KESEHATAN
12 Juni 2019

7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Salah satu kandungan utama dalam bawang putih adalah minyak atsiri yang ampuh membunuh bakteri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh fitria.rahmadianti
Disunting oleh fitria.rahmadianti

Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih yang memiliki bau tajam juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu kandungan utama dalam bawang putih adalah minyak atsiri yang ampuh membunuh bakteri. Namun manfaat ini bisa didapatkan jika bawang putih dikonsumsi dalam keadaan mentah atau hampir mentah.

Berikut adalah tujuh khasiat bawang putih:

Pembersih Darah

Darah yang kotor bisa menyebabkan muka mudah berjerawat. Selain dengan membersihkan muka, Mama bisa membasmi jerawat langsung dari akar masalahnya yakni dengan membersihkan darah. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi dua siung bawang putih mentah dan minum air putih hangat. Untuk detoksifikasi tubuh, Mama bisa mencampurkan air hangat dengan perasan lemon.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bawang putih juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Mama terhindar dari penyakit seperti flu atau batuk. Mama bisa membuat ‘teh’ bawang putih dengan mencacah bawang putih dan menyeduhnya dengan air panas. Bisa juga ditambah sedikit madu.

Menurunkan Kolesterol

Mama kini tak perlu lagi khawatir soal kolesterol jika ingin menyantap daging merah. Sebab, kandungan sulfur dalam bawang putih mampu memberi efek menurunkan kolesterol, darah tinggi, dan penyakit jantung. Mama cukup mengonsumsi bawang putih secara rutin, baik secara mentah ataupun dalam makanan.

Antibakteri dan Parasit

Bawang putih sudah dikenal sebagai antibiotik sejak dahulu. Bawang jenis ini mampu mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan parasit. Salah satu khasiatnya adalah menangkal gigi berlubang. Mama cukup berkumur dengan air campuran bawang putih secara rutin.

Mencegah Keracunan Makanan

Kemampuan bawang putih dalam menangkal bakeri dan jamur ternyata juga bermanfaat untuk mencegah Mama dan keluarga dari keracunan makanan. Bawang putih disebut-sebut mampu membunuh beberapa bakteri jahat di pencernaan, seperti E. coli, Staphylococcus aureus, dan Salmonella enteritidis.

Mengatasi Kesusuban (Tertusuk Serpihan Kayu)

Kesusuban di jari sangat menyakitkan karena suban (serpihan kayu) kecil dan sulit dikeluarkan. Tenang, ada cara ampuh yang bisa Mama lakukan. Potong bawang putih jadi dua, kemudian tempelkan bagian dalam bawang putih ke bagian yang terkena suban. Diamkan semalaman dan serpihan kayupun akan keluar dengan sendirinya.

Mencegah Kanker

Manfaat bawang putih inilah yang paling sensasional. Bawang putih dipercaya memiliki antioksidan yang mampu mencegah kanker usus besar dan perut. Mama cukup rajin mengonsumsi bawang putih segar atau tambahkan bawang putih dalam setiap masakan Mama.

Baca juga: 9 Makanan Sehat untuk Cegah Kanker Serviks

Ternyata bawang putih tak hanya membuat masakan lebih enak, tapi juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh!

(ICA)

Artikel Terkait