TREN
27 Desember 2017

7 Kuliner Khas Malang yang Sayang untuk Dilewatkan

Enak dan bikin ketagihan, mana yang sudah Moms coba?
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Kota Malang biasanya identik dengan oleh-oleh buah apel. Namun, kini bertambah banyak tempat wisata menarik yang layak dikunjungi. Misalnya saja, Mom dan keluarga bisa menjumpai Jatim Park, Museum Angkut, sampai Museum Tubuh.

Baca Juga: 5 Resto Bersejarah di Jakarta

Tapi, bukan hanya atraksi menarik, kota Malang juga menyuguhkan banyak kuliner khas yang wajib dicoba. Berikut adalah beberapa makanan khas Malang yang lezat dan sayang untuk dilewatkan saat Moms berkunjung ke kota berhawa dingin ini.

1. Rawon Dengkul

rawon

Foto: jagomasakenak.blogspot.co.id

Makanan berkuah hitam ini sangat khas. Selain gurih dan manis, penggunaan daging dengkul yang empuk semakin memperkaya rasa.

Agar lebih nikmat, Moms bisa tambahkan kecambah dan sambal untuk menambah sensasi segar dan krenyes. Penyajiannya sendiri, bisa langsung dicampur dengan nasi atau dipisah.

Baca Juga: Makanan yang Sering Ada di Drama Korea Ini Ternyata Enak Dicoba!

2. Mendol

mendol 768x566

Foto: teraskreasi.com

Mendol ini terlihat seperti tempe tetapi dengan bentuk yang unik, yakni bulat memanjang. Namun mendol berbeda dengan tempe.

Mendol terbuat dari kedelai yang dicampur dengan bumbu seperti kunyit, bawang putih, bawang merah dan bumbu lainnya. Mendol ini biasanya ikut menemani sajian rawon khas Malang.

3. Bakso Bakar

bakso bakar

Foto: putrinyanormal.com

Siapa yang tidak terpincut dengan olahan daging ini? Bakso yang kaya rasa kemudian dibakar dengan menggunakan bumbu khusus. Rasanya smoky dan pedas dengan tekstur yang kenyang. Biasanya, bakso bakar dikonsumsi bersama dengan kuah kaldu khas bakso.

4. Orem-orem

orem orem 768x512

Foto: anomaharya.com

Panganan ini cukup unik. Karena merupakan paduan dari lontong bertaburkan tempe cincang yang disiram dengan kuah kaldu ayam kental kaya rasa. Tidak berhenti disitu, dalam piring, Moms juga akan diberikan satu buah telur asin yang sudah dibelah dua. Nikmat bukan?

Baca Juga: Makanan Halal Ternyata Ada Juga di Negara Ini

5. Cwie Mie

cwie mie malang

Foto: masakandapurku.com

Untuk penggemar mie, Moms bisa coba Cwie Mie. Makanan ini serupa dengan bakmi ayam hanya saja topping cwie mie berupa ayam yang dicincang halus sehingga menyerupai abon.

Tak hanya itu, citarasa mienya lebih asin dibandingkkan dengan bakmi ayam biasa. Penyajiannya disertai dengan kuah gurih serta selada segar.

6. Sego Goreng Mawut

nasi goreng mawut paling enak di indonesia 768x513

Foto: teraskreasi.com

Sego Goreng Mawut merupakan makanan unik khas Malang. Sego goreng artinya nasi goreng. Namun yang membedakan nasi goreng dengan sego goreng mawut adalah campurannya. Sego goreng mawut juga menambahkan mie dalam sajiannya. Paduan citarasa nasi dan mie goreng menyatu. Biasanya saat makan Moms juga akan disuguhi acar.

7. Bakso Malang

bakso malang 768x534

Foto: maminusantara.blogspot.com

Belum lengkap rasanya jika ke Malang tanpa mencicipi Bakso Malang. Bakso Malang berisi bakso, mie kuning, pangsit goreng, siomay, dan tahu yang disiram dengan kuah kaldu sapi. Kedai bakso Malang sangat mudah dijumpai di kota ini.

Jadi, mana kuliner khas yang paling menggoda untuk Moms nikmati?

(DNY)

Artikel Terkait