GAYA HIDUP
22 September 2020

11 Manfaat Minum Air Hangat pada Tubuh yang Penting Diketahui

Manfaatnya bikin Moms ingin rutin minum air hangat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Tentu Moms sudah tahu pentingnya minum air putih pada tubuh. Terlebih lagi dengan manfaat minum air hangat yang akan didapatkan jika Moms rutin melakukannya.

Kebutuhan cairan Moms setiap hari pun harus terpenuhi, hal ini agar bisa terhindar dari risiko dehidrasi.

Dalam jurnal BMC Public Health, disebutkan beberapa gejala tubuh mengalami dehidrasi yang mudah dikenali adalah mulut/lidah kering, haus, sakit kepala, dan lesu. Jadi penting bagi kita untuk rutin minum air putih.

Nah, lalu apa saja yang menjadi manfaat minum air hangat? Cari tahu lebih lanjut berikut ini, Moms!

Baca Juga: Mengapa Kita Perlu Cukup Minum Air?

Manfaat Minum Air Hangat pada Tubuh

Mengonsumsi segelas air hangat terlihat sebagai kegiatan yang sederhana. Namun minum air hangat tidak sesederhana dalam menyiapkannya.

Berikut ini aneka khasiat dan manfaat minum air hangat yang mungkin tak pernah diduga.

1. Meredakan Gejala Pilek

manfaat minum air hangat-1

Foto: Orami Photo Stock

Dari kecil, orang tua biasa menyuruh Moms untuk minum air hangat saat terkena kondisi pilek. Tindakan ini ternyata memang bermanfaat.

Salah satu manfaat minum air hangat yang sudah termasyhur adalah meredakan gejala pilek. Misalnya, ketika hidung tersumbat dan sakit tenggorokan

Kebaikan tersebut muncul berkat uap air hangat. Uap ini akan membuat lendir lebih mudah bergerak, sehingga seseorang lebih gampang untuk mengeluarkannya.

2. Menenangkan Sistem Saraf Pusat

Manfaat minum air hangat juga dapat memengaruhi sistem saraf pusat serta membantu melumasi tubuh.

Jika sistem saraf pusat yang tenang dan sehat, dampaknya akan membuat rasa nyeri berkurang, dan menurunkan rasa panik.

Minum air hangat juga dapat meningkatkan aliran darah ke setiap jaringan tubuh. Hal ini memungkinkan otot untuk rileks.

Menurut dr. Luiza Petre, Assistant Clinical Professor of Cardiology di The Mount Sinai School of Medicine, secara tidak langsung akan membantu meredakan semua jenis rasa sakit, mulai dari nyeri sendi, kram, sampai menstruasi.

3. Meringankan Stres

manfaat minum air hangat-2

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minum air hangat tak hanya untuk kesehatan. Minum air hangat juga bermanfaat untuk kondisi psikologis.

Manfaat minum air hangat dapat menenangkan sistem saraf pusat, rasa cemas dan stres yang mendera pun dapat berkurang berkat berkat minum air hangat. Luar biasa, bukan?

Baca Juga: 4 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Anak

4. Melancarkan Aliran Darah

Air hangat memiliki fungsi sebagai vasodilator. Ini berarti, manfaat minum air hangat bisa membantu dalam melebarkan pembuluh darah.

Dengan begitu, aliran darah pun dapat menjadi lebih lancar. Aliran darah yang lancar dapat membuat otot rileks serta mengurangi nyeri. Efeknya sama seperti saat mandi menggunakan air hangat.

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

manfaat minum air hangat-3

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minum air hangat dengan rutin juga dirasakan oleh sistem pencernaan, dengan membantu usus berkontraksi. Kontraksi usus dapat mengeluarkan sisa-sisa pencernaan yang tak lagi dibutuhkan tubuh.

Saat mengalami kondisi sembelit pun, minum segelas air hangat dapat meringankan gejalanya.

6. Dapat Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Daripada mengocek kantong lebih dalam untuk membeli produk detoks yang belum dijamin kebenarannya, disarankan untuk rutin minum air hangat. Manfaat minum air hangat dapat mengeluarkan racun dari tubuh.

Menurut ahli kesehatan alami, minum air hangat dapat membuat berkeringat. Keringat bisa membawa racun ke luar tubuh dan membersihkan pori-pori kulit.

