KELUARGA
2 Oktober 2019

7 Ciri Keuangan Keluarga yang Sehat, Apakah Moms dan Dads Memilikinya?

Merasa bahagia dengan kondisi keuangan saat ini jadi tanda keuangan keluarga sehat
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Memiliki keuangan yang sehat tidak hanya membuat Moms dan Dads terhindar dari utang, tetapi juga mendukung kesehatan fisik dan mental.

Memiliki keuangan yang sehat berarti memiliki cukup uang untuk membiayai pengeluaran penting, serta memiliki tabungan untuk mengatasi hal tak terduga di masa depan.

Jika Moms ingin mengetahui seperti apa ciri keuangan keluarga yang sehat, berikut ini beberapa tanda-tandanya, mengutip Fatherly.com dan Well Kept Wallet.

1. Sudah Menguasai Arus Keuangan

anggaran

Ini berarti, Moms sudah memahami bagaimana alur uang masuk dan keluar dalam keuangan keluarga. Untuk mencapai ini, butuh waktu dan kedisiplinan yang tinggi.

Mulailah dengan melihat kembali kebiasaan pengeluaran pada tiga bulan lalu. Lalu, buat budget berdasarkan pengeluaran tersebut menggunakan aplikasi.

Kemudian, buat penyesuaian, dan ulangi dengan disiplin sampai Moms mendapatkan pola pengeluaran dan pemasukan dalam anggaran keuangan keluarga.

Baca Juga: 6 Tips Mencegah Masalah Keuangan Rumah Tangga

2. Tidak Memiliki Utang Kartu Kredit

kartu kredit.jpg

Utang akan menjadi bagian dari hidup seseorang dan sebagian besar orang perlu mengambil pinjaman untuk melakukan pembelian besar seperti rumah, transportasi, dan pendidikan.

Namun, utang kartu kredit tidak memiliki tempat dalam kehidupan kita. Utang kartu kredit 'beracun', mahal, dan menunjukkan kurangnya disiplin untuk mengatur keuangan.

3. Mampu Mengendalikan Besaran Utang

utang.jpg

Secara umum, rasio utang terhadap pendapatan yang baik adalah sebesar 36 persen. Bagilah kewajiban utang bulanan dengan pendapatan bulanan.

Jika rasionya terlalu tinggi, masukkan pembayaran utang ke dalam prioritas keuangan keluarga. Tentu saja, pembayaran utang yang tepat waktu itu penting untuk kesehatan keuangan yang baik.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Pengantin Baru

4. Tidak Berebut Uang dengan Pasangan

bertengkar dengan suami 01.jpg

Apakah Moms dan pasangan sering berkelahi karena uang? Ini bisa jadi indikator ada beberapa masalah dalam kesehatan keuangan, atau menunjukkan bahwa Moms atau Dads memandang nilai uang terlalu tinggi.

Tetapi, jika Moms dan pasangan merasa nyaman dengan kondisi keuangan, dan sudah membuat tujuan serta rencana untuk mencapai tujuan itu, hal ini mungkin menandakan kondisi keuangan yang stabil.

5. Bisa Membayar Tagihan Meski Kehilangan Pekerjaan

Kondisi Keuangan Tidak Stabil, Begini Cara Mengatur Dana Pendidikan-2.jpg

Apakah kehilangan pekerjaan akan membuat keluarga dalam kesulitan?

Jika pikiran kehilangan pekerjaan tidak membuat begitu khawatir dan masih sanggup membayar tagihan, ini berarti kondisi keuangan baik-baik saja.

Namun, jika kehilangan pekerjaan berarti malapetaka, maka anggaran perlu diubah.

Mulailah dengan membuat dana darurat. Jual barang atau mulai program tabungan otomatis. Tindakan itu akan membantu meningkatkan tabungan.

6. Tidak Panik Saat Alami Keadaan Darurat Keuangan

keuangan3.jpg

Ketika situasi keuangan keluarga berantakan, terjadinya keadaan darurat adalah masalah besar. Seperti pemanas air yang rusak atau perbaikan mobil yang besar.

Keuangan keluarga yang stabil itu berarti tidak mengalami kepanikan ketika terjadi suatu 'bencana' atau hal yang tak terduga.

Baca Juga: Tetap Mandiri Tanpa Suami, Ketahui 5 Tips Atur Keuangan Pasca Perceraian

7. Merasa Senang dengan Situasi Keuangan Saat Ini

Diskusikan 4 Hal Ini Setiap Hari dengan Suami Agar Pernikahan Bahagia 02.jpg

Jika Moms dan Dads merasa situasi keuangan saat ini memberikan kebahagiaan, maka ini berarti mungkin telah menciptakan situasi keuangan yang stabil.

Keuangan yang tidak stabil memunculkan rasa takut. Karena keluarga dengan keuangan stabil melaporkan bahwa uang tidak mengecewakan mereka.

Nah, itulah ciri keuangan keluarga yang sehat. Apakah ada di keluarga Moms? Jika tidak, instropeksi diri dan perbaiki, ya.

(AP)

Artikel Terkait