BALITA DAN ANAK
26 Juli 2019

7 Langkah Ajarkan Anak Membaca Jam Analog

Supaya lebih bijak dalam manajemen waktu
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Moms mungkin pernah berpikir, untuk apa mengajarkan anak membaca jam analog kalau sudah ada jam digital yang lebih praktis?

Seperti dikatakan oleh Malcolm Trobe dari Association of School and College London, sebagaimana dikutip dari usatoday.com, anak jaman sekarang memang kurang mahir dalam membaca jam analog bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Namun menurut pakar perkembangan anak Jennie Ito, Ph.D., sebagaimana dikutip dari leapfrog.com, mengajarkan anak membaca jam analog akan membantunya memahami bagaimana waktu berjalan, sehingga bisa lebih awas dalam menggunakan waktu.

Selain penting untuk mengerti konsep kerja zona waktu dan waktu internasional, artikel dalam situs Readers.com juga mengungkap kalau membaca jam analog bisa membantu kemampuan motorik, kognitif, serta matematika.

Yuk Moms, ikuti dulu beberapa langkah berikut untuk ajarkan anak membaca jam analog.

Baca Juga : Kenalkan Konsep Waktu Pada Anak, Mulai dari Bayi Hingga Balita

1. Pastikan Waktunya Sudah Tepat

7 Langkah Ajarkan Anak Membaca Jam Analog 1.jpg

Foto : Sciencenews.org

Waktu paling tepat untuk mengajarkan anak membaca jam analog adalah di usia 5 atau 6 tahun, saat otak buah hati sudah cukup berkembang untuk memahami konsep waktu dan mulai bisa berhitung dengan baik.

Belajar membaca analog akan jadi lebih mudah kalau Si Kecil sudah bisa menghitung sampai angka 60, yang merupakan jumlah detik dalam menit dan jumlah menit dalam jam.

2. Latihan Menghitung Dengan Kelipatan Lima

7 Langkah Ajarkan Anak Membaca Jam Analog 2.jpg

Foto : Cheapdisabilityaids.co.uk

Kalau sudah bisa menghitung sampai 60, sekarang waktunya Moms mengajak Si Kecil latihan menghitung sampai 60 dalam kelipatan 5.

Supaya lebih mudah, jangan lupa tunjukkan kalau perhitungan kelipatan 5 selalu diakhiri dengan angka 5 saat dikalikan dengan angka ganjil dan diakhiri dengan angka 0 bila dikalikan dengan angka genap.

Baca Juga: Belajar dari Anak Saat Hewan Peliharaan Mati

3. Diskusikan Tentang Konsep Waktu

7 Langkah Ajarkan Anak Membaca Jam Analog 3.jpg

Foto : Youtube.com

Sebelum mulai belajar tentang jam dan menit dalam jam analog, ajak dulu Si Kecil berdiskusi tentang konsep waktu umum seperti pagi, siang, sore, dan malam, dengan menjelaskan perbedaan antara setiap waktu tersebut.

Setelah itu jelaskan kalau waktu sangat berhubungan erat dengan aktivitasnya sehari-hari, seperti sarapan di pagi hari, istirahat sekolah di siang hari, bermain bersama teman di sore hari, dan istirahat di rumah di malam hari.

4. Jelaskan Tentang Cara Kerja Jarum Jam

7 Langkah Ajarkan Anak Membaca Jam Analog 4.jpg

Foto : Tidy-books.com

Selanjutnya tunjukkan pada buah hati kalau jam analog memiliki 2 tangan yang berbeda panjang dan fungsinya, dimana jarum pendek adalah penunjuk bilangan jam dan jarum panjang adalah penunjuk bilangan menit.

Jangan lupa jelaskan juga kalau jarum panjang bergerak lebih cepat dibandingkan dengan jarum pendek ya, Moms.

Supaya lebih mudah, Moms juga bisa mengajak buah hati membuat sendiri jam analog dari kardus atau kertas dengan menggunakan stik es krim sebagai pengganti jarum jam.

5. Jelaskan Tentang Hitungan Jam

7 Langkah Ajarkan Anak Membaca Jam Analog 5.jpg

Foto : 042cm.club

Dengan jarum jam panjang menunjuk ke angka 12, tunjukkan kalau saat jarum jam pendek menunjuk ke angka 1 maka itu sama dengan jam 1, jarum jam pendek menunjuk angka 2 sama dengan jam 2, dan seterusnya.

Supaya lebih mudah diingat, Moms bisa sering menghubungkan jam dengan aktivitas harian anak. Misalnya, “Sekarang jam 4, itu artinya waktu untuk menonton film kartun favoritmu” atau “Sekarang jam 6, waktunya berangkat sekolah.”

Baca Juga : Ternyata Ini Penyebab Utama Anak Tidak Suka Belajar

6. Jelaskan Tentang Hitungan Menit

7 Langkah Ajarkan Anak Membaca Jam Analog 6.jpg

Foto : Parenting.firstcry.com

Langkah selanjutnya adalah mengajarkan anak membaca hitungan menit yang ditunjukkan oleh jarum panjang. Nah, disinilah manfaat belajar kelipatan di awal tadi.

Setiap kali jarum panjang menunjuk pada sebuah angka di jam, maka untuk menyebutnya angka tersebut dikalikan dengan 5.

Misalnya saja, bila menunjuk pada angka 4 maka artinya lewat 20 menit, angka 9 sama dengan lewat 45 menit, dan seterusnya.

7. Membaca Jam dan Menit

7 Langkah Ajarkan Anak Membaca Jam Analog 7.jpg

Foto : Fundamentallychildren.com

Nah, langkah terakhir mengajarkan anak membaca jam analog adalah belajar membaca jarum jam dan menit dengan digabungkan.

Contohkan kalau yang disebut di awal adalah hitungan jam atau angka yang ditunjuk jarum pendek kemudian baru dilanjutkan dengan hitungan menit atau angka yang ditunjuk jarum panjang.

Moms bisa mulai memutar kedua jarum jam pada waktu yang mudah, misalnya saja 2:15, 18:00, 12:45, dan seterusnya.

Yang pasti, mengajarkan anak membaca jam analog itu tidak bisa dilakukan hanya dalam satu hari saja ya, Moms. Jadi sebaiknya rutin ajak Si Kecil latihan sambil beraktivitas atau bermain supaya cepat terbiasa.

Apa Moms pernah mencoba cara lain untuk ajarkan anak membaca jam analog?

(WA/CAR)

Artikel Terkait