NEWBORN
27 September 2019

7 Nama-nama Bayi Laki-laki Lengkap Bernuansa Kristiani

Berikut ini nama bayi laki-laki bernuansa Kristiani yang bisa Moms pertimbangkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, memiliki seorang anak adalah salah satu anugerah terindah yang Tuhan berikan.

Apakah saat ini Moms dan Dads sedang menantikan sosok tersebut untuk lahir ke dunia? Kalau begitu, sebagai persiapan, yuk coba siapkan dulu nama Si Kecil.

Sebuah nama jadi hal paling penting diberikan untuk anak. Sebab, nama tersebut akan jadi identitasnya seumur hidup. Sebuah nama pun haruslah mengandung harapan orang tua terhadap anaknya.

Bila Moms dan Dads adalah penganut Kristiani, mungkin Moms mempertimbangkan untuk memberikan nama yang bernuansa Kristiani.

“Anda (orang tua) harus merasa nyaman dengan nama tersebut, sehingga anak pun merasa demikian. Jika Anda ragu akan nama itu, anak Anda juga akan ragu. Pastikan nama mereka bebas dari konotasi negatif, baik melalui asosiasi kata, tautan negatif ke individu, atau saja,” ujar Marc Hauser, pendiri dan direktur Erfolgswelle, perusahaan Swiss yang membantu klien mencari nama yang sempurna untuk bayi mereka.

Nah, berikut ini 7 nama bayi laki-laki lengkap bernuansa Kristiani dengan arti bagus dan unik yang bisa Moms pertimbangkan.

1. Jacobus Adam Timothy

Ragam Pilihan Nama Anak Laki-laki Islam dengan Awalan Huruf A nama bayi.jpg3.jpg

Jacobus diambil dari nama Jacob, adalah sosok yang muncul dalam Alkitab di Kejadian 25:26. Jacob merupakan saudara kembar Esau yang selalu berkelahi dengan kembarannya sejak di dalam rahim.

Nama Jacob bisa berarti “ia yang menggantikan” atau “ia yang mengikuti”. Sedangkan nama Adam diambil dari manusia pertama di bumi yang bisa juga berarti bumi merah dan Timothy punya arti menghormati Tuhan.

Gabungan ketiga nama bayi laki-laki ini memiliki arti dan harapan pada Si Kecil agar ia selalu jadi sosok pemberani, bijaksana, dan selalu menghormati Tuhan.

Apabila Moms baru memiliki anak pertama, nama ini cocok diberikan karena terdapat nama Adam, yakni manusia pertama ciptaan Tuhan.

Baca Juga: 10 Nama Anak Laki-laki Terinspirasi dari Alam

2. Nathanael Oshua Adriel

nama Bayi Laki-laki Lengkap Bernuansa Kristiani1.jpg

Nathanael muncul dalam Kitab Yohanes 1:45 dengan arti karunia Tuhan. Sedangkan Oshua adalah varian dari nama Joshua yang memiliki arti Tuhan adalah keselamatan.

Nama Joshua belakangan ini amat populer digunakan di kalangan umat Kristiani, maka agar nama Si Kecil bisa sedikit berbeda, Moms bisa memvariasikannya jadi Oshua ata. Lalu, nama Adriel sendiri bermakna sebagai penolong sesama.

Ketiga nama bayi laki-laki ini bila digabungkan memiliki arti dan harapan untuk Si Kecil agar ia bisa menjadi sosok yang setia dan selalu jadi pengikut Tuhan-nya, pembawa berkat bagi sesama, dan sebagai rasa terima kasih kedua orang tua kepada Tuhan. Sangat indah ya, Moms?

3. Zachariah Simon Lael

nama Bayi Laki-laki Lengkap Bernuansa Kristiani3.jpg

Nama Zachariah memiliki arti kenangan akan Tuhan dan muncul pada Kitab 2 Raja-raja 14:29.

Lalu, nama Simon sendiri dicatat dalam Alkitab merupakan salah satu rasul terkemuka dan orang yang ikut memikul salib Yesus. Dalam bahasa Ibrani, Simon berarti “ia yang mendengar.” Sedangkan nama Lael memiliki arti berbakti pada Tuhan.

Dari gabungan ketiga nama ini, orang tua mengungkapkan rasa bersyukurnya akan karunia dari Tuhan dan berharap anaknya bisa jadi pengikut Tuhan yang setia bahkan sampai akhir hayatnya.

