SHOPPING
30 Juli 2020

Inspirasi Kado untuk Bayi yang Paling Bermanfaat, Tak Perlu Bingung Lagi Moms!

Selain terpakai lama, juga mendukung tumbuh kembang Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Perlengkapan bayi memang sangat banyak sehingga tidak heran jika Moms mungkin terkadang bingung ingin memberikan kado untuk bayi kerabat atau rekan yang baru melahirkan.

Apakah saat Si Kecil lahir Moms menerima berbagai kado yang justru baru digunakan beberapa tahun ke depan?

Jangan lakukan kesalahan yang sama ya, Moms. Lebih baik berikan kado yang memang sesuai dengan usia bayi dan tentunya bermanfaat untuk langsung digunakan.

Jika masih bingung, Moms bisa lihat beberapa inspirasi kado untuk bayi di bawah ini untuk menghadiahkan perlengkapan paling bermanfaat. Ada apa aja ya, yuk kita tengok!

Baca Juga: Ini Dia Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli

Kado untuk Bayi Baru Lahir

kado untuk bayi

Foto: Orami Photo Stock

Untuk Si Kecil yang baru lahir, Moms bisa hadiahkan beberapa kado untuk bayi baru lahir di bawah ini, lho.

1. Selimut dan Perlengkapan Tidur Bayi

Tidak ada sambutan selamat datang di rumah yang lebih hangat dari selimut bayi. Moms juga bisa menambahkan perlengkapan tidur bayi lainnya ke dalam paket hadiah yang akan diberikan. Jangan lupa untuk memilih selimut dengan bahan yang lembut dan sesuai usia bayi.

2. Car Seat

Car seat termasuk salah satu perlengkapan yang sangat bermanfaat bagi bayi. Ini bisa menjadi inspirasi kado untuk bayi yang patut diberikan.

Bahkan, car seat sudah sangat bermanfaat sejak bayi baru pertama kali dibawa pulang dari rumah sakit, yakni sebagai perlengkapan yang membantu memindahkan bayi dari atau ke mobil dengan aman.

3. Perlengkapan untuk Tumbuh Kembang Bayi

Tumbuh kembang bayi memang terjadi secara alami, namun orang tua bisa membantunya dengan menyediakan perlengkapan yang dapat membantu tumbuh kembangnya.

Meskipun sering dianggap sebagai mainan biasa yang membantu menenangkan bayi saat menangis, sebenarnya kado untuk bayi ini membantu mendorong perkembangan penglihatan bayi. Selain itu juga mendorong perkembangan keterampilan fisiknya.

4. Sepatu Bayi

Sepatu bayi dengan berbagai modelnya yang menggemaskan juga menjadi kado yang sangat bermanfaat bagi bayi.

Meskipun bayi di bawah satu tahun memang belum bisa berjalan atau berdiri, sepatu akan sangat berguna untuk melapisi kaki bayi dari udara dingin.

Terutama saat bayi diajak bepergian dengan kondisi udara dingin di luar rumah yang membuat kaki bayi tidak cukup hangat hanya dilindungi menggunakan kaus kaki.

5. Playmat Bayi

Playmat bayi akan sangat dibutuhkan oleh bayi saat bermain. Kado perlengkapan untuk bayi yang satu ini juga masih dibutuhkan di sepanjang masa pertumbuhan bayi.

Baca Juga: Berapa Banyak Jumlah Baju yang Harus Dibeli untuk Bayi Baru Lahir?

6. Perlengkapan Jalan Bayi

Bisa dikatakan hampir tidak mungkin mengajak bayi keluar rumah tanpa membawa berbagai perlengkapan pentingnya. Oleh karena itu kado berupa perlengkapan untuk bayi yang khusus dibawa bepergian ini akan sangat bermanfaat.

Moms bisa memberikan tas popok lengkap dengan isinya, seperti beberapa popok, tisu, pakaian tambahan untuk bayi, botol susu formula, beberapa mainan bayi berukuran kecil (kerincingan dan teether, misalnya), dan dot.

7. Perlengkapan Mandi Bayi

Perlengkapan mandi bayi yang paling praktis sebagai kado untuk bayi yakni berupa bak mandi dengan beberapa isinya yang dibutuhkan orang tua saat memandikan buah hatinya.

Moms bisa menambahkan sampo bayi, sabun bayi yang sesuai dengan kulit bayi yang masih sangat sensitif, lap lembut, handuk bayi, dan mainan untuk menghibur bayi saat mandi (seperti bebek karet kecil) sebagai isi bak.

