2-3 TAHUN
24 Februari 2019

7 Makanan Mengandung Serat yang Baik Untuk Balita

Serat dapat mencegah, dan bahkan dapat mengobati, sembelit anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Banyak sekali alasan mengapa asupan serat penting bagi anak. Salah satu manfaat serat yang paling besar berhubungan dengan pencernaan.

Ketika dipasangkan dengan hidrasi yang baik, serat membuat saluran pencernaan anak bergerak sebagaimana mestinya.

Serat dapat mencegah, dan bahkan dapat mengobati, sembelit sehingga Moms tak perlu khawatir Si Kecil kesulitan buang air besar.

Inilah makanan-makanan mengandung serat yang baik untuk balita:

1. Oatmeal

Mulailah sarapan pagi anak Moms dengan semangkuk oatmeal. Makanan yang lezat ini mengandung sekitar 4 gram serat per mangkuk.

Moms dapat menjadikannya favorit anak dengan menambahkan hal-hal yang mereka saukai seperti sirup maple dan kismis.

2. Apel

buah apel serat
Foto : cbn.co.za

Hampir setiap anak menyukai renyahnya sebuah apel. Dengan 3,6 gram serat dalam porsi kecil, satu apel sehari mungkin benar-benar menjadi asupan serat yang tepat!

3. Popcorn

Kalau yang satu ini, Si Kecil tak mungkin menolak. Ternyata di dalam popcorn mengandung serat yang dapat membantu pencernaan, lho.

Baca Juga: Sebenarnya di Usia Berapa Balita Harus Berhenti Disuapi Makan?

4. Pir

buah pir serat
Foto : food.ndtv.com

Ingin mendapatkan kandungan serat yang besar? Sajikan semangkuk buah pir untuk anak. Buah pir mengandung hingga 5,5 gram serat dalam buahnya.

5. Roti Gandum

Roti gandum dan gandum sendiri memiliki rata-rata 2 gram serat. Si Kecil mungkin tak mau makan roti gandum begitu saja bukan?

Maka Moms harus lebih kreatif dalam mengolahnya. Roti gandum memang paling cocok bila dibuat sandwich, lho.

6. Berbagai Jenis Beri

berbagai berries serat
Foto : medicalnewstoday.com

Cobalah untuk memberikan anak berbagai jenis beri dengan biji. Anak-anak suka beri seperti strawberry ataupun blueberry.

“Salah satu beri serat tertinggi, raspberry, memiliki serat yang sama dengan yang Anda temukan di satu apel utuh,” ujar Louise Goldberg, RD, LD, ahli gizi dan pemilik An Apple A Day Nutrition Consulting in Houston, Texas, Amerika Serikat.

7. Kacang-Kacangan

Cobalah untuk memberi asupan anak dengan kacang-kacangan. Cobalah memberikannya kacang merah, kacang hitam, dan kacang pinto, yang semuanya memiliki setidaknya 16 gram serat per porsi.

Baca Juga: Moms, Begini Cara Mengajarkan 5 Kebiasaan Makan Sehat pada Balita

Berapa Banyak Serat yang Dibutuhkan?

Moms tentu bertanya-tanya berapa gram serat yang tepat untuk dikonsumsi Si Kecil, bukan? inilah jumlah yang mereka butuhkan:

  • Balita (1-3 tahun) harus mendapatkan 19 gram serat setiap hari
  • Anak-anak berusia 4-8 tahun harus mendapatkan 25 gram sehari
  • Anak perempuan yang berusia 9-13 tahun dan gadis remaja berusia 14-18 tahun harus mendapatkan 26 gram serat sehari
  • Anak laki-laki yang berusia 9-13 tahun harus mendapatkan 31 gram dan remaja laki-laki berusia 14-18 tahun harus mendapatkan 38 gram per hari

Moms tak perlu takut bila berlebihan memberikan makanan berserat pada Si Kecil, karena mendapatkan serat yang berlebih tak berisiko diare ketimbang kekurangan serat.

(MDP)

Artikel Terkait