BALITA DAN ANAK
4 September 2019

7 Permainan Anak untuk Pesta Ulang Tahun Si Kecil

Permainan anak bisa menambah keseruan di pesta ulang tahun Si Kecil, Moms
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, saat Si Kecil berulang tahun, perasaan haru dan bahagia pasti menyelimuti. Tidak terasa, Si Kecil akhirnya beranjak dewasa dan sudah mandiri.

Untuk merayakan momen berbahagia ini, tentu saja Moms bisa mengadakan pesta ulang tahun untuk Si Kecil. Pesta ulang tahun ini bisa membuat ia gembira karena bisa berkumpul dan bermain dengan keluarga dan teman dekatnya.

Untuk menumbuhkan dan mengembangkan koneksi yang sehat, otak kita membutuhkan banyak hal yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, atau BDNF (brain-derived neurotrophic).

Maka, mengutip dari penelitian yang dilakukan oleh Department of Psychology, J.P. Scott Center for Neuroscience, Mind and Behavior, Bowling Green State University, melakukan percobaan pada tikus-tikus kecil yang bergulat dan jatuh bersama.

Setengah jam permainan semacam ini benar-benar mengubah ekspresi gen mereka dengan cara yang memproduksi lebih banyak BDNF.

Nah, supaya pesta ulang tahun nanti semakin seru dan bisa menyehatkan, coba adakan game atau permainan anak-anak di bawah ini yuk, Moms.

Baca Juga: Kenali Gejala Hepatitis B Pada Anak dan Penanganannya

1. Prize Walk

7 Permainan Anak untuk Pesta Ulang Tahun Si Kecil 1.jpg

Permainan anak yang pertama adalah prize walk. Cara bermain prize walk adalah dengan menulis angka 1-30 pada kotak besar dan letakkan di ubin dalam sebuah lingkaran. Kemudian, tulis ulang angka 1-30 pada kertas kecil dan gulung. Masukkan ke sebuah kotak kecil untuk kemudian dikocok.

Mainkan musik dan mintalah anak-anak berjalan mengelilingi lingkaran. Saat musik berhenti, anak-anak harus berdiri di nomor yang sudah disediakan di ubin.

Apabila nomor mereka diambil dari kotak kecil tadi, maka mereka berhak mendapatkan hadiah. Lakukan permainan ini untuk beberapa kali putaran. Prize walk cocok dimainkan untuk anak usia 2-4 tahun.

2. Balon Meledak

7 Permainan Anak untuk Pesta Ulang Tahun Si Kecil 2.jpg

Apabila Moms sedang mencari permainan anak untuk usia di atas 4 tahun, permainan ini bisa jadi pilihan yang tepat. Moms bisa menulis beberapa tantangan pada kertas kecil, kemudian masukkan ke dalam balon sebelum ditiup.

Kemudian, satu per satu, anak-anak harus menepuk balon di udara selama musik dimainkan. Ketika musik berhenti, anak yang paling terakhir menepuk balon harus memecahkan balon dan melakukan tantangan di dalamnya.

Moms bisa menulis tantangan seperti menari, bernyanyi, menjilat siku, dan lain-lain.

Baca Juga: Ini Tanda DBD (Demam Berdarah Dengue) yang Bisa Terjadi pada Anak

3. Lomba Kapal Kertas

7 Permainan Anak untuk Pesta Ulang Tahun Si Kecil 3.jpg

Permainan anak yang satu ini juga cukup seru, lho, Moms. Moms bisa buatkan paper boats atau kapal kertas, kemudian berikan pada masing-masing anak beserta satu sedotan. Sediakan air dalam bak plastik, kemudian letakkan kapal kertas tersebut.

Peserta lomba harus menggunakan sedotan untuk meniupkan udara agar kapal kertas bisa bergeser. Pemenangnya adalah ia yang bisa memindahkan kapal kertas sampai ke sisi lain bak plastik.

4. Kursi Musik

7 Permainan Anak untuk Pesta Ulang Tahun Si Kecil 4.jpg

Permainan anak ini cukup populer. Permainan kursi musik bisa dimainkan oleh anak dari segala usia, bahkan orang tua. Moms bisa tempatkan kursi menghadap luar dalam bentuk lingkaran. Nyalakan musik, kemudian minta anak-anak untuk berjoget mengelilingi lingkaran.

Ketika musik berhentik, tiap anak harus mendapatkan tempat untuk diduduki. Anak yang tidak mendapat kursi harus keluar dari permainan. Lanjutkan permainan hingga hanya tersisa satu anak dan ialah pemenangnya. Moms bisa menyediakan 9 kursi untuk 10 orang peserta.

5. Pass The Bag

7 Permainan Anak untuk Pesta Ulang Tahun Si Kecil 5.jpg

Moms bisa memanfaatkan kantong sampah besar untuk permainan ini. Isi kantong plastik tersebut dengan berbagai pakaian orang dewasa seperti celemek, sepatu, syal, topi, kaos kaki, kemeja, dasi, rok, dan lain-lain.

Untuk bermain, minta para peserta membentuk lingkaran dan oper kantong sambil memutar musik. Ketika musik berhenti, siapapun yang memegang kantong tersebut harus mengambil sesuatu dari dalam tanpa melihatnya dan langsung mengenakannya.

Peserta harus mengambil dan mengenakan barang pertama yang disentuh tangannya. Lanjutkan sampai kantongnya kosong dan semua anak mengenakan pakaian konyol. Pasti hasilnya lucu sekali kalau melakukan permainan anak ini, Moms!

Baca Juga: 5 Langkah Mengatasi Asam Lambung Pada Anak

6. Fashion Show

7 Permainan Anak untuk Pesta Ulang Tahun Si Kecil 7.jpg

Moms bisa membentuk beberapa grup yang terdiri dari 3-4 anak. Kemudian, berikan masing-masing grup gulungan pita kertas dan selotip. Beritahu mereka kalau mereka punya waktu 20 menit untuk membuat pakaian pada salah satu anggota grup. Ketika waktu habis, nyalakan musik dan biarkan mereka melakukan fashion show.

Minta setiap grup untuk menjelaskan nama kreasi mereka (apakah baju mumi, baju toga, atau baju pesta). Berikan hadiah bagi grup yang membuat kreasi paling konyol dan kreatif. Seru sekali kan permainan anak yang satu ini?

7. Berkebalikan

7 Permainan Anak untuk Pesta Ulang Tahun Si Kecil 6.jpg

Ini merupakan salah satu permainan anak paling mudah di pesta ulang tahun, karena tidak membutuhkan properti apapun. Tetapi, seiring berjalannya waktu, permainan akan semakin rumit.

Untuk bermain, instruksikan peserta untuk melakukan sesuatu, tetapi mereka harus melakukan hal berkebalikan jika ingin tetap mengikuti permainan. Misalnya, jika Moms bilang angkat tangan, mereka harus turunkan tangan. Jika Moms bilang lompat, mereka harus berjongkok.

Peserta yang salah bisa dikeluarkan dari permainan dan pemenang jatuh pada ia yang bertahan paling lama.

Nah, gimana Moms dengan pilihan permainan anak di atas? Semoga permainan di atas bisa menambah kemeriahan pesta ulang tahun Si Kecil, ya.

(SR/ERN)

Artikel Terkait