KESEHATAN
9 Mei 2019

7 Makanan yang Bisa Mengatasi Insomnia

Mau bebas sulit tidur? Bisa dengan memilih konsumsi makanan yang tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Insomnia adalah kondisi di mana Moms tidak bisa atau sulit untuk tidur dan mempertahankan tidur, membuat Moms hanya bisa tidur sebentar saja dengan kualitas yang buruk.

Menurut Philip Gehrman, PhD, assistant professor of psychology, Department of Psychiatry of the University of Pennsylvania School of Medicine, menjelaskan bahwa insomnia bisa terjadi karena terdapat suatu hal di lingkungan tidur yang menyampaikan sinyal ke otak untuk terjaga, bukan tertidur.

Untuk meredakan insomnia, ada banyak caranya, salah satunya adalah dengan memperhatikan asupan makanan menjelang tidur malam. Ada beberapa makanan yang bisa mengatasi insomnia dan bisa membuat Moms cepat tidur, seperti yang dijelaskan dr. Josh Axe, Natural Medicine, Clinical Nutritionist sekaligus Founder of Ancient Nutrition and DrAxe.com:

1. Kacang-Kacangan

bowls of nuts almonds cashews and peanuts cc marcho vercho

Foto: goodnewsnetwork.org

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, dan walnut sering disebut sebagai makanan yang bisa meredakan insomnia. Kacang-kacangan adalah sumber terbaik dari tryptophan, yang merupakan amino acid yang memproduksi serotonin dan melatonin (hormon tidur).

Walnut adalah sumber terbaik melantonin, sedangkan almond adalah sumber terbaik magnesium. Nah, ketika kandungan magnesium dalam tubuh rendah, maka badan Moms akan kesulitan untuk tetap tidur dan beristirahat. Jadi, sangat memungkinkan kalau kacang-kacang ini dapat membantu Moms untuk cepat tidur dan nyenyak tidur.

Baca Juga:

2. Daging Kalkun

20141113 baking steel turkey recipe 8

Foto: seriouseats.com

Daging kalkun juga disebut sebagai makanan yang bisa meredakan insomnia, karena mengandung protein tinggi, riboflavin, phosphorus, dan selenium. Selain itu, daging kalkun juga kaya akan tryptophan.

3. Teh

chamomile tea

Foto: healthline.com

Ada beberapa jenis teh yang dapat membuat Moms cepat tertidur, seperti chamomile, passionfruit, atau peppermint. Jenis teh ini dapat meningkatkan glycine levels, sehingga dapat merelaksasi saraf dan otot yang tegang.

4. Buah-buahan

ph03 banana kiwi and ginger smoothie 3 m@2x.jpg

Foto: chiquita.com

Beberapa buah-buahan juga ampuh dikonsumsi sebagai makanan yang bisa meredakan insomnia, contohnya adalah pisang, kiwi, dan cherries. Khusus pada buah cherries, kandungan melantonin-nya sangat tinggi sehingga dapat merangsang Moms tertidur pulas.

Baca Juga:

5. Ikan

salmon and tuna best foods for bones and muscles

Foto: circle-cafe.com

Ikan-ikan seperti salmon dan tuna mengandung vitamin D dan omega-3 fatty acids. Di beberapa studi, kedua elemen tersebut dapat membuat produksi alami dari serotonin di dalam otak. Yuk Moms, konsumsi ikan di malam hari agar cepat tertidur dan nyenyak.

6. Biji-bijian (Sprouted Grain)

sprouted grain bread 1296x728 feature

Foto: healthline.com

Makanan yang bisa membantu meredakan insomnia yang lain adalah biji-bijian, yang sekaligus dapat membuat kadar magnesium meningkat. Cobalah untuk mengonsumsi roti yang terbuat dari biji-bijian sebelum waktu tidur, rasakan perbedaan kualitas tidur Moms setelahnya.

7. Kale dan Sayuran Hijau

1382541816255

Foto: foodnetwork.com

Kale meliputi brokoli, sawi, kembang kol dan sayuran hijau seperti bayam, Swiss chard (sejenis selada air), dan collard green (sejenis sawi), mengandung banyak kalsium dan magnesium. Semua jenis sayuran ini akan meningkatkan melantonin dan membuat REM Cycle menjadi lebih baik.

Nah, kalau Moms sudah tahu jenis-jenis makanan yang bisa membantu meredakan insomnia, mulai sekarang Moms bisa mencoba mengonsumsinya ya. Tapi jika belum berhasil, segera konsultasikan dengan dokter, ya Moms.

Semoga tidur nyenyak.

(IRN)

Artikel Terkait