BALITA DAN ANAK
13 Juni 2019

7 Hal Yang Bisa Moms Lakukan Agar Kamar Mandi Aman untuk Balita

Selalu dampingi balita saat beraktivitas di kamar mandi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur

Sebagai salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah, Moms harus pastikan kamar mandi aman untuk balita.

Seperti dikatakan oleh American Academy of Pediatrics, resiko bahaya di kamar mandi bukan hanya terpeleset, tapi ada juga resiko tenggelam, terbentur, kesetrum, sampai keracunan.

Yuk Moms, coba lakukan beberapa hal berikut untuk mencegah bahaya dan menjaga kamar mandi aman untuk balita.

Baca Juga: Trik Mengatasi Balita yang Susah Mandi dengan 4 Cara Menyenangkan

1. Pasang Karpet Anti-Selip

7 Hal Yang Bisa Moms Lakukan Agar Kamar Mandi Aman Untuk Balita 1.jpg

Foto: Today.com

Hal yang bisa Moms lakukan agar kamar mandi aman untuk balita yang pertama adalah memasang karpet anti-selip. Dalam sebuah laporan yang dirilis oleh National Institutes of Health, disebutkan kalau 81 persen kasus kecelakaan yang terjadi pada balita di kamar mandi disebabkan karena terpeleset atau terjatuh di lantai yang licin.

Supaya kamar mandi aman untuk balita, Moms bisa mencegahnya dengan meletakkan karpet anti-selip atau karpet karet di lantai kamar mandi, terutama di area yang paling sering dipakai mandi.

2. Pasang Kunci Khusus Dewasa

7 Hal Yang Bisa Moms Lakukan Agar Kamar Mandi Aman Untuk Balita 2.jpg

Foto: Housemethod.com

Hal yang bisa Moms lakukan agar kamar mandi aman untuk balita yang selanjutnya adalah memasang kunci khusus orang dewasa.

Sesuai rekomendasi U.S. National Library of Medicine, balita sebaiknya tidak melakukan aktivitas apapun di kamar mandi tanpa pengawasan dari orang dewasa lho, Moms.

Untuk memastikan Si Kecil tidak bisa masuk kamar mandi tanpa sepengetahuan Moms atau Dads, sebaiknya pasang kunci selot di sepertiga bagian atas pintu kamar mandi yang hanya bisa dijangkau oleh orang dewasa.

3. Amankan Perlengkapan Mandi dan Obat

7 Hal Yang Bisa Moms Lakukan Agar Kamar Mandi Aman Untuk Balita 3.jpg

Foto: Prepacademyschools.org

Hal yang bisa Moms lakukan agar kamar mandi aman untuk balita yang selanjutnya adalah mengamankan perlengkapan mandi dan obat-obatan.

Bahaya keracunan di kamar mandi juga bisa datang dari sabun, pasta gigi, shampo, dan perlengkapan mandi lainnya yang diletakkan sembarangan sehingga mudah dijangkau balita.

Supaya kamar mandi aman untuk balita, pastikan Moms menyimpan semua perlengkapan mandi, obat, juga peralatan kebersihan di tempat yang tertutup dan jauh dari jangkauan buah hati.

Baca Juga: Jangan Sampai Lupa Membawa 3 Peralatan Mandi Bayi Ini Saat Mudik ya, Moms!

4. Jauhkan Peralatan Elektronik

7 Hal Yang Bisa Moms Lakukan Agar Kamar Mandi Aman Untuk Balita 4.jpg

Foto: Bathingyourbaby.com

Hal yang bisa Moms lakukan agar kamar mandi aman untuk balita yang selanjutnya adalah menjauhkan peralatan elektronik. Coba Moms cek, apa di kamar mandi masih ada peralatan elektronik seperti hair dryer, catok rambut, pencukur elektrik, atau sikat gigi elektrik yang tergeletak begitu saja?

Kalau tidak mau Si Kecil tersetrum, lebih baik simpan semua peralatan elektronik di luar kamar mandi dan amankan colokan listrik dengan pengaman khusus untuk anak.

5. Selalu Awasi Balita saat Berendam

7 Hal Yang Bisa Moms Lakukan Agar Kamar Mandi Aman Untuk Balita 5.jpg

Foto: Independent.co.uk

Hal yang bisa Moms lakukan agar kamar mandi aman untuk balita yang selanjutnya adalah mengawasi balita saat berendam. Dalam laporan dari U.S. Consumer Product Safety Commission disebutkan kalau 24 persen kasus kematian anak usia 1-4 tahun akibat tenggelam ternyata terjadi di bathtub.

Namun yang berbahaya bukanlah bathtub, ember besar, atau tempat berendam lainnya, tapi justru kurangnya pengawasan orang tua.

Sekitar 28 persen kasus kematian tadi terjadi saat balita ditinggalkan balita sendirian di kamar mandi dan 23 persen kasus terjadi saat balita ditinggal dengan anak lain yang sedikit lebih tua.

Jadi pastikan Si Kecil hanya beraktivitas di kamar mandi saat didampingi oleh orang dewasa dan selalu buang air dari tempat berendam setelah selesai dipakai ya, Moms.

6. Pasang Pengaman pada Penutup Toilet Duduk

7 Hal Yang Bisa Moms Lakukan Agar Kamar Mandi Aman Untuk Balita 6.jpg

Foto: Clement.ca

Hal yang bisa Moms lakukan agar kamar mandi aman untuk balita yang selanjutnya adalah memasang pengaman pada penutup toilet duduk. Salah satu resiko bahaya di kamar mandi yang sering luput dari perhatian orang tua adalah membiarkan penutup toilet duduk terbuka begitu saja.

Padahal bila balita memanjat dudukan toilet yang terbuka, selalu ada saja resiko terpeleset atau terjatuh sehingga kepalanya tenggelam ke dalam genangan air di toilet.

Supaya lebih aman, pastikan balita tidak bisa masuk kamar mandi sembarangan dan pasang pengaman pada penutup toilet duduk ya, Moms.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Toilet Training Untuk Anak

7. Setel Temperatur Pemanas Air

7 Hal Yang Bisa Moms Lakukan Agar Kamar Mandi Aman Untuk Balita 7.jpg

Foto: Babycenter.com

Hal yang bisa Moms lakukan agar kamar mandi aman untuk balita yang selanjutnya adalah menyetel temperatur pemanas air. Untuk menghindari Si Kecil melepuh karena air panas, setel manual atau gunakan pengaman khusus untuk water heater atau pemanas air di rumah supaya suhu air yang keluar dari keran tidak lebih dari 49 derajat Celcius.

Nah, apa saja langkah yang sudah Moms lakukan di rumah supaya kamar mandi aman untuk balita?

(WA)

Artikel Terkait