RESEP
22 Juli 2019

Icip-Icip 7 Jenis Sandwich dari Berbagai Negara Yuk Moms!

Ada sandwich yang hanya berisi keju lho
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Siapa yang tidak kenal sandwich? Makanan enak yang disukai hampir oleh semua orang. Makanan yang dikenal sebagai roti kepit dengan berbagai isian seperti telur, selada/letus, daging, ham, mayonaise, dan saus ini sangat enak dinikmati kapan pun.

Namun isian sandwich tidak harus selalu sama seperti itu, bisa juga diisi dengan isian lain sesuai dengan selera masing-masing. Makanya jika kita iseng mencari resep sandwich di mesin pencari, akan ditemukan berbagai resep yang berbeda.

Tenyata di beberapa negara di dunia sandwich sebenarnya juga terbagi dalam beberapa jenis berbeda lho. Tentu dengan ciri khas dari negara masing-masing. Untuk Moms yang penggemar sandwich, wajib tahu nih jenis-jenis sandwich dari berbagai negara. Ada apa saja ya? Yuk kita cari tahu.

Baca Juga: Resep Sandwich Telur untuk Bekal Si Kecil

1. Fischbrotchen

jenis sandwich

Foto: sandwichtribunal.com

Dari namanya saja mungkin bisa ditebak sandwich ini berasal dari negara mana. Yup, fischbrotchen merupakan sandwich yang berasal dari negara Jerman. Berbeda dari bentuk umumnya, roti sandwich ini berbentuk gulungan roti kering yang di dalamnya berisi isian ikan.

Ikan yang digunakan adalah jenis ikan bismarck atau ikan pelagik kecil yang tentunya sudah dibumbui dengan lezat. Isian ikan inilah yang menjadi ciri khas sandwich ala Jerman ini.

2. Gua Bao

jenis sandwich

Foto: greatbritishchefs.com

Lagi-lagi dari namanya saja sudah bisa ditebak asal sandwich ini. Roti isi ala Asia, tepatnya Taiwan ini, merupakan jenis roti kukus yang terdiri dari potongan-potongan daging lengkap dengan bumbu yang nikmat. Jika Moms dan keluarga berlibur ke Taiwan, jangan lupa coba Gua Bao di negara aslinya ya.

Baca Juga: Variasi Resep Sandwich yang Sehat dan Mudah Dibuat untuk Si Kecil

3. Broodje Kroket

jenis sandwich

Foto: wikipedia.org

Meski namanya kroket, namun ini bukan makanan kroket yang kita kenal ya. Sandwich asal Belanda ini terbuat dari roti yang lembut, lalu digulung dengan isian berupa ragout yang lezat. Sebagai pelengkap, jenis sandwich ini biasa dinikmati dengan tambahan saus mustard.

4. Carozza

jenis sandwich

Foto: sanpellegrinofruitbeverages.com

Siapa bilang negara Italia cuma terkenal dengan pizza-nya saja? Sandwich di negara ini juga terkenal lho, namanya carozza. Jenis sandwich satu ini terbuat dari roti goreng yang di dalamnya berisi keju.

Meski tidak berisi daging-dagingan seperti sandwich kebanyakan, dengan keju khas Italianya yang enak saja sudah cukup nikmat kok.

5. Dagwood

jenis sandwich

Foto: seriouseats.com

Amerika Serikat juga pasti punya sandwich dong. Dikenal dengan dagwood, jenis sandwich ala Amerika Serikat ini mengandung banyak protein karena berisi berbagai macam daging yang sudah dibumbui.

Jadi walaupun Moms hanya menyantap 1 sandwich, rasanya sudah akan kenyang karena isiannya yang banyak.

Baca Juga: Baik Untuk Sarapan, Ini Segudang Nutrisi yang Dimiliki Roti

6. Banh Mi

jenis sandwich

Foto: happyfoodstube.com

Jenis sandwich asal Vietnam ini memang memiliki penyebutan yang agak susah dilafalkan. Hampir mirip dengan sandwich ala Indonesia, Banh Mi diisi dengan berbagai macam sayuran, seperti wortel, cilantro, cucumber, dan sayuran lain, serta daging-dagingan di dalamnya.

Semuanya ini dicampur menjadi satu dalam dua iris French baguette yang sudah pasti renyah di luar dan lembut di dalam.

7. Cemita

jenis sandwich

Foto: seriouseats.com

Sandwich asal Meksiko ini merupakan roti ringan dan empuk, yang diisi dengan daging sapi goreng, keju putih, alpukat, bawang, herba, dan saus merah. Mengenyangkan? Sudah pasti!

Itulah beberapa jenis sandwich dari berbagai negara yang patut dicoba. Jika berkunjung ke negara-negara di atas, jangan lupa mencobanya ya Moms.

Artikel Terkait