DI ATAS 5 TAHUN
28 Oktober 2018

7 Games Seru untuk Pesta Halloween Anak

Dijamin suasana pesta Halloween di rumah semakin meriah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh fitria.rahmadianti
Disunting oleh fitria.rahmadianti

Sebentar lagi rumah Mama akan dihadiri teman-teman si kecil yang datang untuk memeriahkan pesta Halloween yang Mama gelar. Snack Halloween sudah Mama siapkan, kostum-kostum menarikpun tentu sudah dipakai para undangan. Namun, apakah Mama sudah merencanakan kegiatan seru seperti games Halloween?

Kalau belum, tujuh ide games untuk Halloween ini bisa Mama coba. Pilih saja mau mengadakan yang mana, lalu segera siapkan perlengkapan dan setting-nya sebelum para tamu cilik datang! 

  1. Donut Eating Race

1. donat gantung

Si kecil dan teman-temannya pasti semangat mengikuti lomba makan donat. Supaya makin seru, gantung donat-donat ini masing-masing dengan seutas tali bersih di tiang atau cabang pohon yang melintang dan tutup mata setiap peserta dengan kain. Yup, donut eating race ini semacam lomba makan kerupuk saat 17-an, namun lebih 'kekinian'.

  1. Mummy Wrap

mummy

Si kecil punya hobi menarik gulungan tisu toilet tapi kerap Mama marahi? Nah, inilah saatnya ia menyalurkan ‘hobinya’ tanpa dimarahi.

Bagi peserta menjadi dua kelompok, dan berikan 2-3 gulung tisu toilet kepada setiap kelompok. Begitu musik dinyalakan, para peserta harus mulai membungkus satu orang teman di kelompoknya dengan tisu tersebut, mulai dari ujung kaki hingga leher.

Begitu musik berhenti, semua harus berhenti membungkus. Pemenangnya adalah yang paling cepat dan paling rapi hasilnya. Oh ya, kalau tak ada tisu toilet, Mama juga bisa menggantinya dengan kertas krep, kok.

  1. Pinata

pinata

Ganti permainan treat or trick dengan mengajak anak-anak memukul pinata. Masukkan aneka permen dan cokelat kesukaan anak-anak ke dalam pinata. Begitu pinata berhasil dihancurkan, ‘hujan’ permen dan cokelat akan melanda.

  1. Mr. Skeleton Relay Race

tengkorak

Permainan yang satu ini membutuhkan sedikit pekerjaan prakarya sebelum pesta dimulai.

Gambarlah tengkorak sederhana di atas karton tebal yang kaku, kemudian gunting masing-masing bagian tulang menjadi bagian yang terpisah. Nanti, semua gambar bagian tulang-tulang tersebut akan dibagikan kepada kelompok (satu kelompok mendapat satu set gambar bagian tulang-tulang). Nah, tugas mereka adalah menyusun gambar tulang-tulang tersebut hingga menjadi satu bentuk tengkorak yang utuh.

  1. What’s in the Box?

box

Sediakan satu buah kotak dan isi dengan beberapa benda yang ‘menjijikkan’ saat diraba tanpa dilihat. Misalnya spageti, kulit anggur, jelly, dan lain-lain.

Tutup kotak tersebut dengan kain hitam, sehingga anak-anak tak bisa mengintip isinya. Ajak mereka merogoh isi kotak dan menebak apa nama benda yang mereka ambil.

  1. Bobbing for Apples

bobbing for apples

Ini permainan klasik khas Halloween dari negara asalnya, Amerika Serikat. Isi baskom dengan air sampai agak penuh, kemudian letakkan apel di dalam baskom tersebut. Peserta harus berusaha mengambil dan mengumpulkan apel-apel tersebut sebanyak dan secepat mungkin… tanpa bantuan tangan.

  1. Harvest Bowling

bowling

Bukan, ini bukan bowling biasa. Bowling kali ini memanfaatkan beberapa buah dan sayuran yang ada di sekitar kita.

Atur berjejer beberapa sayur atau buah-buahan berbentuk memanjang dan bisa berdiri. Misal, jagung yang telah dikupas dan dipotong batangnya atau pepaya dengan bagian pangkal yang mendatar. Jika sulit, Mama bisa mengakalinya dengan memotong setengah buah dan sayuran tersebut supaya bisa berdiri tegak.

Kemudian, gunakan labu kuning sebagai bola untuk dilempar ke deretan buah dan sayuran tersebut. Pastikan semua ‘pin bowling’ terjatuh, ya.        

(VAN)

Artikel Terkait