KESEHATAN
12 November 2019

7 Penyakit yang Ditandai Kulit Gatal, Salah Satunya Sakit Ginjal!

Bukan hanya tidak nyaman, tapi juga berbahaya.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Ternyata ada sejumlah penyakit kronis yang menimbulkan gejala kulit gatal. Kulit gatal adalah suatu kondisi yang membuat tidak nyaman tapi seringkali diabaikan. Terkadang kondisi ini bisa mengiritasi kulit karena terlalu sering menggaruk.

Kondisi kulit yang kering bisa menyebabkan kulit gatal, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Tetapi, penyebab kulit gatal bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung kondisi kulitnya.

Pada beberapa orang mungkin gatal pada kulit akan mereda hanya dengan menggunakan pelembab atau perawatan kulit gatal.

Namun, kulit gatal yang tak kunjung sembuh atau sering terjadi di area tertentu bisa jadi tanda suatu penyakit kronis. Berikut ini penyakit kronis yang ditandai oleh kulit gatal.

1. Penyakit Ginjal

7 Penyakit yang Ditandai Kulit Gatal, Salah Satunya Sakit Ginjal! 01.jpg

Foto: shutterstock.com

Orang dengan penyakit ginjal stadium akhir atau gagal ginjal kronis akan merasakan kulit gatal di seluruh tubuh.

Menurut Anthony M. Rossi, MD, dokter kulit dan ahli bedah Mohs di Memorial Sloan Kettering Cancer Center dan Rumah Sakit Presbyterian New York, gatal pada penderita ginjal kronis sangat kuat terutama di tengah malam.

Sejauh ini belum ada ilmu pengetahuan yang mengungkapkan keterkaitan antara penyakit ginjal kronis dengan kulit gatal. Namun, dokter menduga kulit gatal pada penderita ginjal kronis ada hubungannya dengan penumpukan racun dalam tubuh. Karena ginjal tidak dapat membuang limbah dari aliran darah.

Baca Juga: Ini Dia 3 Kelompok Makanan Penyebab Batu Ginjal yang Tanpa Sadar Sering Kita Konsumsi

2. Penyakit Liver

7 Penyakit yang Ditandai Kulit Gatal, Salah Satunya Sakit Ginjal! 02.jpg

Foto: shutterstock.com

Penyakit liver juga ditandai oleh kulit gatal. Ketika rasa gatal terus-menerus muncul pada tahap akhir sakit ginjal, kondisi itu bisa menjadi gejala awal penyakit liver.

Menurut Kathleen Cook Suozzi, MD, asisten profesor di departemen dermatologi di Yale School of Medicine, jika fungsi liver untuk mendetoksifikasi tubuh tidak bekerja baik. Kondisi tersebut bisa menyebabkan asam empedu kembali ke liver.

3. Dermatographia

7 Penyakit yang Ditandai Kulit Gatal, Salah Satunya Sakit Ginjal! 03.jpg

Foto: shutterstock.com

Ketika orang menggaruk kulitnya yang terasa gatal, kulit akan terlihat lebih menipis dan terkadang terluka. Pada tahap yang lebih serius, kondisi ini disebut dermatographia.

Dermatographia adalah gatal kronis, akibat kulit sensitif yang terus-menerus digaruk terlalu banyak melepaskan histamin. Menurut Cameron Rokhsar, MD, profesor dermatologi klinis di Rumah Sakit Mount Sinai, kondisi ini juga bisa dipicu oleh stres, infeksi, alergen, atau obat-obatan.

4. Penyakit Tulang Belakang

7 Penyakit yang Ditandai Kulit Gatal, Salah Satunya Sakit Ginjal! 04.jpg

Foto: shutterstock.com

Kulit gatal kronis di bagian punggung atas (tanpa ruam) bisa jadi ciri gatal neuropatik yang termasuk gejala kerusakan saraf.

Penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit tulang belakang, baik karena usia atau cedera, dapat ditandai oleh sensasi kulit gatal.

Gatal neuropatik dapat terjadi pada satu sisi tubuh atau keduanya. Penderita biasanya akan merasa kulit gatal seperti dihinggapi serangga.

Baca Juga: Begini 4 Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang Saat Hamil

5. Limfoma

7 Penyakit yang Ditandai Kulit Gatal, Salah Satunya Sakit Ginjal! 05.jpg

Foto: shutterstock.com

Kulit gatal juga bisa menjadi gejala awal kelainan darah, khususnya limfoma. Dikutip dari situs Lymphoma Action, sekitar 30 persen limfoma hodgkin dan non-hodgkin dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit.

Kulit gatal akibat limfoma biasanya tidak disertai ruam. Lalu, rasa gatal juga akan hilang jika penderita sudah menjalani kemoterapi atau radiasi lainnya.

6. Tiroid

7 Penyakit yang Ditandai Kulit Gatal, Salah Satunya Sakit Ginjal! 06.jpg

Foto: shutterstock.com

Masalah tiroid yang terlalu aktif dan kurang aktif juga bisa menyebabkan sensasi aneh pada kulit, termasuk kulit gatal. Sekarang ini belum diketahui hubungan masalah tiroid dengan kulit gatal.

Namun, Dr Rohskar mengatakan bahwa perubahan kelenjar keringat dapat menyebabkan kekeringan pada kulit yang akhirnya menimbulkan rasa gatal. Selain itu, kulit kering dan gatal lebih sering terjadi pada pasien hipotiroid.

Karena jaringan kulitnya mengandung reseptor hormon tiroid yang melihat berkurangnya aktivitas seluler dan tidak adanya hormon tiroid.

Baca Juga: Apa Beda Kelenjar Getah Bening Bengkak dan Kelenjar Tiroid yang Bengkak?

7. Penyakit Paget

7 Penyakit yang Ditandai Kulit Gatal, Salah Satunya Sakit Ginjal! 07.jpg

Foto: shutterstock.com

Penyakit Paget merupakan bentuk kanker payudara langka akibat sel-sel kanker berkumpul di sekitar puting. Menurut National Cancer Institute, penyakit Paget menyumbang kurang dari 5 persen dari semua kasus kanker payudara di Amerika Serikat.

Penyakit Paget ini juga ditandai oleh kulit gatal di sekitar puting. Dikutip dari jurnal Frontiers in Surgery, kulit juga bisa bersisik dan merah seperti eksim.

Nah, itulah 7 penyakit kronis yang ditandai oleh kulit gatal. Namun, jangan langsung jadi paranoid kalau kulit Moms gatal, ya. Jika curiga, segera periksakan ke dokter, Moms.

(SA/DIN)

Artikel Terkait