KESEHATAN
17 Januari 2020

7 Gaya Hidup untuk Menurunkan Kolesterol, Yuk Lakukan Perubahan!

Selain dengan obat, gaya hidup yang tepat bisa bantu mengendalikan kadar kolesterol.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Kapan terakhir kali Moms memeriksa kadar kolesterol? Kalau baru-baru ini Moms cek kolesterol dan ternyata hasilnya cukup tinggi, jangan panik dulu.

Kolesterol tinggi memang bisa meningkatkan risiko penyakit seperti serangan jantung atau stroke. Namun, ada kabar baiknya. Dengan gaya hidup yang tepat, Moms bisa menurunkan kolesterol dan membantu kerja obat penurun kolesterol yang mungkin diresepkan oleh dokter.

Gaya Hidup untuk Menurunkan Kolesterol

Cara menurunkan kolesterol dengan perubahan gaya hidup ini juga sebaiknya diterapkan meskipun kadar kolesterol Moms masih tergolong normal. Ini supaya Moms bisa mencegah naiknya kolesterol sekaligus menjauhkan diri dari berbagai penyakit kronis.

Bagaimana cara mengubah gaya hidup untuk menurunkan kolesterol? Yuk cari tahu di bawah ini Moms!

Baca Juga: Moms, Pahami Dampak Hepatitis B Pada Ibu Hamil

1. Jaga Pola Makan Sehat

makanan sehat

Jangan salah, Moms, kolesterol bisa naik akibat pola makan yang sembarangan. Bila Moms suka jajan makanan yang berlemak, gorengan, atau makanan kemasan siap saji, sebaiknya pantau terus kadar kolesterol Moms.

Untuk menurunkan kolesterol, Moms harus mengubah gaya hidup satu ini. Karena itu, penting untuk menjaga pola makan sehat dengan prinsip-prinsip berikut ini:

  • Hindari lemak trans, misalnya yang ada di mentega atau produk instan.
  • Tingkatkan asupan serat pangan dari sayur, buah, gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Moms juga bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih kaya serat.
  • Kurangi makan gorengan. Moms bisa memasak lauk dengan cara dikukus atau dipanggang sebagai variasi lauk yang digoreng.
  • Pilih makanan yang tinggi asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Asam lemak omega-3 bisa didapatkan dari ikan salmon atau telur ayam yang diperkaya omega-3.

2. Kurangi Lemak Jenuh

makanan tinggi lemak jenuh

Gaya hidup untuk menurunkan kolesterol selanjutnya adalah mengurangi lemak jenuh. Lemak jenuh banyak ditemukan dalam produk olahan susu, daging merah, makanan cepat saji, kue-kue dan camilan manis, serta gorengan.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi lemak jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol total.

Maka, kurangi makanan dan minuman yang tinggi lemak jenuh. Sebaliknya, tambah asupan lemak tak jenuh tunggal yang justru dapat mengendalikan hingga menurunkan kolesterol.

Lemak tak jenuh tunggal bisa Moms dapatkan dari buah zaitun, minyak zaitun, alpukat, minyak kanola, dan kacang-kacangan seperti almond dan mede.

3. Olahraga Rutin

Berapa Lama Durasi Olahraga Ideal yang Dapat Kita Ikuti 01.jpg

Selain membuat badan lebih bugar dan sehat, olahraga rutin juga merupakan gaya hidup yang dapat menurunkan kolesterol secara efektif. Untuk menurunkan kolesterol dengan olahraga, usahakan untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari sebanyak lima kali seminggu.

Namun, konsultasikan dulu ke dokter soal pilihan olahraga dan durasinya kalau Moms punya kondisi kesehatan tertentu atau sedang hamil.

Olahraga yang bisa Moms coba untuk menurunkan kolesterol antara lain:

  • Jalan kaki cepat
  • Naik sepeda
  • Berenang
  • Jogging

4. Kendalikan Berat Badan

menurunkan berat badan.jpg

Gaya hidup untuk menurunkan kolesterol selanjutnya adalah menjaga berat badan. Menurut para ahli, menjaga berat badan tetap ideal sangat membantu bila Moms ingin menurunkan kolesterol.

Bahkan, sebuah penelitian dalam International Journal of Obesity membuktikan bahwa peserta penelitian yang menurunkan berat badannya dalam waktu enam bulan juga mengalami penurunan kadar kolesterol.

Berat badan yang ideal juga baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah secara keseluruhan. Dengan begitu, kolesterol pun tetap stabil dan Moms terhindari dari penyakit jantung dan pembuluh darah.

Baca Juga: 8 Fakta tentang Menstrual Cup yang Perlu Moms Ketahui

5. Berhenti Merokok

hero kisah inspiratif mantan perokok

Gaya hidup untuk menurunkan kolesterol selanjutnya adalah berhenti merokok. Kandungan tar yang terdapat pada tembakau rokok ternyata bisa mengacaukan kerja sel imun.

Padahal, sel imun yang sehat diperlukan oleh tubuh untuk membantu metabolisme kolesterol dan menurunkan kolesterol. Bila metabolisme kolesterol terganggu, kolesterol pun terjebak di dinding pembuluh darah dan bisa terus menumpuk.

Jadi, salah satu perubahan gaya hidup yang perlu diupayakan yaitu mulai berhenti merokok. Moms bisa berkonsultasi dengan dokter atau psikolog untuk membantu proses stop merokok.

6. Konsumsi Suplemen

minyak ikan

Gaya hidup untuk menurunkan kolesterol selanjutnya adalah konsumsi suplemen. Berbagai penelitian telah menguak potensi suplemen minyak ikan dan serat larut untuk membantu menurunkan kolesterol.

Pasalnya, minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang tak hanya baik untuk mengatur kolesterol, tetapi juga menyehatkan jantung.

Sedangkan serat larut dapat menurunkan kadar kolesterol LDL, yang juga disebut sebagai kolesterol jahat.

Akan tetapi, sebaiknya Moms berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum minum suplemen apa pun, ya.

7. Batasi Minuman Beralkohol

Konsumsi Alkohol.jpg

Gaya hidup untuk menurunkan kolesterol selanjutnya adalah membatasi minuman beralkohol. Terlalu banyak minum minuman beralkohol dapat membahayakan organ hati.

Selain itu, minuman beralkohol juga bisa berdampak buruk pada kesehatan jantung dan pembuluh darah yang kaitannya sangat erat dengan kolesterol. Maka itu, usahakan untuk tidak terlalu sering minum alkohol, ya, Moms.

Menghindari alkohol akan membantu Moms menurunkan kolesterol.

Baca Juga: 3 DIY Masker Alami untuk Menghilangkan Komedo

Itulah beberapa cara mengubah gaya hidup untuk menurunkan kolesterol. Selamat mencoba!

(IA/ERN)

Artikel Terkait