Sisir dan sikat bayi juga bisa menjadi tambahan yang bagus, meskipun mungkin belum akan digunakan pada beberapa bulan pertama setelah bayi lahir.

8. Tas Popok

Setiap Moms pasti membutuhkan tas khusus yang satu ini untuk membawa kebutuhan Si Kecil. Tas popok bisa menjadi pilihan kado untuk bayi yang cocok.

Sebab, selain menyimpan stok popok anak, tas yang ini juga bisa diisi dengan perlengkapan lainnya, seperti tisu basah, baju ganti, topi untuk bayi, dan juga perlengkapan Moms tentunya.

9. Breastfeeding Cover

Kado untuk bayi yang baru lahir selanjutnya yang bisa Moms pilih adalah breastfeeding cover atau penutup menyusui. Moms yang baru melahirkan harus siap menyusui Si Kecil kapan pun dan di mana pun.

Nah, jika menyusui di tempat umum atau bukan di rumah, Moms akan membutuhkan breastfeeding cover ini.

Ada berbagai jenis breastfeeding cover serbaguna yang ditawarkan untuk Moms dan Dads saat ini. Pastikan Moms tidak salah memilih bahan kain ya. Pilihlah breastfeeding cover dengan bahan katun atau muslin yang lembut.

10. Teether

Seiring bertambah usianya, Si Kecil pasti akan mulai suka menggigit benda yang ada di sekitarnya untuk merangsang pertumbuhan giginya.

Nah, untuk mendukung hal ini, Moms bisa membelikan anak teether atau mainan untuk gigitan bayi yang bisa merangsang pertumbuhan gigi bayi sebagai kado untuk bayi yang menggemaskan.

"Bayi biasanya mendapatkan gigi pertama mereka antara usia 5-12 bulan, tetapi beberapa membutuhkan waktu lebih lama. Gigi seri bawah adalah gigi yang muncul pertama, diikuti oleh gigi seri atas," jelas dr. Edward Kulich, seorang dokter anak dari Morristown Medical Center, Amerika.

Baca Juga: Ingin Beli Handuk Bayi Berkualitas? Cermati Ini

Kado untuk Bayi Laki-laki

kado untuk bayi

Foto: Orami Photo Stock

Jika kerabat atau keluarga Moms ada yang melahirkan bayi laki-laki, maka kado yang diberikan pun mungkin harus disesuaikan dengan jenis kelamin anak.

Kado apa yang kira-kira bagus untuk bayi laki-laki ya Moms? Yuk kita tengok.

1. Buku Bergambar

Sebenarnya buku bisa diberikan untuk bayi laki-laki maupun bayi perempuan. Nah, Moms tinggal pilih jenisnya saja nih, mislanya buku tentang mobil-mobilan atau binatang-binatang.

Coba berikan anak buku dengan tekstur dan penuh warna yang indah. Buku-buku yang lembut dengan pola atau desain yang mudah dilihat dirancang hanya untuk bayi.

Buku bergambar bisa menjadi pilihan kado untuk bayi yang pas. Apalagi, pasti Si Kecil akan tertarik dengan warna-warna yang menarik dan cerah.

2. Playmat Motif Binatang

Salah satu hadiah yang juga dibutuhkan para ibu baru untuk anaknya adalah alas bermain. Nah sebagai kado unuk bayi laki-laki, Moms bisa membelikan playmat dengan motif mobil-mobilan atau binatang.

Playmat mainan bayi ini nantinya dapat digunakan Si Kecil saat mulai belajar berguling atau merangkak.

Pilihlah playmat dengan warna yang cerah dan terbuat dari bahan lembut, serta bertema ceria seperti hewan atau  kendaraan yang menarik ya Moms sebagai inspirasi kado untuk bayi.

3. Mainan Sensorik

Mainan lunak akan menyenangkan jika diberikan untuk bayi yang baru lahir selama berbulan-bulan lamanya.

Mainan sensorik inilah yang kemudian akan membuat mereka sangat senang dan terlatih untuk mengasah kemampuan sensorik mereka menjadi lebih berkembang.

Nah, kado untuk bayi yang merupakan mainan sensori ini ada berbagai macam Moms, jadi bisa disesuaikan dengan jenis kelamin anak, ya.

