FASHION & BEAUTY
30 Juli 2019

7 Kesalahan Makeup Ini Bisa Bikin Kita Terlihat Lebih Tua

Mungkin Moms sering melakukan kesalahan-kesalahan makeup ini
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Setelah menikah dan mempunya anak, aktivitas merawat tubuh termasuk wajah jangan sampai dilewatkan Moms. Meski telah memiliki suami dan Si Kecil, penampilan yang segar akan menjadi nilai tambah untuk Moms.

Semua perempuan ingin selalu terlihat berwajah segar dan lebih muda, dan makeup dapat membantu kita mewujudkannya. Namun terkadang, kesalahan makeup malah dapat membuat wajah jadi lebih tua dari umur sebenarnya. Lho, kok bisa?

Cara dan produk makeup selalu berubah setiap saat. Jika tidak hati-hati, wajah Anda malah akan terlihat menua. Kami kumpulkan beberapa kesalahan makeup ini agar Moms dapat memperbaiki penampilan!

Baca Juga: Tahap Membersihkan Makeup yang Benar Agar Kulit Bersih dan Sehat

1. Salah Memilih Foundation

kesalahan makeup

Kesalahan makeup yang paling umum dilakukan adalah dalam memilih foundation. Seiring bertambahnya usia, Moms perlu menyadari bahwa kebutuhan foundation berubah. Ahli kulit Maybelline New York Melissa Silver mengatakan, memilih foundation yang baik akan menjadi awal yang baik pula.

“Jika Anda melewatkan foundation, warna kulit Anda akan tidak rata. Jika menggunakannya terlalu banyak, dia dapat menempel pada garis-garis halus dan lipatan,” kata dia.

Banyak jenis foundation yang harus dipilih sesuai kondisi kulit. Penata rias ternama Hillary Kline menjelaskan, tidak ada yang memiliki kulit yang sempurna.

“Tetapi foundation yang tepat untuk jenis kulit Anda dan akan memberi Anda kulit terbaik dalam tampilan yang Anda inginkan,” paparnya.

2. Terlalu Banyak Contouring

kesalahan makeup

Dalam beberapa tahun terakhir, contouring telah menjadi salah satu tren makeup terbaik. Bahkan, merk ternama pun ikut mengeluarkan produk yang mendukung pengaplikasian contouring.

Jika dilakukan dengan benar, ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan penampilan yang terlihat lebih muda. Tapi contouring juga bisa menjadi kesalahan makeup terbesar.

Murat Evin, direktur kreatif The London School of Makeup mengatakan, terlalu menerapkan konsep contouring sebenarnya juga bisa menghasilkan wajah terlihat tua.

"Seni membentuk garis meningkatkan struktur wajahmu, sehingga tampak lebih jelas. Namun, terlalu banyak definisi sebenarnya dapat menyoroti garis-garis penuaan yang lebih baik dibiarkan tersembunyi,” kata Murat.

3. Salah Gunakan Bedak

kesalahan makeup

Banyak yang menyarankan bedak bertekstur bubuk untuk membuat makeup lebih tahan lama. Tetapi seiring bertambahnya usia, kulit akan menghasilkan lebih sedikit minyak.

"Dengan kulit yang kering, bedak cenderung meresap ke garis-garis halus. Coba gunakan setting spray sebagai gantinya,” jelas penata rias Ariel Lewis.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Pada Wajah Jika Tidak Menghapus Makeup Seharian

4. Menggunakan Alat yang Salah

kesalahan makeup

Terlihat lebih muda tidak selalu soal makeup yang Moms pakai, tetapi bagaimana menerapkannya. Penting untuk menggunakan alat yang benar untuk memastikan mendapatkan kesan makeup yang diinginkan.

”Kesalahan makeup umum yang dilakukan orang adalah menggunakan sikat yang berat dengan bulu tebal dan kencang untuk mengaplikasikan foundation. Menggunakan kuas sebenarnya akan membuat pengaplikasian foundation tebal dan tidak dapat berbaur dengan riasan yang lain,” kata Ariel

Ariel menyarankan untuk selalu memilih kuas yang lebih lembut, tidak peduli jenis riasan apa yang Anda terapkan, tetapi terutama ketika datang ke riasan mata. Itu semua karena elastisitas kulit.

"Kelopak mata akan melonggar seiring pertambahan usia dan kulit di sekitar mata adalah yang paling halus. Jika Anda menggunakan sikat berbulu yang ketat, itu hanya akan mengiritasi area kulit yang longgar dan membuat mata Anda terlihat lebih tua dan lebih berat," tambahnya.

5. Menghitamkan Area Bawah Mata

kesalahan makeup

Menggunakan eyeliner di bagian bawah lingkaran mata adalah sebuah kesalahan. Hal ini akan membuat mata terlihat lebih kecil, menonjolkan garis-garis halus di sekitar mata, dan malah akan memberi kesan tua.

Penata rias yang berbasis di Washington DC Ariel Lewis menyarankan untuk menggunakan eyeshadow cokelat tua dan kuas miring. "Jauhkan gel liner dari bagian bawah. Gunakan hanya di bagian atas kelopakmu," katanya.

6. Salah Membentuk Alis

kesalahan makeup

Secara alami, alis tumbuh lebih tipis seiring bertambahnya usia. Pilihan terbaik adalah membentuknya. Penata rias dan perancang alis Pamela Jeschonek dari Everyday Esthetics Eyebrow Studio mengatakan, untuk memiliki alis yang terlihat lebih muda, aplikasikan alis secara penuh dan melengkung, namun tidak terlihat terlalu tajam dan tebal.

"Butuh sedikit latihan. Jangan takut untuk keluar dari garis-garis alis alami Anda. Dengan teknik yang benar, Anda dapat membentuk alis yang tampak lebih muda hanya dalam beberapa detik,” ujarnya.

Baca Juga: Ingin Coba Dandan Sendiri? Ini Produk Wajib Bagi Pemula Menurut MUA Ryan Ogilvy

7. Lipstik Terlalu Gelap

kesalahan makeup

Bibir kita menjadi lebih tipis dan kehilangan teksturnya seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, mulailah meninggalkan lipstik berwarna gelap karena membuat bibir terlihat lebih tipis.

Gunakan lip liner dan menggunakan warna netral yang berwarna. Lapisi bibir kemudian isi sisanya dengan lip gloss berwarna.

Mirip dengan foundation, semakin banyak sifat menghidrasi dan ringan di bibir, akan semakin baik. Jika Moms memiliki lipatan di sekitar bibir, ringankan dengan warna yang cocok dengan lipstik untuk menjaga pigmennya.

Mulai dari sekarang, hindari kesalahan makeup ini agar membuat tampilan keseluruhan Moms menjadi luar biasa!

(FAR)

Artikel Terkait