KEHAMILAN
11 September 2020

11 Minuman untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan, Yuk Coba!

Tetap konsumsi air putih ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Apa yang Moms makan dan minum selama kehamilan memiliki dampak besar terhadap bayi yang sedang tumbuh. Terkadang, minum lebih mudah daripada makan, terutama selama trimester pertama.

Tetapi penting untuk minum dengan 'benar' demi kesehatan dan perkembangan bayi.

Moms perlu mengetahui apa saja minuman untuk ibu hamil yang sehat dan disarankan. Karena tidak semua minuman sama dalam hal kehamilan. Beberapa lebih bergizi daripada yang lain.

Berikut adalah minuman sehat untuk ibu hamil yang perlu Moms konsumsi.

Minuman untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan

Dalam Journal of Pregnancy, disebutkan bahwa berat badan yang sehat dan perilaku gaya hidup sehat dianggap sebagai prasyarat penting untuk masa kehamilan yang sukses.

Untuk itu, Moms bisa mengonsumsi minuman untuk ibu hamil yang aman dan menyehatkan Moms dan janin dalam kandungan berikut ini.

1. Air Putih Menjadi Pilihan Utama

1. Air Putih

Foto: blog.clatterans.com

Mari kita mulai dengan pilihan yang paling jelas. Air putih adalah minuman untuk ibu hamil yang paling penting dari minuman lainnya. Bahkan saat Moms tidak sedang hamil.

Selama kehamilan, kebutuhan akan air meningkat. H2O sangat penting untuk kesehatan sel darah Moms. Konsumsi air yang cukup bisa mencegah mencegah dehidrasi, yang dapat menyebabkan persalinan prematur pada beberapa wanita.

"Pilihan terbaik untuk minum bagi wanita hamil adalah air. Cairan ketuban perlu diisi ulang dan air membantu bayi dengan banyak cara," kata Natalie B. Allen, seorang ahli diet dan instruktur klinis dietetika terdaftar di Missouri State University.

Ingatlah untuk selalu minum air putih yang sudah matang ya, Moms.

2. Air Kelapa Sebagai Isotonik Alami

2. Air Kelapa

Foto: momjunction.com

Minuman untuk ibu hamil yang sehat lainnya adalah air kelapa. Ini adalah cara sehat lain untuk mencegah dehidrasi.

Air kelapa adalah minuman isotonik alami. Selain bagus untuk menambah cairan tubuh, air kepala juga baik untuk kesehatan kulit. Ini juga bermanfaat untuk mengisi kembali garam alami dalam tubuh.

Air kelapa mengandung elektrolit yang bisa membantu mengatasi kram kaki saat Moms hamil. Bahkan untuk wanita hamil yang tidak mengalami kram kaki, minuman olahraga yang diperkaya dengan elektrolit adalah pilihan yang baik.

Complete Women's Care adalah sebuah tim yang terdiri dari OBGYN bersertifikat dan praktisi perawat bersertifikat. Mereka mengklaim bahwa minuman elektrolit seperti air kelapa dan minuman olahraga, adalah salah satu pilihan terbaik untuk meningkatkan asupan cairan.

Jadi, lain kali Moms merasa haus, minumlah air kelapa segar.

Baca Juga: Air Kelapa Bermanfaat Untuk Ibu Hamil, Benarkah?

3. Jus Jeruk atau Limun untuk Asupan Vitamin C

3. Limun

Foto: shutterstock.com

Siapa yang tidak suka segelas limun atau jus jeruk? Cara yang bagus untuk tetap menghidrasi tubuh dengan minum segelas limun juga menyediakan vitamin C sebagai minuman untuk ibu hamil.

Jika morning sickness membuat Moms kelelahan, segelas limun akan menjadi pilihan yang baik untuk Moms. Jus jeruk telah menjadi pilihan yang bagus untuk wanita hamil.

"Pastikan untuk memilih jus jeruk atau limun yang telah diperkaya dengan kalsium karena ini penting untuk kesehatan tulang," jelas ahli diet terdaftar Natalie B. Allen mengutip The List.

Selain itu, minuman untuk ibu hamil yaitu jus jeruk juga mengandung potasium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, kondisi yang berpotensi berbahaya pada wanita hamil.

4. Susu Rendah Lemak yang Bernutrisi

4. Susu

Foto: momjunction.com

Segelas susu sehari dapat membantu Moms tetap sehat dan bugar. Ini berlaku tidak hanya selama kehamilan tetapi juga sepanjang hidup. Konsumsi susu sebagai minuman untuk ibu hamil yang menyehatkan.

