PARENTING
31 Maret 2020

7 Mainan untuk Membantu Perkembangan Anak Autis, Coba Yuk!

Kira-kira adakah mainan khusus untuk anak autis?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Bermain adalah kegiatan yang disukai oleh anak-anak, bahkan hampir kesehariannya dipenuhi dengan kegiatan bermain.

Bahkan metode belajar yang diterapkan pada balita pun harus disampaikan dengan cara belajar dan bermain yang menyenangkan. Seperti yang dilansir dari laman Cognifit, Jean Piaget mengungkapkan, bermain adalah karya masa kecil.

Bagi anak-anak, bermain adalah bagian penting dari kehidupan. Ini adalah bagian penting dari perkembangan mereka sejak interaksi pertama dengan dunia. Tak terkecuali dengan anak autis, perkembangan mereka bisa didorong dengan kegiatan bermain dan mainan yang khusus.

Baca Juga: 4 Gejala Autisme yang Bisa Dideteksi Dengan Cepat

Anak autis seperti memiliki dunia sendiri, rata-rata dari mereka memiliki fokus mendalam yang tidak teralihkan. Menurut beberapa anak melihat roda mainan mobil berputar berulang-ulang sangatlah membosankan, tapi bagi anak autis hal tersebut sangat menghibur.

Mainan untuk Perkembangan Anak Autis

Dilansir dari laman The Bump, Jamie Winter, PhD, seorang psikolog di The Center for Autism and the Developing Brain, New York, menegaskan, bahwa, mainan anak autis tidak harus mewah atau khusus 'mainan belajar'.

Mereka hanya perlu menjadi mainan yang disukai anak-anak pada umumnya dan sesuaI dengan usia dan perkembangannya. Adapun mainan yang bisa membantu perkembangan anak autis, di antaranya:

1. Lego

mainan untuk perkembangan anak autis.jpg

Mainan untuk perkembangan anak autis yang pertama adalah lego. Lego bisa membantu meningkatkan daya konsentrasi anak dan juga melatih koordinasi antara mata dan tangan.

Dikutip dari Raising Children, bermain Lego bisa membantu anak-anak mengembangkan kemampuan komunikasi dan sosial mereka.

Bermain lego akan mengajarkan anak untuk berkreasi dengan membangun suatu bangunan, bentuk, bahkan kota. Anak autis akan terpancing eksplorasinya dengan menata kota yang ia pikirkan.

2. Menggambar dan Mewarnai

Mainan untuk perkembangan anak autis yang selanjutnya adalah menggambar dan mewarnai. Dengan menggambar dan mewarnai biasanya akan memperbaiki suasana hati, selain itu imajinasi dan kreatifitas pun terasah.

Kita bisa mengajak anak autis melakukan kegiatan bermain ini di taman ataupun di tempat terbuka dengan pemandangan alam yang indah.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Mengobati Bell's Palsy pada Anak

3. Puzzle

mainan untuk perkembangan anak autis 3.jpg

Mainan untuk perkembangan anak autis yang selanjutnya adalah puzzle. Permainan ini mampu mengasah otak anak, sehingga ia mudah memecahkan masalah dan pantang menyerah.

Selain menyenangkan, puzzle juga bisa melatih fungsi kognitif anak dan motorik halus anak. Jamie Winter pun menjelaskan, bahwa maianan puzzle, balok, bola, mobil, dan buku adalah media yang bagus untuk memulai bagi semua anak, tanpa terkecuali.

4. Flash Card (Kartu Bergambar)

Mainan untuk perkembangan anak autis yang selanjutnya adalah flash card. Pada dasarnya anak autis lebih memahami segala sesuatu secara visual. Maka tak heran permainan kartu bisa mengasah perkembangan komunikasinya.

Selain itu, mainan ini juga merangsang daya ingat dan membuat anak mengenal huruf, angka, bagian-bagian tubuh, dan pengetahuan lainnya.

5. Kotak Musik

mainan untuk perkembangan anak autis 2.jpg

Mainan untuk perkembangan anak autis yang selanjutnya adalah kotak musik. Melalui kotak musik ia akan belajar untuk mengenal nada dan suara berbagai alat musik.

Tak hanya merangsang pendengarannya, musik juga bisa menenangkan dan menyenangkan.

6. Boneka

Mainan untuk perkembangan anak autis yang selanjutnya adalah boneka. Boneka merupakan salah satu mainan terbaik untuk anak-anak autis karena memberikan input sensorik yang berfungsi untuk bersantai dan memfokuskan tubuh serta pikiran anak.

Saat anak merasa tidak nyaman atau tidak tenang, ia bisa memeluk dan bisa melepaskan perasaan stresnya.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Bibir Kering pada Anak

7. Play Dough

mainan untuk perkembangan anak autis 4.jpg

Mainan untuk perkembangan anak autis yang selanjutnya adalah play dough. Tak hanya untuk anak autis, mainan ini cukup populer dan digemari anak-anak pada umumnya, hal ini dikarenakan banyak seri bentuk yang bisa dibuat.

Mainan yang mengedukasi ini bisa merangsang gerak motorik anak autis agar berkembang dengan baik serta mampu merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak.

Perlu kita ketahui cara anak autis bermain sering disebut tidak biasa karena berbeda dengan apa yang biasanya terlihat pada anak-anak yang sedang berkembang, tapi bukan berarti mereka tidak bermain.

Kita bisa memberikan mainan yang bisa membantu perkembangan anak autis seperti di atas.

(PSF/ERN)

Artikel Terkait