4. Pakaian Bayi

Kado untuk bayi yang paling mudah dan tidak sulit ditemukan adalah pakaian bayi. Ada banyak jenis pakaian dan aksesorisnya yang bisa Moms jadikan kado untuk bayi laki-laki yang baru lahir. Misalnya saja onesie, gurita, kaus dalam, kaus kaki, sarung tangan, dan sepatu bayi.

Nah, Moms bisa membelikan sepasang baju atasan dan bawahan misalnya yang berwarna menarik. Kadang jika Moms membeli di toko perlengkapan anak, sudah disediakan setelan pakaian bayi yang sudah dibungkus cantik untuk kado.

Namun jika Moms membeli pakaian bayi secara eceran, sebaiknya beli beberapa buah sekaligus untuk pemakaian sehari-hari ya Moms.

Pilih pakaian dengan motif dan warna yang cocok untuk bayi laki-laki. Tapi yang namanya bayi sepertinya cocok menggunakan pakaian dengan warna apa saja ya Moms.

Baca Juga: Kulit Bayi Sensitif? Simak 3 Tips Mencuci Pakaian Ini

5. Gunting Kuku Bayi

Gunting serta kikir kuku bayi juga bisa Moms berikan sebagai kado bayi laki-laki. Salah satu tugas paling sulit saat memiliki bayi adalah memotong kuku bayi.

Nah, makanya Moms harus memilih produk yang tepat seperti menggunakan pemangkas kuku listrik, karena akan mempermudah pekerjaan.

Gunting serta kikir kuku bayi listrik aman memotong kuku yang paling kecil. Moms dapat melakukan pekerjaan sembari anak tidur, karena tidak akan menimbulkan suara.

6. Bouncer

Kado untuk bayi yang satu ini tentu bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Orang tua baru bahkan masih bisa menggunakannya hingga bayi berusia 12 bulan, lho.

Jangan ragu untuk mengingatkan orang tua baru untuk tetap menjaga keamanan bayinya saat menggunakan bouncer.

7. Baby Bathrobe

Baby bathrobe atau kimono bayi dapat menjadi hadiah yang berguna dipakai sehabis bayi mandi.

Dengan baby bathrobe, orang tua akan terbantu mengeringkan tubuh bayi segera setelah bayi selesai mandi. Selain itu, desain baby bathrobe yang lucu membuat bayi tampak semakin menggemaskan.

8. Baby Blocks

Bayi telah memiliki kemampuan menggenggam sejak lahir. Namun, seiring dengan penambahan usianya, bayi akan mengalami perkembangan kemampuan tersebut hingga usia satu tahun.

Karena itu memberikan kado untuk bayi berupa baby blocks merupakan pilihan yang tepat untuk mendukung koordinasi antara mata dan tangan. Baby blocks dapat menjadi sarana latihan memperkuat kemampuan jari dan tangan anak.

9. Bak Mandi Bayi

Seiring pertumbuhannya, bayi butuh bak mandi yang semakin besar. Bak mandi bayi bisa jadi alternatif kado untuk bayi juga lho, Moms. Pilih bak mandi yang disertai pengaman supaya saat dimandikan, bayi tidak tergelincir. 

Baca Juga: Memandikan Bayi Baru Lahir? Ikuti Tips Berikut Ini

Kado untuk Bayi Perempuan

kado untuk bayi

Foto: Orami Photo Stock

Nah, sekarang saatnya Moms memilih kado untuk bayi perempuan. Contek ide di bawah ini yuk Moms.

1. Dress Lucu

Saat Moms ingin memberikan baju untuk anak perempuan sebagai kado, tanyakan dulu ukuran tubuh Si Kecil.

Sebaiknya, membeli baju anak perempuan yang ukurannya 1-2 nomor lebih besar. Maksudnya supaya kado untuk bayi perempuan tersebut lebih lama digunakan. Ingat, bayi umumnya mengalami pertumbuhan yang pesat dalam 3 bulan pertama.

Coba beli kado untuk bayi berupa dress bayi yang lucu dan berbahan lembut ya, Moms. Bahan katun dan tidak memiliki banyak aksesori untuk bayi baru lahir adalah yang disarankan. Biasanya, orang tua bayi memiliki pakaian bayi perempuan yang dikenakan sehari-hari.

Untuk pakaian pergi ataupun dress, belum dibeli. Jadi, ini bisa menjadi pilihan tepat sebagai kado untuk bayi perempuan baru lahir. 

