FASHION & BEAUTY
31 Juli 2020

11 Manfaat Madu untuk Kulit Wajah yang Menakjubkan!

Madu memang memiliki banyak khasiat sejak dulu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Madu adalah salah satu kandungan super hebat yang tidak hanya digunakan dalam meracik masakan lezat, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan secara keseluruhan. Termasuk untuk kulit.

"Madu memiliki sifat penyembuhan alami, khususnya untuk penyembuhan luka. Madu juga dapat membangun kolagen," kata Mona Gohara, MD, associate professor klinis di Yale Department of Dermatology, mengutip Women's Healh Magazine.

Tidak terbatas pada hal itu saja, ada juga manfaat madu untuk kulit yang tak kalah hebat. Ini karena madu memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan anti-inflamasi alami.

Tanpa berlama-lama, yuk cari tahu apa saja manfaat madu untuk kulit yang hebat berikut ini, Moms.

Manfaat Madu untuk Kulit

1. Menyamarkan Bekas Luka

manfaat madu untuk kulit-samarkan luka.jpg

Foto: manukahoneyusa.com

"Sifat antioksidan dalam madu dapat memelihara kulit yang rusak, sehingga membantu proses penyembuhan bekas luka, menurut Carly Stein, pendiri Beekeeper's Naturals.

Selain itu, manfaat madu juga dapat membantu mengurangi tampilan bekas stretch mark dan perubahan warna kulit. Coba oleskan madu mentah ke area bekas luka dengan gerakan memutar selama 1-2 menit, lalu bilas hingga bersih.

Baca Juga: 6 Manfaat Minum Madu Setiap Hari

2. Meredakan Luka Bakar

manfaat madu untuk kulit-luka bakar.jpg

Foto: celcusbio.com

Sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan sifat memulihkan pada madu sangat menenangkan luka bakar yang mengiritasi, termasuk pada kulit yang terbakar sinar matahari.

Dalam jurnal Cosmetic of Dermatology, madu sangat cocok sebagai pembalut luka dan luka bakar. Selain itu, manfaat madu untuk kulit dapat menjadi penghalang dari infektan yang hendak menginfeksi luka bakar.

Untuk menggunakannya, bersihkan luka bakar, lalu gosokkan beberapa tetes madu ke area tersebut dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas. Terapkan kembali sesuai kebutuhan.

3. Melembapkan Kulit Wajah

manfaat madu untuk kulit-lembapkan wajah.jpg

Foto: alive.com

"Dengan efek pelembap dan menenangkannya, madu mentah dapat melembabkan kulit, menjadikannya lembut, dan bercahaya," kata Ildi Pekar, facialist selebriti dan pemilik Ildi Pekar Skin Care.

Ia melanjutkan, "Gula dalam madu bertindak sebagai pelembap alami dan emolien yang meningkatkan kadar air dan mengurangi kekeringan pada kulit bahkan setelah dibilas."

Sebagai manfaat madu untuk wajah yang kering, Moms bisa mengoleskan madu mentah langsung pada kulit dan biarkan hingga 20 menit, lalu bilas sampai bersih dengan air.

Baca Juga: Manfaat Madu Bagi Ibu Menyusui

4. Menyembuhkan Luka

manfaat madu untuk kulit-sembuhkan luka.jpg

Foto: dabur.com

"Sifat antiseptik alami pada madu dapat mencegah infeksi dan melindungi luka. Sehingga dapat mengurangi jaringan parut dan mempercepat waktu penyembuhan," kata Dendy Engelman, MD, ahli bedah kulit di New York City.

Kandungan antioksidan adalah manfaat madu untuk kulit yang bisa digunakan sebagai obat alami untuk menyehatkan kulit rusak.

Pada jurnal Central Asian Journal of Global Health, disebutkan bahwa dalam pengobatan Ayurvedic, madu digunakan untuk mengobati luka dan goresan, eksim, dermatitis, luka bakar, serta penyakit kulit.

Moms dapat mengoleskan madu mentah langsung ke area yang sakit dan diamkan selama 1-2 menit, lalu bilas hingga bersih.

5. Pelembab Bibir

manfaat madu untuk kulit-pelembap bibir.jpeg

Foto: medium.com

Tidak hanya untuk kulit, madu juga memiliki manfaat yang tidak kalah bagus untuk menjaga kesehatan bibir. Madu menjadi bahan pelembap untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah.

"Manfaat menghidrasi madu yang dicampur dengan enzim alami, antioksidan, dan mineral bekerja dengan baik untuk melembapkan bibir," kata Pekar.

Moms bisa langsung mengoleskan madu mentah ke bibir, lalu diamkan selama beberapa menit, setelah itu bersihkan. Penggunaan teratur dapat mengunci kelembapan bibir dengan maksimal.

Akan tetapi, lebih baik jika Moms menghubungi dokter terlebih dahulu karena mengoleskan madu di bibir dan membiarkannya semalaman juga bisa mendatangkan risiko botulisme.

