NEWBORN
14 November 2017

7 Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

Makanan-makanan ini akan berfungsi jika Moms yakin bahwa Moms bisa dan sanggup menyusui si kecil
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Kegiatan menyusui ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Moms harus berusaha keras dan yakin bahwa bisa dan mampu menyusui bayi sesuai kebutuhan.

Ada kalanya, ASI terasa seret. Nah, sebelum itu terjadi, Moms bisa mulai rutin mengonsumsi makanan pelancar ASI agar ASI kembali banyak. Berikut makanan yang perlu dikonsumsi ibu menyusui:

1. Daun bangun-bangun

daun bangun bangun

Daun ini memang kurang dikenal secara umum. Namun, para ibu menyusui di tanah Batak akrab dengan daun ini. Bentuknya serupa dengan daun stroberi dan rasanya langu.

Mama bisa mengolahnya menjadi jus yang dicampur dengan jeruk nipis untuk diminum. Namun sebelum mengolahnya, pastikan Mama membersihkan dan membilas daunnya dengan air dan garam serta meremasnya beberapa kali agar tidak terasa langu.

2. Daun katuk

daun katuk

Daun katuk mengandung zat yang berfungsi untuk melancarkan ASI. Tidak hanya itu, dalam daun katuk juga terdapat banyak protein, kalium, fosfor, zat besi, dan vitamin C. Mama cukup mengolahnya menjadi sayur bening dan mengonsumsi beserta kuah sayurnya.

3. Pare

pare

Sayur pahit ini ternyata punya fungsi mempercepat produksi ASI. Mama bisa mengolahnya menjadi sayuran tumis dengan teri medan dan potongan cabai. Atau yang lebih mudah lagi cukup jus pare mentah dan minum beserta seratnya.

4. Edamame

edamame

Selain sebagai sumber protein nabati, kacang kedelai Jepang ini juga mengandung asam folat, vitamin C, vitamin K, kalium, dan zat besi. Mama bisa merebus edamame dan menjadikannya camilan atau bisa mencampurnya dengan makanan lain.

5. Daun pepaya

daun pepaya

Daun pepaya mampu mempercepat proses pencernaan protein dalam tubuh. Protein inilah yang nantinya akan dibutuhkan saat memproduksi ASI.

6. Semangka

semangka

Buah yang banyak mengandung air ini memberikan asupan cairan lebih pada tubuh Moms yang sedang menyusui. Tidak hanya itu, semangka juga mengandung kalium, asam folat, vitamin A dan C, serta rendah kolesterol dan natrium. Nikmati saat udara panas dan masukkan ke kulkas agar terasa lebih segar.

7. Kacang hijau

kacang hijau

Kacang hijau mengandung tiamin yang berguna mengubah karbohidrat menjadi energi. Bila kekurangan tiamin, Moms bisa sulit berkonsentrasi, mudah tersinggung, dan kurang bersemangat. Mood jelek, ASI pun seret.

Makanan-makanan tersebut akan berfungsi jika Moms yakin bahwa Moms bisa dan sanggup menyusui si kecil. Tak hanya itu, karena hormon oksitosin yang berfungsi mengeluarkan ASI, jadi Moms harus terus semangat dan bahagia. Selamat menyusui!

(DNY)

Artikel Terkait