KEHAMILAN
6 Agustus 2020

7 Ciri Moms Hamil Bayi Kembar, Penasaran?

Kabar kehamilan saja sudah membahagiakan ya Moms, apalagi jika kehamilan tersebut ternyata kembar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Secara umum, faktor genetika adalah salah satu faktor Moms dapat memiliki anak kembar. Ada banyak alasan beberapa orang tua yang menginginkan anak kembar, salah satunya agar anak memiliki teman atau ingin memiliki keluarga besar.

Untuk mengamatinya, Moms dapat mempelajari ciri hamil anak kembar berikut ini dilansir dari American Pregnancy Association.

Ciri Hamil Anak Kembar

1. Mual yang Berlebihan di Pagi Hari

7 Ciri Moms Hamil Bayi Kembar.jpg

Foto: freepik.com

Sebagian ibu hamil pasti mengalami beberapa jenis mual di pagi hari selama kehamilan. Perkara mual ini menjadi salah satu ciri hamil anak kembar.

Pasalnya sebagian besar wanita yang hamil kembar mengalami peningkatan mual parah di pagi hari, dan sebagian lainnya tidak mengalami mual.

Jadi, Moms juga perlu mengetahui bahwa wanita yang sedang hamil anak kembar akan mengalami dosis dua kali lipat morning sickness.

2. Kelelahan Ekstrim

Pada kondisi kehamilan anak satu saja dapat membuat Moms mudah merasa lelah, apalagi dengan kondisi hamil anak kembar.

Energi seorang ibu yang tengah hamil anak kembar akan mudah terkuras. Kelelahan yang mengalami peningkatan dapat menjadi ciri hamil anak kembar.

Hal ini juga terkait tubuh ibu yang berusaha memberikan nutrisi untuk lebih dari satu bayi serta merawat tumbuh kembang janin kembar di rahimnya.

Baca Juga: Tak Hanya Kadek Devi-Dewa Yoga, 5 Pasangan Selebriti Ini Juga Dikaruniai Bayi Kembar

3. Ukuran Perut saat Hamil Muda

7 Ciri Moms Hamil Bayi Kembar 2.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Selama kehamilan, biasanya dokter atau bidan akan memonitor tinggi fundus wanita atau jarak antara bagian atas tulang kemaluan ke bagian atas rahim yang dapat membantu menunjukkan usia kehamilan.

Perut yang membesar saat usia kehamilan masih muda dapat menjadi ciri hamil anak kembar.

4. Berat Badan

Berat badan naik saat hamil ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu yang sering banyak terjadi adalah kebiasaan makan yang buruk.

Kenaikan berat badan juga menjadi salah satu ciri hamil anak kembar. Biasanya wanita hamil anak kembar akan mengalami peningkatan sekitar 10 pon lebih banyak daripada mereka yang mengandung bayi tunggal.

Jika Moms mengalami kenaikan hingga 5 kilogram di trimester pertama, bisa jadi Moms mengandung anak kembar.

Hal tersebut disebabkan ukuran rahim dan volume darah yang meningkat lebih besar daripada wanita yang mengandung bayi tunggal.

Moms juga akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 7 hingga 12 kilogram pada trimester kedua.

5. Gerakan Janin Dini dan Sering Terjadi

7 Ciri Moms Hamil Bayi Kembar 3.jpg

Foto: twiniversity.com

Gerakan janin dini ini menjadi kontroversial dalam komunitas medis. Beberapa ibu hamil mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki anak kembar merasakan gerakan janin lebih awal dan gerakan ini sering terjadi.

Meskipun menjadi kontroversial, beberapa di antaranya meyakini hal ini menjadi ciri hamil anak kembar.

Baca Juga: Wujudkan Mimpi Punya Anak Kembar Dengan Cara Ini

6. Peningkatan Level hCG

hCG atau human chorionic gonadotropin adalah hormon yang diproduksi oleh plasenta setelah implantasi terjadi.

Meningkatnya level hCG ini menjadi salah satu ciri hamil anak kembar. Pasalnya wanita yang mengandung anak kembar kemungkinannya akan mengalami peningkatan hCG.

Namun, Moms juga perlu melakukan investigasi lebih lanjut untuk memverifikasi penyebab meningkatnya hCG.

7. Dua Detak Jantung

7 Ciri Moms Hamil Bayi Kembar 4.jpg

Foto: kcbi.org

Ciri hamil anak kembar lainnya dapat diketahui saat Moms memeriksa kehamilan. Dokter akan memeriksa detak jantung janin. Hal ini dapat terdeteksi di akhir trimester pertama.

Dilansir dari Verywell Family beberapa dokter atau bidan yang berpengalaman biasanya akan mendeteksi beberapa detak jantung yang berbeda.

Untuk lebih memastikan apakah Moms benar-benar memiliki anak kembar, Moms dapat melakukan pemeriksaan USG yang akan menunjukkan adanya lebih dari satu janin dalam kandungan.

Itulah ciri-ciri Moms hamil anak kembar. Selamat, ya, Moms!

Baca Juga: Mengenal Penyebab dan Cara Mencegah Bayi Kembar Siam

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar program hamil dan kehamilan, Moms bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait