TREN
1 April 2019

Yuk Kenali 7 Jenis Pasta dan Perbedaannya!

Lasagna paling cocok dimasak berlapis dengan isian
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pasta merupakan makanan yang berasal dari Italia. Pasta dimasak dengan cara direbus dan dihidangkan dengan saus tertentu. Di Indonesia, pasta jadi salah satu hidangan yang cukup populer.

Ada banyak sekali jenis pasta yang dibedakan dari bentuknya. Selain bentuknya yang berbeda, cara masak dan penyajian setiap jenis pasta juga berbeda satu sama lain lho Moms.

Nah, agar tidak salah memasaknya, yuk kita kenali jenis-jenis pasta dan cara memasaknya!

1. Spaghetti

shutterstock 268755773 copy

Spaghetti punya bentuk yang panjang seperti mi. Spaghetti menjadi salah satu jenis pasta yang paling populer di Indonesia. Banyak cara menikmati spaghetti, seperti dimasak dengan butter atau saus krim ringan.

Karena bentuknya yang kecil, spaghetti memang paling cocok disajikan dengan saus yang ringan juga. Saus yang terlalu berat akan membuat spaghetti terasa terlalu berat.

2. Cannelloni

shutterstock 598107479 copy

Cannelloni merupakan pasta berbentuk tabung. Dengan bentuknya yang seperti ini, cannelloni biasanya disajikan dengan isian, seperti keju atau saus. Pasta jenis ini biasanya dimasak dengan cara dipanggang bersama isian dan saus.

Baca Juga: Ini Panduan Memadukan Pasta dengan Saus yang Tepat

3. Fettuccine

2017creamy garlic pasta recipe 1

Fettuccine bentuknya mirip dengan kwetiau atau mi pipih. Dengan bentuk yang lebih tebal dari spaghetti, fettuccine ini umumnya disajikan dengan saus yang lebih berat. Fettuccine juga cocok sekali dimasak dengan butter dan keju yang lebih dikenal sebagai fettuccine alfredo.

4. Lasagna

2017lasagnasoup 3

Lasagna merupakan pasta yang berbentuk persegi panjang yang lebar dan tipis. Lasagna biasanya disajikan berlapis dengan isian. Bayam, saus daging, dan keju umumnya dijadikan isian untuk lasagna. Lasagna dimasak dengan cara dipanggang. Lasagna juga ternyata bisa dijadikan sup lho Moms.

5. Linguine

shutterstock 558370222 copy

Linguine punya bentuk seperti spaghetti namun dengan versi yang dipipihkan. Lebarnya tidak selebar fettuccine. Linguine paling cocok disajikan dengan saus seafood, baik yang terbuat dari tomat maupun dari krim.

Baca Juga: Pasta Pedas Tuna Kecombrang, Begini Cara Membuatnya

6. Macaroni

img 8105

Siapa yang tidak tahu macaroni? Pasta jenis ini juga tidak kalah populer di Indonesia. Namun, penyajiannya biasanya hanya jadi pemanis sup atau dibuat jadi macaroni panggang. Sebenarnya, macaroni bisa juga disajikan dengan keju meleleh atau saus tomat.

7. Penne

2017img 2849

Penne merupakan pasta dengan bentuk tabung berukuran kecil yang dipotong diagonal. Penne cocok disajikan dengan berbagai jenis saus, mulai dari krim, tomat, atau daging.

Itulah beberapa jenis pasta dan cara memasaknya. Jangan kebingungan lagi ya Moms. Selamat mencoba!

(AND)

foto: Craftsy.com

Artikel Terkait