DI ATAS 5 TAHUN
9 April 2020

7 Manfaat Jeruk Bali Merah (Pomelo) Untuk Anak

Salah satunya, mencegah ketombe di kulit kepala Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Walau hanya bisa ditemukan di Asia Tenggara, manfaat jeruk bali merah atau dikenal juga dengan nama pomelo sebenarnya sudah cukup tersohor di mancanegara lho, Moms.

Selain karena bentuk dan rasanya yang mirip dengan grapefruit atau jeruk limau gedang, buah ini juga padat akan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh anak seperti vitamin C, vitamin B6, potasium, serat pangan, dan magnesium.

Buah dengan nama latin citrus grandis ini memang tidak selalu berdaging merah, terkadang ada yang berwarna putih atau pink tergantung varietasnya. Rasanya juga sering dikatakan mirip dengan grapefruit alias jeruk limau gedang, yaitu perpaduan manis dan sedikit asam.

Manfaat Jeruk Bali Merah

Yuk Moms, simak informasi berikut untuk tahu lebih banyak tentang manfaat jeruk bali merah.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

7 Manfaat Jeruk Bali Merah (Pomelo) Untuk Anak 1.jpg

Foto: Theepochtimes.com

Jeruk bali merah adalah salah satu buah dengan kandungan potasium yang cukup tinggi, di mana mengonsumsi satu buah berukuran sedang bisa memenuhi sekitar 37% kebutuhan harian potasium.

Saat dikombinasikan dengan serat yang juga terkandung di dalamnya, potasium bisa bekerja lebih maksimal dalam mendukung penyerapan mineral esensial lain yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Tulang, Kenali 3 Fungsi Vitamin K Berikut Ini

2. Menjaga Tekanan Darah

7 Khasiat Jeruk Bali Merah (Pomelo) Untuk Anak 2.jpg

Foto: Apollorecettes.com

Selain itu, potasium juga diketahui memiliki fungsi vasodilator, yaitu melepaskan tekanan di pembuluh darah, serta meningkatkan sirkulasi darah dan aliran oksigen ke organ tubuh. Itu artinya Si Kecil bisa terlindung dari atherosklerosis, serangan jantung, juga stroke.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

7 Khasiat Jeruk Bali Merah (Pomelo) Untuk Anak 3.jpg

Foto: Thatbeesknees.com

Dengan kombinasi kandungan air tinggi, rendah kalori, serta mengandung serat dan protein, rutin makan jeruk bali merah bisa membuat Si Kecil tidak gampang lapar dan tidak makan terlalu banyak.

Menurut studi yang dilansir National Institutes of Health, makanan yang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama sangat baik dikonsumsi untuk membantu mempertahankan berat badan ideal atau menurunkan kelebihan berat badan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal? Simak Penjelasannya di Sini

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

7 Khasiat Jeruk Bali Merah (Pomelo) Untuk Anak 4.jpg

Foto: Yourmedikart.com

Bukan hanya karena kandungan vitamin C yang tinggi, manfaat jeruk bali merah juga berasal dari kandungan antioksidan seperti naringenin, naringin, dan lycopene.

Berbagai antioksidan tersebut akan menguatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, mencegah infeksi virus maupun bakteri, juga mempercepat pemulihan luka.

5. Menjaga Kesehatan Mulut

7 Khasiat Jeruk Bali Merah (Pomelo) Untuk Anak 5.jpg

Foto: Kitchenstories.com

Kandungan vitamin C dalam jeruk bali merah juga dibutuhkan tubuh untuk produksi kolagen, yang befungsi untuk menguatkan jaringan halus, sel, dan organ tubuh.

Mengutip organicfacts.net, rutin makan buah ini bisa meningkatkan kekuatan gusi dan permukaan oral sehingga Si Kecil terlindung dari infeksi yang bisa memicu gusi berdarah, gigi tanggal, dan berbagai penyakit mulut berbahaya.

Baca Juga: Yuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Cara Mudah Ini

6. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Rambut

7 Khasiat Jeruk Bali Merah (Pomelo) Untuk Anak 6.jpg

Foto: Amazon.com

Jeruk bali merah juga kaya akan kandungan vitamin A, B1, dan C yang dibutuhkan menjaga kesehatan rambut dan mencegah ketombe.

Selain itu, di dalamnya juga terkandung berbagai mineral esensial seperti kalsium, sulfur, zat besi, dan zinc, yang membantu mempercepat pertumbuhan rambut anak.

7. Melancarkan Pencernaan

7 Khasiat Jeruk Bali Merah (Pomelo) Untuk Anak 7.jpg

Foto: Freepik.com

Menurut studi lain yang dilansir jurnal Pharmaceutical Biology, daging dari satu buah jeruk bali merah bisa memenuhi 25% kebutuhan serat harian.

Kecukupan asupan serat penting untuk melancarkan pencernaan, mencegah konstipasi dan diare, melancarkan pergerakan saluran pencernaan, serta menstimulasi produksi senyawa yang dibutuhkan usus untuk memecah protein yang sulit dicerna.

Kandungan pektin di dalamnya juga membantu mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan memperlambat penyerapan glukosa sehingga gula darah tidak melonjak dengan cepat.

Baca Juga: Inilah 5 Tanda Pencernaan Bermasalah yang Harus Moms Waspadai!

Manfaat jeruk bali merah memang sangat baik untuk tubuh anak, tapi sebaiknya tidak dimakan bersamaan dengan konsumsi obat karena bisa menimbulkan efek samping yang serius ya, Moms.

Bagaimana Moms, sudah pernahkah memberikan jeruk bali merah pada Si Kecil?

Artikel Terkait