BALITA DAN ANAK
31 Mei 2020

7 Manfaat Mainan Edukasi Puzzle dan Balok Susun Bagi Anak

Cocok diberikan untuk anak berusia 2 tahun, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apakah Moms sedang mencari mainan yang pas untuk Si Kecil saat memasuki usia balita? Mainan edukasi bongkar pasang atau lebih dikenal puzzle dan balok susun bisa menjadi pilihannya.

Permainan ini mungkin terlihat old school, tetapi nyatanya menyusun dan menumpuk adalah salah satu mainan terbaik untuk anak, lho. Sudah banyak berbagai penelitian yang menyatakan bahwa bermain puzzle dan balok susun sangat baik bagi perkembangan otak anak.

Manfaat Mainan Puzzle dan Balok Susun untuk Anak

Ketika pertama kali diberikan puzzle dan balok susun, mungkin anak-anak terkesan tidak memainkannya dengan benar. Namun, membiasakan Si Kecil bermain ini ternyata dapat memberi perkembangan pesat bagi otaknya, Moms.

Lantas, apa saja manfaat mainan puzzle dan balok susun untuk anak? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Melatih Berpikir Kreatif dan Imajinatif

7 Manfaat Mainan Edukasi Puzzle dan Blok Susun Bagi Anak  1.jpg

Foto: Freepik.com

Permainan ini mengharuskan Si Kecil menyusun strategi dengan berbagai cara sehingga otak dilatih untuk berpikir kreatif, guna menyelesaikan permainannya.

Penelitian yang dilakukan oleh Pepler dan Ross pada tahun 1981, menunjukkan bahwa anak yang bermain puzzle dan balok susun bisa lebih baik dalam menyelesaikan masalah di masa depan.

Anak-anak tersebut juga menunjukkan bahwa banyak kreativitas yang tertuang dalam upaya mereka memecahkan masalah saat bermain puzzle dan balok susun.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mainan Puzzle yang Cocok untuk Balita

2. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif

Kemampuan kognitif adalah kemampuan untuk bisa fokus dan berpikir logis.

Nah, ternyata bermain puzzle dan balok susun dapat meningkatkan kemampuan kognitif Si Kecil seperti membantu memahami apa yang terjadi di sekitar, mengenali ragam bentuk, mengingat jenis-jenis bentuk, dan membantu berpikir kritis.

3. Mengembangkan Kemampuan Berbahasa

7 Manfaat Mainan Edukasi Puzzle dan Blok Susun Bagi Anak 2.jpg

Foto: Pixabay.com

Studi yang dilakukan oleh Mega Bloks menemukan bahwa orang tua yang mengawasi anaknya saat bermain puzzle atau balok susun memotivasi anak agar terus berbicara.

Penelitian ini menunjukkan bahwa saat bermain puzzle atau balok susun, anak cenderung bertanya pada orang tua untuk memastikan apakah letak menyusunnya sudah tepat atau belum. Dengan begini, anak jadi terlatih berbicara dan memperbanyak kosa kata.

4. Memperkuat Keterampilan Motorik

Manfaat mainan puzzle dan balok susun untuk anak lainnya ialah mengembangkan koordinasi tangan dan mata. Efeknya, perkembangan bahasa dan otak Si Kecil pun meningkat.

Hal ini terlihat dari kemampuan Si Kecil dalam menaruh kepingan/bongkahan balok dan puzzle pada tempat yang tepat. Moms juga akan melihat bahwa nantinya Si Kecil dapat mengidentifikasikan solusi yang benar untuk beragam situasi.

Baca Juga: 5 Tahap Penting Perkembangan Motorik Bayi, Apa Sudah Sesuai?

5. Mengasah Kemampuan Bersosialisasi

7 Manfaat Mainan Edukasi Puzzle dan Blok Susun Bagi Anak 3.jpeg

Foto: Unsplash.com

Perlu Moms ketahui, saat anak bermain puzzle dan balok susun, ia akan menjadi lebih ramah dan mudah bersosialisasi.

Puzzle dan balok susun bisa dimainkan bersama-sama dengan teman, yang secara tidak langsung melatih anak bersosialisasi.

6. Membentuk Kemampuan Emosional

Kemampuan emosional yang dimaksud di sini adalah kemampuan untuk mengendalikan emosi dalam diri sang anak. Kemampuan emosional yang dapat terbentuk yaitu bersikap tenang, karena ia diharuskan untuk fokus saat bermain.

Lalu, kemampuan emosional lainnya yang akan dilatih adalah kesabaran. Dengan bermain puzzle dan balok susun, Si Kecil akan belajar bersabar saat menyusunnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Agar Anak Memiliki Kecerdasan Emosional?

7. Membuat Anak Bahagia

7 Manfaat Mainan Edukasi Puzzle dan Blok Susun Bagi Anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Pada dasarnya, semua permainan bisa membuat anak-anak bahagia, tak terkecuali puzzle dan balok susun. Untuk itu, tak ada salahnya menyediakan mainan edukasi ini di rumah dan sesekali temani Si Kecil bermain.

Jika anak banyak menghabiskan waktu dengan orang tua sejak kecil, dapat dipastikan ia akan tumbuh lebih bahagia dan gembira dibanding mereka yang tidak.

Nah Moms, ternyata cukup banyak manfaat yang diperoleh dari bermain puzzle dan balok susun, ya? Apakah Moms sudah berencana membeli mainan edukasi yang satu ini? Jika belum, coba kunjungi laman Orami ini untuk melihat inspirasi mainan edukasi puzzle dan balok susun.

Artikel Terkait