2. Handuk dengan Karakter Imut

Handuk bayi juga menjadi kebutuhan dasar para ibu baru, lho. Handuk bisa menjadi pilihan Moms sebagai kado untuk bayi perempuan yang baru lahir.

Moms bisa memberikan berbagai ukuran handuk dari yang kecil hingga besar sebagai kado bayi baru lahir. Pilihlah bahan handuk yang terbuat dari katun yang halus. Ini supaya tidak melukai kulit bayi ketika sedang mengeringkan tubuhnya.

Pastikan bahan kado untuk bayi perempuan baru lahir ini tidak mudah terlepas benang-benangnya supaya tidak tertelan anak. Pilih warna, desain, serta karakter dalam handuk bayi yang imut juga ya. Semakin cerah warnanya, semakin menarik perhatian Si Kecil. 

3. Sapu Tangan

Mungkin kado yang satu ini sudah jarang dijadikan sebagai kado untuk bayi yang baru lahir, namun tetap saja Moms butuh untuk mengelap liur bayi misalnya.

Bayi yang baru lahir pastinya mengeluarkan banyak air liur. Hal ini disebabkan karena belum bisa mengontrol produksinya sehingga terus-menerus keluar dari mulut. Bila menggunakan tisu, biasanya bagian mulut bayi bisa mengering dan mengalami iritasi. 

Untuk itu, diperlukan sapu tangan bayi. Moms bisa memberikan sapu tangan bayi sebagai kado untuk bayi perempuan baru lahir. Pilih yang berwarna-warni ya Moms.

4. Topi Bayi

Jika Moms termasuk orang tua yang sering mengajak anak jalan-jalan keluar rumah, maka topi bayi adalah salah satu perlengkapan bayi yang dibutuhkan.

Bagian kepala bayi adalah area yang harus dilindungi ketika keluar rumah karena rentan terkena sinar matahari ataupun udara dingin.

Nah, Moms bisa nih memberikan topi bayi sebagai kado untuk bayi perempuan yang baru lahir. Pilihlah bahan topi bayi yang mudah menyerap keringat dan tidak membuat gerah saat dipakai anak ya. Biasanya ada banyak model yang dijual di pasaran, kupluk, baseball cap, fedora, dan lainnya.

Baca Juga: Ruam Popok pada Bayi, Ketahui Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

5. Popok

Jika Moms berniat membelikan popok, ada baiknya tanyakan terlebih dahulu pada orang tua baru apakah Si Kecil yang baru lahir sudah menggunakan popok dengan merk tertentu.

Hal ini untuk menghindari Moms dan Dads membeli popok dengan merk berbeda dan tak bisa digunakan ke depannya.

Moms dan Dads dapat mengemas popok-popok ini dengan bentuk kue menjulang atau membulat dengan hiasan pita yang cantik sebagai kado untuk bayi yang berkesan.

6. Sepatu Rajut

Bayi yang baru lahir pasti seluruh tubuhnya butuh dihangatkan agar tidak kedinginan. Nah, sebagai solusinya, Moms bisa membelikan sepatu rajut untuk menggantikan kain bedong yang sudah mainstream.

Sepatu rajut selain memberikan kehangatan juga kenyamanan untuk kaki bayi perempuan. Selain itu juga tersedia dalam berbagai motif yang cantik. Moms bisa pilihkan sepatu rajut dengan desain yang lucu dan warna-warna yang manis, seperti pink misalnya.

7. Kotak Musik

Kotak musik bisa dijadikan sebagai kado untuk bayi perempuan juga. Selain itu kado ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghibur dan menenangkan bayi.

Mainkan berbagai musik lembut dan tak terlalu kencang kemudian lihat bagaimana Si Kecil merespon.

8. Lonceng Angin

Nah, selain kotak musik, jika bayi suka musik yang lembut, berikanlah kado untuk bayi berupa gantungan yang bisa berbunyi karena tertiup angin di langit-langit tempat tidurnya.

Biarkan mereka melihat dan mendengarkan suara, karena ia mungkin akan terbiasa menontonnya selama beberapa menit sebelum tertidur. Sesekali jangan lupa pula untuk membiarkan ia memegang dan membunyikannya sendiri.

Bagaimana Moms, sekarang sudah tidak bingung lagi dong, kado apa yang harus diberikan untuk bayi yang baru lahir. Selain menggemaskan, semuanya juga bermanfaat lho.

Artikel Terkait