KELUARGA
26 Februari 2020

7 Fakta Anak Pertama yang Belum Banyak Diketahui

Sebuah penelitian menunjukkan fakta anak pertama yaitu lebih cerdas hingga kreatif daripada adik-adiknya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Moms dan Dads, apakah peran urutan kelahiran Si Kecil menentukan karakteristik dirinya? Apakah ada perbedaan yang mencolok menjadi anak pertama?

Ternyata berdasarkan studi ekstensif dari para ilmuwan di Inggris, mengungkapkan benar adanya urutan kelahiran memengaruhi perilaku Si Kecil.

Fakta tentang Anak Pertama

Tentunya, Moms dan Dads pun penasaran seperti apa perbedaan yang didapat Si Kecil sebagai anak pertama. Untuk itu, tak ada salahnya Moms dan Dads melihat beberapa fakta anak pertama berikut ini.

1. Anak Pertama Dilahirkan untuk Belajar

Anak Pertama Gemar Belajar

Fakta anak pertama yang pertama adalah anak pertama dilahirkan untuk belajar. Moms dan Dads, apakah Si Kecil sebagai anak pertama sedikit tahu segalanya?

Bisa jadi ini berhubungan dengan urutan kelahiran mereka. Anak pertama benar-benar dilahirkan untuk belajar, berdasarkan sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Research Personality.

Para peneliti di Universitas Ghent, Belgia, menemukan anak pertama lebih ingin menguasai atau belajar. Sedangkan, anak kedua cenderung ingin menang. Studi lain juga menunjukkan bahwa anak pertama cenderung memilih karir yang berorientasi akademik dibandingkan adik mereka.

Selain itu, peneliti di Institut Penelitian Sosial dan Ekonomi University of Essex mensurvei 3.553 individu dari 1.503 kelompok saudara kandung, menemukan bahwa anak pertama dalam keluarga memiliki peluang 16 persen lebih besar untuk kuliah.

Baca Juga: Amankah Ibu Hamil melakukan Eyelash Extension?

2. Anak Pertama Rentan Terkena Diabetes

Fakta anak pertama yang selanjutnya adalah rentan terkena diabetes. Sebuah studi di Selandia Baru yang diterbitkan dalam jurnal Endokrinologi dan Metabolisme Klinik Masyarakat Endokrin menyatakan anak yang lahir pertama kali lebih sulit menyerap gula ke dalam tubuh dan tekanan darah siang hari lebih tinggi daripada anak selanjutnya dalam urutan kelahiran.

3. Anak Pertama Cenderung Lebih Kurus

Fakta anak pertama yang selanjutnya adalah cenderung lebih kurus. Moms dan Dads, dalam studi yang sama juga menemukan anak pertama cenderung lebih tinggi dan lebih ramping daripada adik-adiknya kelak.

Mengapa? Para ilmuwan berpikir hal itu disebabkan rahim ibu, yang baru bisa berubah setelah kehamilan pertamanya.

Baca Juga: Mengenal Cara Menggendong Posisi M-Shape serta Manfaatnya

4. Anak Pertama Mendapat Waktu Berkualitas Lebih Banyak

Fakta anak pertama yang selanjutnya adalah mendapat waktu berkualitas lebih banyak. Siapa yang bilang anak pertama akan mendapat sedikit perhatian baik Moms dan Dads ketika ia memiliki adik?

Para ilmuwan Cornell tidak setuju, mereka menemukan bahwa anak pertama menerima 20 hingga 30 menit waktu berkualitas setiap hari dengan orang tua daripada anak kedua dengan keluarga yang sama.

5. Anak Pertama Lebih Kreatif

anak kreatif

Fakta anak pertama yang selanjutnya adalah lebih kreatif. Para ilmuwan di Universitas Washington di St. Louis menemukan bahwa anak pertama cenderung lebih kreatif daripada adik-adiknya dengan catatan usia adik terpantau tiga tahun lebih muda.

Karena perbedaan usia yang besar cenderung mendorong anak pertama lebih banyak menghabiskan waktu dengan orang tua yang berarti lebih banyak waktu bermain dan kreativitas yang tinggi.

6. Anak Pertama Cenderung Bossy

Fakta anak pertama menarik lainnya yaitu cenderung menjadi bossy tapi dengan catatan bila mereka perempuan.

Para periset di Southern California Child Study Center menemukan bahwa sikap memerintah menjadi lebih lazim pada anak pertama, mereka pun mendapati hal itu didasarkan pada jenis kelamin, dan anak perempuan tertua lebih cenderung mendominasi daripada anak laki-laki tertua.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Jerawat pada Bayi dan Cara Penanganannya

7. Anak Pertama Dididik secara Tegas

Anak Pertama Dididik dengan Tegas

Fakta anak pertama yang selanjutnya adalah dididik secara tegas. Moms dan Dads, merasa lebih keras pada anak pertama? Nah, para ekonom dari Universitas Duke dan Universitas Washington setuju dengan hal tersebut saat membahas topik peraturan orang tua dan urutan kelahiran.

Mereka mendapati anak pertama lebih cenderung tunduk pada aturan ketat dan pengawasan orang tua dan menghadapi konsekuensi yang keras karena kesalahan daripada adiknya.

Itulah beberapa fakta anak pertama yang mungkin belum Moms ketahui. Kira-kira, betul tidak ya Moms?

(WAR/ERN)

Artikel Terkait