TREN
4 Januari 2019

7 Rempah Ini Bisa Ditanam di Rumah, Coba Yuk!

Menanam rempah sangat mudah dan menyenangkan
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Moms yang hobi masak pasti punya keinginan untuk menanam rempah sendiri di rumah. Tujuannya tentu agar bisa dimanfaatkan untuk memasak.

Tidak perlu lagi beli rempah jauh-jauh ke pasar atau swalayan, cukup memetik di kebun sendiri. Bisa menghemat pengeluaran juga kan Moms.

Menanam rempah di rumah sangat mungkin dilakukan kok Moms. Dikutip dari Theherbexchange.com, ada cukup banyak rempah yang bisa ditanam di rumah, baik di kebun belakang, teras, maupun ambang jendela.

Apa saja? Cari tahu yuk Moms!

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Manfaat Rempah-rempah untuk Tubuh

Jahe

shutterstock 531156358 (1)

Jahe punya banyak sekali kegunaan. Banyak sekali menu masakan yang menggunakan jahe sebagai bahan bakunya, dari masakan sehari-hari hingga kue dan cake.

Selain untuk bahan masakan, jahe juga bisa jadi obat herbal.

Untuk menanamnya, Moms hanya perlu sepotong jahe. Pilihlah potongan yang memiliki mata. Mata itu yang akan tumbuh menjadi daun.

Tanam jahe dalam campuran tanah dan media tanam. Siram secara rutin ya Moms. Pastikan juga jahe mendapat sinar matahari yang cukup.

Kunyit

shutterstock 1062996437

Moms yang suka memasak ayam bumbu kuning, kari, atau pepes pasti akan sangat tertolong dengan adanya kunyit di rumah. Nah, tidak sulit kok menanamnya Moms.

Sama seperti menanam jahe, menanam kunyit juga hanya butuh sepotong kunyit lalu ditanam dalam tanah yang sudah dicampur dengan media tanam.

Kunyit ini bisa ditanam di dalam ruang juga lho Moms. Tapi, Moms tetap harus perhatikan kebutuhan air dan sinar mataharinya ya.

Ketumbar

shutterstock 1020696622

Ketumbar juga cukup banyak digunakan dalam masakan, baik buahnya maupun daunnya. Keduanya bisa menambah cita rasa dan aroma pada masakan.

Ketumbar termasuk tanaman yang cepat tumbuh. Dia juga tidak mengenal musim dan bisa ditumbuhkan di dalam ruangan.

Caranya mudah sekali Moms. Moms cukup mengambil segenggam buah ketumbar lalu potong menjadi dua bagian.

Semai biji tersebut dalam pot besar. Pastikan seluruh bagian tanahnya lembap.

Saat batang dan daun mulai tumbuh, Moms bisa menambahkan tanah untuk menutupi buah yang menjadi bakal pohon di bawahnya.

Baca Juga : Amankah Temulawak untuk Ibu Hamil?

Jintan

shutterstock 192002909

Jintan yang berasal dari kawasan Mediterania ini sangat populer di dunia.

Aroma dan cita rasanya cukup dominan. Cukup banyak menu masakan yang dimasak dengan menggunakan bahan ini.

Menumbuhkan jintan di rumah juga terbilang sangat mudah. Moms hanya perlu menanam benih jintan di pot atau taman dengan paparan matahari yang cukup banyak.

Pastikan tanahnya selalu lembap dan potnya punya sistem drainase yang baik. Dalam waktu 4-5 bulan, bunga jintan sudah bisa dipanen lho Moms.

Bawang Putih

shutterstock 379638712

Hampir semua menu masakan butuh bawang putih. Karena itu, rasanya tepat jika Moms menanam bawang putih di rumah.

Apalagi, harga bawang putih cukup turun naik. Jika sedang naik, punya bawang putih sendiri di rumah sangat menguntungkan.

Moms hanya perlu menanam sebonggol bawang putih di dalam tanah yang sudah dicampur media tanam.

Pastikan tanah selalu dalam keadaan lembap ya Moms. Tidak butuh lama sampai bawang putih menumbuhkan daunnya.

Daun bawang putih ini bisa juga digunakan untuk bumbu dapur, namun terlalu sering memetik daun akan membuat bonggol bawang putih tidak tumbuh besar.

Bawang putih siap dipanen jika daun sudah mulai layu.

Bawang Merah

shutterstock 116011843

Berbicara bawang putih rasanya tidak lengkap jika tidak membicarakan bawang merah.

Untuk setiap masakan, duet bawang putih dan bawang merah ini selalu dicari. Jika Moms sudah menanam bawang putih, ada baiknya jika menanam bawang merah juga.

Moms bisa menanam bawang merah dari benihnya atau dari bawang merahnya. Tanam dalam tanah subuh yang lembap. Pastikan tanah tidak terlalu basah.

Ketika bawang merah tumbuh besar di bawah tanah, mereka akan mulai muncul ke permukaan. Itulah saatnya bawang merah dipanen.

Untuk memastikan bawang merah sudah tumbuh maksimal, tunggulah sampai daun layu baru dipanen.

Serai

shutterstock 765535375

Moms juga bisa menumbuhkan serai dengan mudah di rumah. Selain bisa digunakan untuk memasak, menanam serai juga konon bisa mengusir nyamuk.

Aroma serai yang kuat tidak disukai nyamuk, karenanya nyamuk lebih memilih untuk pergi menjauh.

Untuk menanam serai, Moms hanya perlu mengambil beberapa batang serai. Potong daun serai hingga menyisakan beberapa sentimeter batang dan akar. Buang juga lapisan daun yang sudah mati.

Tanam batang tersebut di dalam pot dengan tanah yang subur. Pastikan serai mendapat matahari dan air cukup. Dia akan tumbuh lebat dengan cepat.

Itulah beberapa rempah yang bisa Moms tanam sendiri di rumah. Selamat mencoba!

(AND)

Artikel Terkait