BALITA DAN ANAK
8 Oktober 2019

7 Makanan Terbaik untuk Balita Penderita Pneumonia

Untuk redakan gejala dan tingkatkan sistem kekebalan tubuh
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Asupan makanan yang bernutrisi sangat penting bagi balita penderita pneumonia, karena tubuhnya harus bekerja lebih keras dengan pertukaran oksigen dan karbon dioksida yang terbatas.

Seperti dijelaskan oleh ahli gizi Erica Wickham, MS, RD, konsumsi makanan yang tepat bisa membantu menjaga tubuh tetap fit, berat badan tetap terjaga, serta mencegah komplikasi dari pneumonia.

Melihat pentingnya makanan untuk mencegah serta mendukung penyembuhan pneumonia, simak dulu berbagai rekomendasi makanan yang baik untuk balita penderita pneumonia berikut ini ya, Moms.

Baca Juga: Pneumonia Pada Bayi, Apa Penyebab dan Gejalanya?

1. Makanan dari Gandum Utuh

7 Makanan Terbaik Untuk Balita Penderita Pneumonia 1.jpg

Foto: Care2.com

Bukan hanya kaya akan serat yang penting untuk menjaga kelancaran pencernaan balita penderita pneumonia, gandum utuh mengandung vitamin B untuk memberikan energi dan menjaga suhu tubuh juga selenium dan zinc untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Berbagai jenis makanan dari gandum utuh yang bisa Moms berikan pada Si Kecil diantaranya adalah oatmeal, quinoa, nasi merah, serta roti, pasta, dan sereal gandum.

2. Makanan Kaya Protein

7 Makanan Terbaik Untuk Balita Penderita Pneumonia 2.jpg

Foto: Hsph.Harvard.edu

Menurut American Dietetic Association, pola makan tinggi kalori dan tinggi protein baik untuk balita penderita pneumonia karena dapat memberikan energi, mencegah penurunan berat badan, membantu memulihkan tubuh, serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain memberikan makanan seperti daging, dada ayam, ikan, telur, serta kacang-kacangan, Moms juga bisa menambah asupan protein Si Kecil dari keju maupun protein bar.

3. Buah Golongan Sitrus

7 Makanan Terbaik Untuk Balita Penderita Pneumonia 3.jpg

Foto: Prevention.com

Vitamin C dalam buah golongan sitrus seperti jeruk, lemon, stroberi, dan kiwi baik untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh balita penderita pneumonia sehingga bisa pulih dan sembuh lebih cepat.

Kandungan anti oksidan didalamnya juga dapat melindungi tubuh Si Kecil dari berbagai virus, bakteri, dan radikal bebas yang bisa memicu komplikasi.

Baca Juga: Mari Mencegah Pneumonia Bayi Lewat Pemberian ASI Seperti Ini!

4. Sayuran Berdaun Hijau

7 Makanan Terbaik Untuk Balita Penderita Pneumonia 4.jpg

Foto: Ohmonjus.com

Brokoli, sawi hijau, bayam, dan kol adalah beberapa contoh sayuran berdaun hijau yang kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting untuk mendukung kesehatan tubuh.

Untuk balita penderita pneumnia, kandungan fitokimia dan vitamin E didalamnya baik untuk mengurangi kerusakan akibat partikel asing penyebab pneumonia dalam tubuh, menangkal radikal bebas, serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

5. Makanan Probiotik

7 Makanan Terbaik Untuk Balita Penderita Pneumonia 5.jpg

Foto: Weelicious.com

Seperti dikutip dari HerWorld.com, probiotik dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga asam lemak butyrate yang diproduksi oleh tubuh bisa ikut meningkat dan sistem kekebalan tubuh bisa bekerja lebih efektif dalam memerangi virus atau bakteri penyebab pneumonia.

Namun sebelum memberikan makanan atau minuman yang mengandung probiotik, Moms sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui takarannya yang tepat.

6. Madu

7 Makanan Terbaik Untuk Balita Penderita Pneumonia 6.jpg

Foto: Bcbswelltuned.com

Mengutip informasi dari Times of India, kandungan anti oksidan dan anti bakteri dalam madu juga bisa membantu meredakan gejala batuk dan demam pada balita penderita pneumonia.

Tapi ingat ya Moms, madu sebaiknya tidak diberikan pada balita berusia di bawah 2 tahun untuk mencegah terjadinya botulisme.

Baca Juga: Kenali dan Cegah Pneumonia Pada Anak

7. Berbagai Jenis Rempah

7 Makanan Terbaik Untuk Balita Penderita Pneumonia 7.jpg

Foto: Doctoroz.com

Mengutip informasi dari situs Times of India, ada pula berbagai jenis rempah yang bisa Moms tambahkan ke dalam makanan Si Kecil untuk meredakan gejala pneumonia sekaligus menguatkan ketahanan tubuh.

Di antaranya ada kunyit yang fungsi mukolitik alaminya membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan, serta jahe yang dapat meredakan nyeri dada akibat infeksi sekaligus memerangi bakteri penyebab pneumonia.

Satu hal lain yang tak boleh ketinggalan dari pola makan balita penderita pneumonia adalah minum banyak air putih, ASI, jus buah murni, maupun minuman tawar tanpa tambahan gula lainnya.

Selain untuk mencegah dehidrasi, asupan cairan penting untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh serta melembabkan jaringan halus di saluran pernapasan, sehingga sistem kekebalan tubuh dan paru-paru bisa lebih efektif memerangi partikel asing dalam tubuh.

Apa Moms tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah balita terkena pneumonia?

(WA)

Artikel Terkait