Baca Juga: 4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Anak

6. Mengobati Jerawat

manfaat madu untuk kulit-obat jerawat

Foto: Orami Stock Photos

Manfaat madu untuk kulit selanjutnya yaitu untuk mengobati jerawat, terutama varian madu soba.

"Ini karena ada kandungan anti-inflamasi, yang membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat, dan sifat antibakterinya dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat," jelas Stein.

Selain itu, madu menjaga kulit tetap terhidrasi, tetapi tetap membantu mengontrol produksi minyak agar tidak berlebihan, yang menjadi salah satu penyebab jerawat.

Jika sedang berjerawat, oleskan madu mentah langsung pada jerawat, diamkan 10-15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

7. Bahan Exfoliant yang Lembut

manfaat madu untuk kulit-lembapkan wajah.jpg

Foto: young-again.eu

Karena madu mentah mengkristal seiring waktu, butiran-butiran kecil ini bertindak sebagai exfoliant yang lembut.

"Madu mulai mengkristal ketika bersentuhan dengan air dan panas kulit dari tubuh manusia, menjadikan madu scrub yang lebih lembut daripada yang dibeli di toko skincare," jelas Stein.

Untuk bisa menggunakan madu sebagai exfoilant, hangatkan madu di tangan dengan menggosokkan madu di antara jari-jari terlebih dahulu. Lalu, oleskan langsung pada kulit dengan gerakan memutar.

Pijat dengan lembut sebentar, diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan dengan handuk basah.

Baca Juga:

8. Mencerahkan Kulit Wajah

manfaat madu untuk kulit

Foto: Orami Stock Photo

Berbicara tentang manfaat madu untuk kulit lebih cerah, para peneliti belum menemukan hubungan langsung antara menggunakan madu di wajah dan bintik-bintik gelap yang lebih terang.

Namun karena madu memiliki sifat pengelupasan, menggunakannya pada wajah dipercaya bisa menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam.

Selain itu, sifat antibakteri yang terkandung di dalamnya, bisa meringankan peradangan, mempertahankan atau menjaga kulit dari bakteri serta kuman, dan juga sekaligus merawat kulit kering.

Moms bisa mengombinasikan madu dengan yogurt, yang akan membuatnya lebih baik lagi dan menunjukan manfaat madu untuk kulit yang maksimal.

Moms bisa mencampurkan 1 sendok makan yogurt segar dengan 1 ½ sendok makan madu.

Oleskan campuran madu dan yoghurt tersebut pada wajah atau tangan dan biarkan selama 15 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan ulangi setiap hari ya Moms.

Baca Juga: 6 Resep DIY Masker Oatmeal untuk Mencerahkan Wajah, Wajib Coba!

9. Sebagai Anti-Aging

manfaat madu untuk kulit

Foto: Orami Stock Photo

Di dalam madu, kaya akan kandungan probiotik, antioksidan, dan enzim. Manfaat madu untuk kulit ini baik sebagai obat anti-penuaan karena dapat membantu meregenerasi serta melembapkan kulit Moms, serta mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Menurut Dr. Surbhi, dokter kecantikan, yang mengatakan bahwa madu mempunyai sifat emolien, humektan, menyejukkan, dan mengatur tingkat pH kulit.

10. Mengurangi Keriput

manfaat madu untuk kulit

Foto: Orami Stock Photo

Usia merupakan sesuatu yang tidak bisa kita hentikan. Tetapi, kita bisa menggunakan produk yang dapat memperlambat atau mengurangi tanda-tanda penuaan di tubuh.

Menurut Journal of Cosmetic Dermatology, manfaat madu untuk kulit wajah adalah menghambat pembentukan kerutan serta menghilangkan kerutan, walaupun tidak sepenuhnya.

Madu mengandung berbagai macam antioksidan, termasuk di dalamnya adalah polifenol dan flavonoid yang membantu kulit mengatasi kerusakan kolagen yang berguna mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat.

Baca Juga: 6 Manfaat Madu untuk Wajah, Bisa Kurangi Keriput!

11. Membersihkan Pori-pori Kulit Wajah

manfaat madu untuk kulit

Foto: Orami Stock Photo

Ketika diaplikasikan pada kulit wajah, madu akan membuka pori-pori kulit wajah untuk membersihkannya dan menyingkirkan komedo di dalam pori-pori kulit wajah.

Sifat antioksidan, antiseptik, dan antibakteri pada madu akan membantu kulit untuk melawan jerawat dengan menjaga pori-pori bebas dari kotoran dan minyak. Tetapi, di saat yang bersamaan, manfaat madu untuk kulit juga menjaga agar tetap terhidrasi dan mengencangkan kulit.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Mengecilkan Pori-Pori di Wajah

Itu dia Moms, beberapa manfaat madu untuk kulit yang hebat. Berminat ingin mencoba perawatan tersebut?

Artikel Terkait