Baca Juga: Benarkah Minum Air Hangat Lebih Baik untuk Kesehatan daripada Air Dingin?

7. Diyakini Mampu Menurunkan Berat Badan

manfaat minum air hangat-4

Foto: Orami Photo Stock

Apa Moms sedang berusaha menurunkan berat badan? Cobalah untuk mulai rutin minum air hangat.

Manfaat minum air hangat lainnya adalah menurunkan berat badan. Air hangat yang masuk ke tubuh memancing penurunan suhu tubuh, yang kemudian membuat metabolisme tubuh menjadi lebih aktif.

Mengutip Reader's Digest, Cara Walsh, R.D, seorang ahli diet dari Medifast Weight Control Centers of California mengatakan, minum air hangat di pagi hari dengan lemon dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Hal ini akan membuat tubuh menjadi optimal dalam membakar kalori yang lebih banyak.

Moms bisa rutin mengonsumsi air hangat setiap bangun tidur atau di malam hari sebelum beristirahat. Walau begitu, pastikan suhu air yang minum tidak terlalu panas.

8. Mengatur Pergerakan Usus

Dikutip dari jurnal Food and Nutrition Sciences, menurut Ahli Gizi Klinis Stella Metsovas, minum air hangat di pagi hari dapat meningkatkan pengencangan usus. Minum air hangat juga akan membantu pencernaan dan mengatur pergerakan usus.

“Minum air hangat dengan rendaman lemon yang tinggi polifenol atau teh yang dapat mengurangi radikal bebas tubuh,” jelasnya.

9. Dapat Meringankan Sembelit

manfaat minum air hangat-mengurangi sembelit

Foto: Orami Photo Stock

Lebih lanjut, dr. Petre menjelaskan manfaat minum air hangat di pagi hari yaitu dapat meringankan sembelit.

Hal ini karena sembelit dapat terjadi karena kurangnya air di dalam tubuh sehingga tidak ada pergerakan usus. Minum air hangat dapat membantu meningkatkan temperatur dan merangsang gerakan peristaltik usus.

Baca Juga: Selain Minum Air Mineral, Ini Tips Agar Anak Tidak Dehidrasi

10. Meredakan Kondisi Sinus

Sinus merupakan kondisi yang mengganggu, wajar jika setiap orang mencari pengobatan rumahan untuk hidung tersumbat. Moms bisa minum air hangat untuk meredakan kondisi sinus.

Uji klinis dalam jurnal Chest, menunjukkan bahwa manfaat minum air hangat menguntungkan hidung tersumbat lebih cepat daripada minum air dingin karena suhu yang lebih tinggi mempercepat laju aliran lendir.

“Suhu cairan yang kita minum mungkin dapat membuat perbedaan dalam cara kita mengelola dan menangani gejala infeksi saluran pernapasan atas tertentu,” kata Dr. Okeke-Igbokwe.

11. Mendukung Kesehatan Gigi

manfaat minum air hangat-mendukung kesehatan gigi

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minum air hangat yang terakhir adalah mendukung kesehatan gigi. Gigi Moms mungkin berterima kasih karena telah beralih dari minum air dingin ke air hangat.

Menurut Sanda Moldovan, MS, DDS, air hangat lebih baik untuk gigi dan restorasi, serta lebih mudah diserap.

“Bahan pengisi berwarna putih tertentu berkontraksi sebagai respons terhadap air dingin, menyebabkan tambalan terlepas dari gigi,” jelas Moldova.

Sekali lagi, pastikan air hangat yang diminum tidak terlalu panas. Suhu ekstrem apa pun dapat merusak gigi, jadi cobalah minum air pada suhu kamar agar gigi Moms tetap sehat.

Itu dia Moms, ragam manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh. Selalu pastikan asupan cairan tubuh tercukupi setiap harinya, ya.

National Health Service mencatat bahwa kebutuhan air minum setiap orang memang berbeda-beda. Semakin banyak aktivitas fisik yang kita dilakukan, dan semakin panas cuacanya, maka Moms juga butuh cairan yang dibutuhkan tubuh.

Namun, rata-rata orang dewasa membutuhkan 6-8 gelas setiap hari.

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Sumber: sehatq.com

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari SehatQ

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Artikel Terkait