KESEHATAN
12 Juli 2020

7 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol dari Hidangan Bersantan

Pilih makanan ini untuk mendampingi hidangan bersantan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Hidangan bersantan yang sedap dan gurih memang selalu berhasil memanjakan lidah. Apalagi saat Idul Adha, kita tidak akan bisa menolak berbagai hidangan bersantan yang lezat. Sayangnya sudah bisa dipastikan akan memberikan dampak buruk pada tubuh karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Karena dampak buruk kolesterol itu, Moms harus berhati-hati untuk mengonsumsi hidangan-hidangan itu.

Makanan untuk Menurunkan Kolesterol

Untuk meminimalisir dampak buruk kolesterol itu, Moms bisa mengkombinasikan menu hidangan bersantan dengan hidangan lainnya yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Berikut daftarnya!

1. Produk Soya

makanan untuk menurunkan kolesterol

Foto: Orami Photo Stock

Makanan penurun kolesterol yang pertama adalah produk soya. Produk soya seperti susu kedelai, tahu, dan tempe terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol.

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi protein soya sebanyak minimal 15 gram per hari bisa menurunkan 6 persen kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Buah-buahan Kaya Antioksidan

makanan untuk menurunkan kolesterol

Foto: Orami Photo Stock

Makanan penurun kolesterol yang selanjutnya adalah buah-buahan kaya antioksidan. Buah-buahan kaya antioksidan seperti apel, anggur, pir, stroberi, dan avokad juga kaya akan serat.

Serat dan polifenol yang terkandung dalam buah-buahan tersebut bisa menurunkan kadar lemak dan kolesterol secara alami.

3. Biji Wijen

makanan untuk menurunkan kolesterol

Foto: Orami Photo Stock

Makanan penurun kolesterol yang selanjutnya adalah biji wijen. Biji wijen mengandung antioksidan sesamin yang membantu tubuh membakar lemak lebih cepat.

Sesamin juga punya kekuatan untuk menurunkan tekanan darah dan memproses lebih banyak alkohol yang akan mencegah mabuk.

Baca Juga: 4 Cara Nyaman Santap Hidangan Bersantan Tanpa Takut Kolesterol

4. Kacang-Kacangan

makanan untuk menurunkan kolesterol

Foto: Orami Photo Stock

Makanan untuk menurunkan kolesterol yang selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti almond dan kacang mete bisa jadi pilihan snack yang tepat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Sebuah riset yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition menemukan konsumsi kacang-kacangan selama enam hari penuh dalam seminggu bisa menurunkan kadar kolesterol sebanyak 5,4 persen dan LDL 9,3 persen.

5. Teh

makanan untuk menurunkan kolesterol

Foto: Orami Photo Stock

Makanan untuk menurunkan kolesterol yang selanjutnya adalah teh. Sudah sejak lama teh dikenal berkhasiat untuk kesehatan karena kandungan aktioksidannya.

Teh juga ternyata terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol. Berdasarkan riset yang silakukan di Amerika, teh hitam bisa menurunkan lemak darah hingga 10 persen dalam waktu tiga minggu.

Baca Juga: Sering Minum Teh Dalam Kemasan, Hati-hati Dengan Hal Ini 

6. Bawang Putih

makanan untuk menurunkan kolesterol

Foto: Orami Photo Stock

Makanan untuk menurunkan kolesterol yang selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyumbatan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi.

7. Minyak Zaitun

makanan untuk menurunkan kolesterol

Foto: Orami Photo Stock

Makanan untuk menurunkan kolesterol yang selanjutnya adalah minyak zaitun. Minyak zaitun juga ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol LDL. Gunakan minyak zaitun sebagai saus salad, membumbui ayam dan ikan, atau memanggang sayuran.

Jika hendak menyantap hidangan bersantan, sebaiknya Moms sisihkan sedikit ruang di perut untuk mengonsumsi salah satu makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol ini. Selamat mencoba!

Artikel Terkait