Departemen Pertanian Amerika Serikat menyarankan wanita hamil untuk mengonsumsi tiga cangkir produk susu per hari, tapi itu tidak selalu berarti susu.

Ahli diet terdaftar Julie Redfern mengungkapkan dalam sebuah artikel di Baby Center bahwa minum susu tanpa lemak atau rendah lemak dapat membantu Moms menghindari lemak jenuh yang tidak diinginkan.

"Bagi banyak wanita, kemampuan untuk mencerna laktosa meningkat selama kehamilan, terutama di akhir kehamilan," ungkap ahli diet terdaftar dan berlisensi Katherine Zeratsky mengutip Mayo Clinic.

Ini berarti Moms mungkin dapat minum susu dan makan produk susu lainnya tanpa rasa tidak nyaman. Tetapi, perhatikan bila Moms memiliki intoleransi laktosa, ya.

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi, Ini Dia 5 Buah untuk Ibu Hamil agar Selalu Sehat

5. Jus Buah Segar untuk Kesehatan

5. Jus Buah

Foto: twinklethomasmagazine.com

Kita semua tahu bahwa buah-buahan baik untuk kesehatan kita. Tapi apakah jus buah sama baiknya?

Ya, jelas buah utuh adalah pilihan yang lebih baik sebagai minuman untuk ibu hamil. Tetapi jus termasuk minuman sehat untuk ibu hamil. Tapi ingat ya Moms, pilihlah jus buah segar, bukan yang dikemas.

6. Jus Sayuran Buatan Sendiri untuk Asupan Vitamin

6. Jus Sayuran

Foto: thebloommethod.com

Tidak terlalu suka sayuran? Moms tidak sendiri. Tetapi Moms membutuhkan sayuran untuk diet kehamilan seimbang. Cara terbaik untuk memasukkan sayuran dalam asupan harian adalah jus sayuran!

Ada ratusan resep jus sayuran yang bisa Moms coba sebagai minuman untuk ibu hamil yang menyehatkan. Mulailah berkreasi dan buat jus sayuran yang sehat dan menyegarkan.

Baca Juga: Ini 8 Jenis Teh Herbal untuk Meredakan Flu dan Batuk, Coba Sekarang!

7. Teh Herbal yang Mengandung Antioksidan

7. Es Teh

Foto: parenting.firstcry.com

Minum teh herbal seperti teh jahe dan peppermint dapat membantu mengurangi gejala mual di pagi hari. Teh herbal bisa menjadi minuman untuk ibu hamil yang menyehatkan.

"Teh herbal dapat membantu menghidrasi tubuh saat wanita tidak ingin minum air putih," kata Amelia Hirota, ahli herbal dan akupunktur yang berbasis di Rhode Island.

Menurut American Pregnancy Association (APA), teh lemon balm terbukti memiliki efek menenangkan pada peminum. Moms juga bisa membuat teh rooibos yang penuh antioksidan dan benar-benar bebas kafein, atau teh daun raspberry merah yang bahkan bisa membantu Moms saat tiba waktunya mengejan.

“Banyak bidan percaya bahwa minum teh daun raspberry merah selama kehamilan dapat memperbaiki otot rahim, yang dapat membantu membuat kontraksi lebih efisien,” jelas Amelia.

Namun, Moms sebaiknya jangan membuat sendiri teh herbal untuk dikonsumsi, ya.

Menurut APA, teh herbal bisa jadi tidak aman jika tidak dibuat secara komersial, dibuat dengan jumlah rempah yang berlebihan (lebih besar dari yang ditemukan pada makanan atau minuman biasa), atau dibuat dengan rempah yang diketahui racun.

Untuk minuman es teh biasa, Amos Grünebaum, dokter kandungan dan ginekolog yang berspesialisasi dalam kehamilan berisiko tinggi mengungkapkan bahwa gula sebenarnya cukup aman selama kehamilan.

"Gula dapat dikonsumsi selama kehamilan dalam jumlah sedang jika Anda tidak memiliki Tipe I, Tipe II atau diabetes gestasional," ungkapnya dalam sebuah artikel untuk BabyMed.

8. Kaldu Tulang Sebagai Sumber Mineral

minuman untuk ibu hamil-kaldu tulang

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun cukup asing, tetapi kaldu tulang bisa menjadi minuman untuk ibu hamil yang direkomendasikan, terutama jika Moms berurusan dengan morning sickness.