Nama bayi laki-laki Kristiani ini pun memberi harapan mudah-mudahan Si Kecil menjadi sosok yang selalu taat pada Tuhan.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Membacakan Buku untuk Perkembangan Bayi

4. Benjamin Joseph Obadiah

nama Bayi Laki-laki Lengkap Bernuansa Kristiani4.jpg

Dalam Perjanjian Lama, Benjamin adalah nama putra bungsu Jacob. Benjamin merupakan salah satu nama anak laki-laki Kristen paling populer.

Benjamin sendiri memiliki arti “anak sang tangan kanan.” Lalu, Joseph adalah lelaki yang dipilih Tuhan untuk menemani Maria dalam melahirkan bayi Yesus. Sedangkan Obadiah berarti hamba Tuhan.

Apabila Moms dan Dads punya harapan kalau Si Kecil bisa jadi pengikut dan pelayan Tuhan paling setia, nama ini bisa dijadikan rekomendasi.

Ketiga nama di atas diambil dari sosok-sosok bersejarah yang dikenal dengan kesetiaannya terhadap Tuhan.

Jadi, nama bayi laki-laki ini pun bisa memiliki arti bahwa Moms mau Si Kecil jadi pengikut Tuhan yang setia, taat pada agama, dan berani melayani sesama.

5. Cornelius Ezekiel Moses

nama bayi kristiani 7.jpg

Dalam Kitab Perjanjian Baru, Cornelius adalah seorang perwira Romawi yang merupakan orang non-Yahudi pertama yang bertobat.

Nama ini memiliki arti sinar matahari dan muncul dalam Kitab Kisah Rasul-rasul 10:3. Sedangkan nama Ezekiel berarti Tuhan itu kuat atau manusia yang dikuatkan Tuhan.

Moses sendiri merupakan versi bahasa Inggris dari nama Musa, yakni nabi yang membebaskan umat Israel dari bangsa Mesir dan orang yang menerima 10 perintah Tuhan.

Ketiga gabungan nama ini punya arti dan harapan untuk Si Kecil agar ia menjadi sosok yang pemberani, setia dan takut pada Tuhan, menjadi penolong bagi sesamanya, dan jadi orang yang rela berkorban. Sungguh mulia ya, Moms?

6. Abraham Sergius Haziel

nama Bayi Laki-laki Lengkap Bernuansa Kristiani2.jpg

Nama Abraham dikenal sebagai sosok yang sangat setia pada Tuhan. Nama bayi laki-laki ini memiliki arti sosok yang mulia.

Salah satu tokoh yang paling terkenal dengan nama ini adalah Abraham Lincoln. Sedangkan Sergius memiliki arti bersedia melayani dan Haziel memiliki arti Tuhan melihat.

Gabungan ketiga nama ini memiliki arti dan harapan untuk Si Kecil agar ia jadi sosok yang mulia dan setia pada Tuhan seperti Abraham, bersedia melayani sesama dan jadi penolong bagi yang membutuhkan, serta jadi sosok yang selalu dalam lindungan Tuhan.

Baca Juga: 7 Nama Bayi Perempuan Lengkap Bernuansa Kristiani

7. Abishua Immanuel Titus

nama Bayi Laki-laki Lengkap Bernuansa Kristiani6.jpg

Mungkin Moms jarang mendengar nama Abishua. Nama ini muncul dalam Kitab 1 Chronicles 6:4 atau Kitab Tawarikh.

Nama ini memiliki arti “Bapak keselamatan”. Sedangkan Immanuel merupakan varian dari Emmanuel yang berarti Tuhan besertamu. Lalu, nama Titus sendiri dalam bahasa Latin memiliki arti menyenangkan.

Nama gabungan ini memiliki arti dan harapan untuk Si Kecil agar jadi pribadi yang bisa menolong sesama tanpa pamrih, jadi sumber kebahagiaan bagi orang lain, dan selalu dalam penyertaan Tuhan. Moms dan Dads berharap bahwa Si Kecil bisa selalu dalam lindungan Tuhan kemana pun ia pergi.

Moms, itulah nama-nama bayi laki-laki lengkap bernuansa Kristiani yang bisa dijadikan referensi. Moms bisa juga mempertimbangkan nama dari para leluhur, tentunya yang masih bernuansa Kristiani, agar nama dalam keluarga bisa dipertahankan.

(SR/ERW)

Artikel Terkait