SELEBRITI
1 Agustus 2019

7 Kisah Menyusui dari Artis Indonesia, Ada yang Jadi Pendonor ASI Hingga Berikan Tips Jika Bingung Puting

Ternyata Revalina juga membagikan ASIP untuk keponakannya sendiri!
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Memasuki Pekan ASI yang diadakan pada 1-7 Agustus 2019, Moms mungkin sudah mengetahui ada banyak ibu-ibu dari kalangan selebritas yang masih menyusui.

Ada tujuh dari Moms selebriti ini yang membagikan pengalamannya masing-masing selama menyusui anak mereka.

Berikut ini foto para ibu artis yang sedang menyusui putra dan putri mereka, sebagai bentuk perayaan dari Pekan ASI Sedunia.

Baca Juga: Penanganan Mastitis, Payudara Bengkak pada Ibu Menyusui

1. Sarwendah

sarwendah mendonor ASI.jpg

Foto: instagram.com/sarwendah29

Sarwendah kini sedang menyusui anaknya yang kedua, Thania Putri Onsu, yang lahir pada 5 Juni 2019. Hebatnya, istri Ruben Onsu ini juga menjadi pendonor ASI lho, Moms!

Kelahiran putri keduanya pun tidak membuat Sarwendah mengalami kesulitan untuk memproduksi ASI. Setelah melalui proses panjang, Sarwendah dinyatakan lolos sebagai pendonor ASI.

"Tak berhenti aku bersyukur bagimana saat ini aku kembali bisa menjadi pendonor ASI dan kali ini di Singapore," tulis Sarwendah.

2. Tya Ariestya

artis menyusui-1.jpg

Foto: instagram.com/tya_ariestya

Dikenal sebagai salah satu ibu yang berhasil melakukan kehamilan dengan bayi tabung, Tya Ariestya juga saat ini menyusui anaknya yang kedua, Muhammad Kalundra Ratinggang.

Tya merupakan satu dari ibu artis yang gemar membagikan pengalamannya sebagai ibu. Termasuk proses tentang ASIP yang juga pernah ia bagikan.

Di foto tersebut, Tya menyebutkan kalau kulkasnya sudah terisi sekitar 3/4 kulkas. Tya menyusui langsung anaknya, dan sekaligus melakukan pumping untuk Kalundra.

Hal ini ia lakukan agar pasokan ASI tetap tersedia untuk Kalundra selama Tya pergi.

Baca Juga: 7 Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

3. Chua "Kotak"

artis menyusui-3.jpg

Foto: instagram.com/chuakotak

Sudah melahirkan anak keduanya yang seorang perempuan bernama Shakilla Sabdasakhi Putri Firmansyah, Chua Kotak tak lama lagi akan kembali ke rutinitas manggungnya bersama Kotak Band.

Karena hal ini, Chua harus mulai pumping untuk memastikan pasokan ASI untuk putri mungilnya tercukupi. Chua juga menargetkan dirinya ingin tetap mengASIhi sampai 2 tahun.

"Walaupun manggung, tp tetap bisa mengASIhi sampai usianya 2 tahun. Kali inipun saya ttp berusaha yg terbaik untuk memberikan ASI ke Shakilla sampai usianya 2 tahun jg..Aamiin.." tulis Chua pada unggahannya.

4. Nikita Mirzani

artis menyusui-4.jpg

Foto: instagram.com/nikitamirzanimawardi_17

Meskipun merupakan publik figur yang kontroversial dan kerap menarik perhatian publik, Nikita Mirzani juga tidak melupakan kewajibannya sebagai seorang ibu.

Menjadi sosok single parent yang tangguh, Nikita Mirzani menyusui langsung putra kecilnya yang bernama Arkana Mawardi.

"Artinya yang menerangi hati, jiwa, raga, pokoknya semua deh,” kata Nikita Mirzani saat ditanya nama anaknya, dikutip dari Liputan6.com.

5. Shareena Delon

artis menyusui-5.jpg

Foto: instagram.com/mrssharena

Shareena Delon ini juga sedang menikmati masanya sebagai ibu menyusui. Hal ini ia ungkapkan dalam salah satu unggahan di Instagram-nya.

Setelah menyusui anak pertamanya selama 2 tahun 10 bulan, istri dari Ryan Delon ini mengakui dirinya rindu untuk menyusui kembali.

"Now i remember why i was sobbing so much waktu Ry stop ASI with love pas umurnya 2thn10bln. @ry__shaka yang siap weaning, tapi mommynya justru yang belum. Belum rela keilangan moment2 kaya gininya nih. So happy i have this picture to last a lifetime kapanpun aku kangen tatapan ini dari anak2ku. Puas2in yah nak @sea__dedari tar lewat 2 tahun bebas kamu mau stopnya kapan #SeaDedari #8monthsold #shewokeuplikethis #phonecamera #noedit #nofilter" tulis Shareena.

Baca Juga: Bisakah Memberi ASI Eksklusif Meskipun Ibu Menyusui Menderita Mastitis?

6. Maya Septha

artis menyusui-6.jpg

Foto: instagram.com/mayaseptha7

Maya Septha memberikan unggahan yang informatif tentang pengalamannya selama menyusui yaitu ketika anak merasa bingung puting.

Maya menceritakan bila tidak semua anaknya mengalami bingung puting.

"Devon itu semua cara mau aja ngga masalah. Bahkan dulu pake 3 merk botol beda semuanya mau dan gapernah bingung. Botol yg leher lebar atau standar juga dia semua ok.

Waktu Kathleen dulu juga nyusu botol dan langsung. Tapi pada suatu hari dia disusuin kayak ngga nemu2. Nangis dan marah karena dikasih minum kayak ngga ketemu. Nah dari situ aku baru tau istilah bingung puting," tulis Maya.

Maya menambahkan, bila bayi merasa bingung puting maka bisa dilakukan "pengaturan ulang" dengan menggunakan cup feeder saat pemberian ASI.

7. Revalina S. Tenat

artis menyusui-7.jpg

Foto: instagram.com/vatemat

Terakhir, ada Revalina Temat yang juga menceritakan pengalaman mengASIhinya. Saat anak pertamanya, Revalina mengakui dirinya menyetok ASIP hingga umur Rihga 1,5 tahun.

Saat anak keduanya yang bernama Rajendra lahir, Revalina sanggup menyusui langsung sembari tetap bisa menyetok ASIP. Ia bahkan bisa membagikan ASIP-nya tersebut ke keponakannya sendiri.

"Aku punya anak susu, yaitu ponakan sendiri baby Cersei. Krn Rajendra dbf (direct breastfeeding) jd lumayan bisa bagi2 ASIp ke Cersei sampe skrg Cersei umur 3 bln. Seneng bgt Asi ku bisa bermanfaat," tulis Revalina.

Nah, itu dia kisah 7 ibu artis yang menyusui dengan pengalaman mengASIhi yang beragam. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi para Moms, ya!

Artikel Terkait