DI ATAS 5 TAHUN
29 Mei 2020

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Adakah makanan yang bisa membantu mengatasi perut kembung pada anak?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tahukah Moms, kalau konsumsi makanan yang tepat bisa mengatasi perut anak kembung secara alami? Di sisi lain, ada pula makanan yang perlu dihindari saat perut Si Kecil terasa kembung dan bergas.

Menurut Nicklaus Children’s Hospital, perut kembung pada anak sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya aerofagia atau menelan udara, penumpukan cairan di perut, intoleransi laktosa, dan banyaknya gas dari makanan berserat tinggi.

Makanan untuk Mengatasi Perut Anak Kembung

Yuk Moms, berikan makanan untuk perut anak kembung ini supaya Si Kecil merasa lebih nyaman.

1. Mentimun

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 1.jpg

Foto: Freepik.com

Lebih sering disajikan sebagai lalap, mentimun yang berkandungan air tinggi rupanya bisa membantu mengatasi perut anak kembung juga lho, Moms.

Menurut ahli gizi dan nutrisi Cynthia Sass, MPH RD pada health.com, mentimun memiliki kandungan antioksidan flavonoid bernama quercetin yang befungsi untuk menghambat aktivitas enzim pro-inflamasi yang bisa memicu kembung.

Baca Juga: Segarnya Es Timun Melon, Begini Cara Membuatnya

2. Pepaya

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 2.jpg

Foto: Freepik.com

Dari sebuah studi yang dirilis oleh National Institutes of Health, diketahui kalau konsumsi pepaya bisa mengurangi gejala sembelit dan kembung secara signifikan.

Manfaat pepaya ini diduga didapatkan dari kandungan enzim papain yang membantu memecah protein dari makanan yang dikonsumsi, sehingga fungsi sistem pencernaan jadi lebih lancar.

3. Yogurt

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 3.jpg

Foto: Freepik.com

Seperti yang Moms tahu, yogurt mengandung probiotik atau “bakteri baik” yang bisa membantu melancarkan fungsi pencernaan sekaligus meredakan inflamasi saat perut sedang kembung dan bergas.

Untuk mendapatkan manfaat ekstra, Moms bisa memberikan greek yogurt yang lebih rendah kalori tapi mengandung hingga 20 gram protein atau kefir sebagai alternatif pengganti bila Si Kecil alergi susu atau intoleransi laktosa.

Baca Juga: Kapan Balita Boleh Makan Yogurt?

4. Avokad

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Selain mengandung lemak sehat, avokad juga memiliki kandungan potasium dan antioksidan yang baik untuk mengatasi perut anak kembung.

Berbagai makanan yang mengandung potasium seperti avokad, pisang, kiwi, dan jeruk, bisa mengurangi perut kembung akibat retensi garam dan cairan dengan cara mengatur kadar sodium di dalam tubuh.

5. Jahe

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 5.jpg

Foto: Freepik.com

Mengatasi perut anak kembung juga bisa dilakukan dengan menambahkan jahe ke dalam makanan maupun minuman Si Kecil.

Selain membuat perut terasa hangat, jahe juga mengandung enzim pencernaan zingibain yang membantu tubuh memecah protein, mengurangi inflamasi di usus besar, juga memberikan efek relaksasi yang membantu meredakan kembung dan gas.

Baca Juga: Konon Berkhasiat Atasi Virus Corona, Ini 5 Manfaat Jahe Merah

6. Oatmeal

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 6.jpg

Foto: Freepik.com

Saat perut Si Kecil sedang terasa kembung, sarapan oatmeal di pagi hari adalah pilihan terbaik untuk membantu melancarkan pencernaan dan meredakan gejala kembung.

Tambahkan topping seperti kacang kenari atau buah beri untuk memberikan tambahan serat, antioksidan, dan protein.

7. Air Kelapa

7 Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 7.jpg

Foto: Freepik.com

Seperti avokad, air kelapa adalah salah satu sumber potasium yang diperlukan tubuh untuk meredakan kembung akibat retensi cairan yang disebabkan oleh kadar sodium yang tidak seimbang.

Untuk efek yang maksimal, air kelapa sebaiknya diminum secara murni tanpa tambahan gula atau susu kental manis ya, Moms.

Baca Juga: Bolehkah Bayi Minum Air Kelapa?

Selain mengonsumsi makanan untuk perut anak kembung di atas, hindari dulu makanan yang menghasilkan gas atau membuat perut terasa tambah tidak nyaman seperti kacang-kacangan, lentil, bawang, brokoli, kembang kol, makanan berminyak, dan minuman bersoda.

Apa Moms pernah mencoba cara lain untuk meredakan gejala perut kembung pada anak?

Artikel Terkait