KEHAMILAN
30 Desember 2019

7 Gejala Awal Kehamilan yang Jarang Disadari dan Penyebabnya

Gejala-gejala ini akan muncul seiring kehamilan, jadi jangan cemas saat Moms mengalaminya.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Congratulations! Dokter sudah menyatakan bahwa Moms positif hamil. Menyandang status baru sebagai calon Moms dan Dads, pasti banyak sekali yang menjadi pertanyaan dalam benak Moms. Terutama calon Moms yang secara langsung akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya.

Tenang, Moms tidak perlu merasa cemas pada setiap perubahan yang terjadi. Yuk, cari tahu bersama-sama apa saja sih gejala awal yang akan terjadi serta penyebabnya.

Gejala Awal Kehamilan pada Ibu

Payudara Lebih Kenyal dan Sensitif

hamil, kehamilan

Foto: Today.com

Menurut dokter Obgyn Jasbir Singh, M.D. dari Baylor Medical Center, Waxahachie, Texas, calon Moms akan merasakan perbedaan yang signifikan pada payudara. Gejala awal kehamilan terasa ketika payudara yang perlahan terasa lebih kenyal dan lembut terhitung sejak dua minggu pertama kehamilan.

“Anda sedang menghasilkan banyak sekali hormon estrogen dan progesteron. Lonjakan hormon ini akan membuat payudara terasa lebih berat, sakit, dan sensitif,” ungkapnya.

Cobalah untuk mengganti bra dengan ukuran yang lebih besar untuk menciptakan kenyamanan pada payudara yang sedang sensitif Moms juga bisa membasuhnya dengan air hangat dan sabun punya kelembapan tinggi agar kulit payudara tidak kering.

Baca Juga: Tanda Kehamilan Bisa Dideteksi Lewat Payudara?

Puting Semakin Gelap

hamil, kehamilan

Foto: YouTube/Home Cooking Adventure

Puting Moms perlahan akan berubah warna semakin gelap, khususnya pada saat memasuki minggu ke-10. Perubahan hormon dalam tubuhlah yang memengaruhi aktivitas melanocytes atau sel yang terdapat pada puting, yang bekerja sebagai penentu warna puting Moms.

Merasa Lelah Luar Biasa

hamil, kehamilan

Foto: pcospersonaltrainer.com

Kalau biasanya mampu mengerjakan banyak pekerjaan sepanjang hari, kini Moms harus menyerah, itu termasuk salah satu gejala awal kehamilan. Menurut Karen Perkins, M.D., dokter Obgyn dari A Woman’s Choice di Mercy Medical Center, Baltimore, pada minggu pertama kehamilan tubuh akan bekerja luar biasa untuk mendukung kehamilan.

Jantung pun memompa lebih cepat dari biasanya. “Tambahan progesteron dalam tubuh juga menyebabkan suhu pada tubuh semakin meningkat dan jadi mudah Anda kelelahan,” jelasnya.

Perut Kembung

hamil, kehamilan

Foto: cosmopolitan.com

Merasa perut tiba-tiba jadi membesar dan begah? Ini juga termasuk gejala awal kehamilan yang Moms rasakan, lho. Lonjakan progesteron berperan membuat proses pencernaan jadi semakin lambat sehingga perut tampak lebih besar dari biasanya.

Mulai sekarang cobalah gunakan celana dengan karet pinggang agar Moms tetap nyaman dalam beraktivitas selama masa kehamilan.

Sakit Kepala

hamil, kehamilan

Foto: herworld.com

Sakit kepala di awal kehamilan terjadi akibat volume darah dalam tubuh meningkat. Hal itu bisa terjadi karena Moms tidak minum cukup cairan atau menderita anemia.

Namun, kabar baiknya menurut Richard Gersh, M.D., seorang asisten profesor Obgyn di Drexel University College of Medicine, Philadelphia, sakit kepala secara alami akan berkurang seiring dengan proses kehamilan yang semakin matang.

“Fluktuasi hormon memang membuat Moms mengalami sakit kepala, tetapi estrogen akan semakin stabil seiring masa kehamilan,” jelas Richard. Moms bisa mengurangi rasa sakitnya dengan mengompres ice pack di dahi atau leher belakang dan juga memperbanyak duduk dengan relaks.

Baca Juga: Cara Alami Menyembuhkan Sakit Kepala Saat Hamil

Susah BAB atau Sembelit

hamil, kehamilan

Foto: romper.com

Moms sudah rajin makan buah dan sayur tapi masih sulit untuk buang air besar? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, gejala awal kehamilan di masa ini Moms akan mengalami hambatan pada saluran cerna akibat hormon yang sama.

Kabar buruknya, Moms akan semakin kesulitan untuk BAB atau semakin sering mengalami konstipasi seiring progres yang terjadi di masa kehamilan. Perbanyaklah minum air hangat khususnya di pagi hari untuk membantu melancarkan pencernaan calon Moms.

Gangguan pada Hidung

hamil, kehamilan

Foto: thejournal.ie

Mimisan, mampet, dan gangguan hidung lainnya akan semakin sering Moms rasakan. Penyebabnya adalah meningkatnya jumlah darah di dalam tubuh, dan hal ini terjadi karena peran si hormon.

Cobalah untuk perbanyak minum air putih, mengompres bagian bawah mata dan area hidung dengan air hangat, serta angkat sedikit kepala calon Moms saat berbaring.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Rhinitis Kehamilan yang Jadi Penyebab Hidung Tersumbat saat Hamil

Apakah gejala-gejala awal kehamilan ini sudah Moms alami? Jangan takut! Ini wajar terjadi di awal kehamilan. Jika terjadi gejala kehamilan yang berlebihan, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan.

ERN/KM

Artikel Terkait