramadhan nanti.

Perhatikan Asupan Makanan Anda

Menahan lapar dan haus ketika sedang puasa bukanlah hal yang mudah. Apalagi ditambah aktivitas di tempat kerja yang padat, membuat Anda harus pintar-pintar menyiasatinya dengan cara memenuhi asupan gizi pada saat sahur dan berbuka puasa. Seimbangkan makanan yang mengandung protein, karbohidrat, zat besi serta kalsium. Perbanyak minum air putih pun membantu tubuh Anda agar tetap bugar sepanjang hari.

Hindari Lembur

Saat siang hari adalah waktu yang sangat berat. Selain perut yang mulai lapar, terkadang datang rasa kantuk yang melanda luar biasa. Maka, padatkan pekerjaan Anda di pagi hari dan kerjakan segera pekerjaan Anda pada pagi hari di mana kondisi tubuh masih dalam keadaan yang prima. Setelah beban pekerjaan berkurang, gunakan waktu siang Anda untuk memeriksa kembali detail pekerjaan. Dengan cara seperti ini Anda akan terhindar dari lembur.

Gunakan Waktu Istirahat Anda untuk Beribadah

Bulan Ramadhan bukan berarti penghapusan jatah istirahat Anda di kantor. Karena tidak ada kegiatan makan siang, maka gunakanlah waktu Anda untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Contohnya beribadah. Membaca ayat-ayat suci sehabis salat lebih berguna dibandingkan tidur di musholah atau masjid terdekat. Selain bertambah pahala, kegiatan rohani seperti ini akan mengurangi rasa lelah secara mental.

Kurangi Kegiatan yang Tidak Ada Manfaatnya

Beradu argumen dengan rekan kerja sampai meledak-ledak, menggerutu saat mengerjakan revisi pekerjaan, atau bergosip dengan teman sebelah mungkin kebiasaan buruk yang perlu Anda hindari. Tidak hanya pada saat Anda berpuasa, tapi juga sehari-hari. Kegiatan seperti ini juga akan membentuk lingkungan kerja Anda menjadi tidak sehat dan hanya membuang-buang waktu.

Ubah Mindset Anda

Untuk Anda yang baru memasuki dunia kerja mungkin bekerja sambil berpuasa adalah kegiatan yang sangat berat. Semua yang Anda rasakan bersumber dari pola pikir Anda sendiri. Semakin Anda merasa berat, otak Anda pun akan mengirim sinyal kepada tubuh sehingga tubuh cepat lelah dan mudah terserang penyakit. Mulailah bangun pola pikir bahwa ini adalah hal yang mudah dan menyenangkan. Niscaya, Anda akan ringan menjalani hari-hari di bulan Ramadhan ini.

Bawa Bekal

Tentu semua dari kita berusaha pulang tepat waktu pada saat bulan Ramadhan, dengan alasan “Saya harus berbuka puasa bersama keluarga saya.” Jika pekerjaan Anda selalu tidak dapat diprediksi kapan pulangnya, tidak ada salahnya membawa bekal sederhana untuk menu berbuka puasa Anda. Tidak perlu ribet. Kurma dalam kemasan atau roti juga bisa jadi bekal yang cukup mengenyangkan.

Hindari Begadang

Anda harus mengatur jadwal keseharian Anda, seperti kapan harus bangun sahur, kapan harus bersiap menuju tempat kerja, istirahat pada siang hari, pulang kantor, sampai ibadah salat tarawih. Gunakanlah waktu istirahat malam Anda semaksimal mungkin. Pastikan pukul 10 malam Anda sudah bersiap-siap untuk istirahat. Ingat bahwa Anda harus sahur keesokan harinya. Maka pejamkanlah mata Anda segera!

(LMF)

Foto: huffingtonpost

Artikel Terkait