DI ATAS 5 TAHUN
2 April 2019

7 Hal yang Perlu Dilakukan Orang Tua untuk Memberikan Contoh yang baik pada Anak

Seperti apa ya caranya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Siapa yang tidak ingin anak-anaknya tumbuh menjadi sosok yang baik. Semua orang tua tentu menginginkannya. Tapi, tahukah Moms, untuk menumbuhkan anak yang baik, Moms juga perlu memberikan contoh yang baik.

Anak-anak itu adalah poeniru yang ulung. Dia akan meniru apa yang orang tuanya lakukan. Hal ini akan terbawa sampai dia dewasa nanti. Karena itu, penting sekali bagi Moms dan Dads memberikan contoh yang baik untuk Si Kecil.

Sebenarnya apa saja yang dimaksud dengan menjadi ‘contoh yang baik’? Berikut beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan orang tua untuk dijadikan contoh oleh Si Kecil

1. Berani Mengaku Salah

family 1784371 1920

Berani mengaku salah jika memang telah berbuat salah kemudian minta maaf. Dengan ini Moms mengajarkan buah hati kapan saja untuk minta maaf.

2. Jujur

father 2212094 1920

Menjunjung tinggi kejujuran tapi tidak hanya lewat omongan. Ketika anak mulai menyalin kebiasaan Moms dan Dads selalu berucap jujur, jika dia mengaku telah berbuat salah, hargai keberanian bicara jujurnya.

Memarahi Si Kecil hanya karena kesalahannya justru akan membuat dia jera untuk berkata jujur.

Baca Juga: 5 Cara Efektif untuk Menumbuhkan Kejujuran dalam Diri Balita

3. Jangan Malu Mengekspresikan Kasih Sayang

affection 1866868 1920

Jangan malu mengekspresikan rasa sayang Moms dan Dads (mencium, memeluk) di depan anak karena akan menciptakan kenyamanan bagi Si Kecil untuk tumbuh besar di lingkungan keluarga yang penuh cinta.

4. Hargai Perbedaan Pendapat

adult 1807500 1920

Tunjukkan bahwa perbedaan pendapat harus dihargai. Jangan bertengkar di depan Si Kecil. Jika anak melihat orang tuanya bertengkar, ia akan merasa tidak aman dan tidak nyaman berada di rumah.

Dia juga tidak akan belajar pentingnya menghargai perbedaan pendapat.

5. Tanggung Jawab

family 457235 1920

Dukung kata ‘tanggung jawab’ dengan aksi. Tunjukkan pada anak bagaimana caranya bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukan, ajarkan dia kepedulian, dan jangan lupa untuk selalu bertutur kata baik dan sopan.

Tanggung jawab kepada lingkungan juga perlu diajarkan kepada Si Kecil. Mulai dari hal sesederhana membuang sampah di tempat sampah.

Jika ingin memperdalam kesadaran akan kebersihan lingkungan, terapkan aksi daur ulang dan mengurangi sampah di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 10 Tips Membesarkan Anak Laki-Laki yang Peduli dengan Orang Tua

6. Tunjukkan Cara Mengendalikan Emosi

autumn 72740 1280

Tunjukkan cara mengendalikan emosi kepada anak supaya terhindari reaksi emosional. Walau sifat ini adalah alami, emosi bisa mempengaruhi pengambilan keputusan yang sehat.

7. Jelaskan Kesalahan

parent 863085 1920

Moms suka memberi Si Kecil hukuman sederhana seperti timeout untuk merenungkan kesalahannya? Boleh saja, asalkan dibantu dengan penjelasan mengapa dia harus merenungkan tindakannya.

Mengajak anak berdiskusi mengenai berbagai hal akan membuatnya merasa dihargai dan dihormati karena kejujurannya. Jangan sampai Si Kecil tidak tahu apa kesalahannya.

Selalu ingat bahwa anak kita selalu mengambil pelajaran tak hanya dari apa yang kita, sebagai orang tua, ucapkan. Dia juga mengambil pelajaran dari apa yang kita lakukan. Oleh karena itu, sinkronisasikan ucapan dengan tindakan setiap hari. (MDA)


Referensi:
https://www.fimela.com/parenting/read/3851609/menjadi-contoh-yang-baik-bagi-anak
https://goodmenproject.com/featured-content/5-ways-set-good-example-kids-lbkr/

Artikel Terkait