American Pregnancy Association merekomendasikan diet makanan hambar, termasuk kaldu, untuk meredakan mual.

"Kaldu adalah cara yang baik untuk menjaga asupan nutrisi Anda saat Anda merasa tidak bisa makan," jelas koki holistik Minna Hughes mengutip Well + Good.

Untuk jenis kaldunya, Minna menyarankan kaldu yang terbuat dari tulang sapi yang diberi makan rumput. Menurutnya, ini adalah cara mudah untuk mengonsumsi mineral di sumsum tulang.

Baca Juga: 5 Perbedaan Morning Sickness dan Hiperemesis Gravidarum, Serupa tapi Tak Sama

9. Minuman Olahraga dengan Kandungan Elektrolit

minuman untuk ibu hamil-elektrolit

Foto: Orami Photo Stock

Mungkin tampak aneh melihat minuman olahraga muncul sebagai minuman untuk ibu hamil. Meski demikian, minuman olahraga dengan elektrolit tetap aman dikonsumsi selama kehamilan.

"Beberapa ibu mungkin mengalami kram kaki selama kehamilan," kata Natalie B. Allen, ahli diet terdaftar dan instruktur klinis dietetika di Missouri State University.

"Jika kram kaki ini terjadi, cobalah minuman olahraga, karena elektrolit dan cairannya akan membantu meredakan kram," lanjutnya.

Michigan Medicine menjelaskan bahwa elektrolit adalah kombinasi mineral (termasuk magnesium, kalium, kalsium, dan natrium) yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, sehingga bisa menjadi minuman untuk ibu hamil yang bisa Moms konsumsi.

Bahkan bagi wanita hamil yang tidak mengalami kram kaki, minuman olahraga yang diperkaya dengan elektrolit adalah pilihan yang baik.

10. Smoothies Buah yang Menyegarkan

minuman untuk ibu hamil-smoothies buah

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms merasa bosan dengan jus buah, coba buat smoothies buah dengan kandungan yang lebih padat dan juga menyegarkan. Ini bisa menjadi minuman untuk ibu hamil, terutama jika Moms berada di trimester ketiga.

Melansir dari Parents, dilaporkan bahwa 70 persen wanita yang mereka survei mengaku membuat pilihan diet yang lebih sehat ketika mereka hamil. Namun, hanya 37 persen yang memenuhi rekomendasi lima hingga sembilan porsi buah dan sayuran per hari.

Beberapa dari ibu hamil ini bukan penggemar berat makanan sehat sebelum hamil, sementara yang lain merasa bahwa rasanya telah berubah selama kehamilan.

Smoothie, bagaimanapun, adalah cara yang mudah dan enak untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran.

"Ada sesuatu tentang kombinasi cairan dan dingin. Wanita mentolerir smoothie lebih baik daripada, katakanlah, bayam omelet," jelas ahli gizi ahli diet terdaftar Tamara Melton.

Jik Moms ingin mengonsumsi smoothies sebagai minuman untuk ibu hamil, pastikan untuk menyeimbangkan smoothie dengan sayuran hijau dan bukan hanya buah saja ya, Moms.

Baca Juga: Yuk Minum 7 Teh Bermanfaat Untuk Kesehatan!

11. Teh Jahe untuk Menenangkan Perut dan Redakan Mual

minuman untuk ibu hamil-teh jahe

Foto: Orami Photo Stock

Teh jahe merupakan minuman untuk ibu hamil terakhir yang bisa Moms konsumsi. Teh jahe panas atau dingin adalah pilihan lezat yang aman diminum selama kehamilan, dan bahkan mungkin memiliki beberapa manfaat tambahan.

Mengutip What to Expect, jahe dapat membantu menenangkan perut yang tidak stabil dan meredakan mual terkait kehamilan. Jika Moms tidak bisa minum teh tanpa sedikit rasa manis, tambahkan satu sendok teh gula atau lebih tidak masalah.

Karena sulit untuk mengetahui dengan pasti apa yang ada dalam teh herbal dalam kemasan, sebagai opsi aman, Moms dapat membuat teh jahe sendiri dengan menyeduh akar jahe yang baru diiris ke dalam air mendidih.

Itulah berbagai minuman sehat untuk ibu hamil yang bisa Moms konsumsi. Selain enak, juga menyehatkan Moms dan janin di perut Moms!

Artikel Terkait