JALAN-JALAN
19 September 2017

7 Taman Tempat Bermain Anak Paling Seru di Jakarta

Jangan ke Mall melulu, main ke taman juga asyik!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh katri.dyah
Disunting oleh katri.dyah

Mama sering kebingungan mencari tempat bermain bersama anak? Untuk menghabiskan akhir pekan tak melulu harus ke mall, kan, Ma? Yuk, ajak si kecil untuk bermain di alam bebas untuk lebih aktif bergerak dan mengenal lingkungan sekitar. Pilihan untuk bermain di Taman Kota bisa jadi pilihan seru, lho!

Saat ini sudah tersedia banyak pilihan tempat bermain di lahan terbuka hijau di Jakarta. Ada banyak taman Ruang Terbuka Ramah Anak yang bisa Mama datangi bersama si kecil. Berikut pilihannya,

Taman Fatahilah

taman fatahillah gogonesia
Sumber foto: gogonesia.com

Taman ini berada di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Letaknya di tengah-tengah Museum Fatahilah, Museum Wayang, Museum Keramik dan gedung tua lainnya. Di sana, Mama bisa melakukan banyak aktivitas, mulai dari menambah ilmu pengetahuan lewat sejarah, sampai berfoto dengan banyak badut-badut unik dan lucu.

Taman Situ Lembang

taman situ lembang theatmojo
Sumber foto: theatmojo.com

Taman ini terletak di jalan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat. Taman dengan kolam bulat yang lebar ini punya banyak fasilitas, seperti tempat pemancingan, toilet, Wi-Fi, bangku taman, taman bermain anak, juga trek jalan berbatu untuk terapi. Taman ini layaknya penyejuk di tengah hiruk pikuk perkotaan.

Taman Medan Merdeka

air mancur monas bintang
Sumber foto: tabloidbintang.com

Taman ini popular dengan sebutan, Taman Monas. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di taman yang menjadi salah satu destinasi wisatawan lokal ini. Mama bisa mengajak si kecil untuk lebih mengenal kebon Botani, olahraga santai, naik delman, belajar sejarah dan melihat indahnya kota Jakarta dari ketinggian di puncak tugu Monas, hingga menonton air mancur menari yang spektakuler di malam hari. Seru!

Taman Martha Tiahahu

tamanmarthatiahahu idjakarta
Sumber foto: idjakarta.com

Disekitar komplek atau pusat perbelanjaan dan terminal bus Blok M, ada taman yang bisa menjadi tempat bersantai. Taman Martha Tiahahu ini merupakan salah satu taman terluas di Jakarta Selatan, dengan luas 20.960 meter persegi. Taman ini dilengkapi dengan air mancur, tugu, patung-patung hewan, hingga kolam besar yang bisa menyegarkan mata.

Baca juga: 5 Aktivitas Wisata Asyik di Dalam Kota

Taman Ria Rio

kompas.megapolitan taman ria rio
Sumber foto: kompas.megapolitan.com

Bergeser ke Jakarta Timur, ada taman yang bisa jadi tempat seru untuk menghabiskan waktu di sore hari, yaitu taman Ria Rio. Taman yang terletak di kawasan Kayu Putih, Pulo Gadung ini dilengkapi dengan fasilitas arena lari dan area wifi. Di sini Mama bisa mengajak si kecil untuk menikmati pemandangan kumpulan bangau-bangau putih yang menghuni waduk Ria Rio dan melihat secara langsung pohon Baobab yang tumbuh di tengah-tengah taman.

Taman Suropati

backpackerjakarta taman suropati
Sumber foto: backpackerjakarta.com

Taman rindang yang letaknya tak jauh dari Taman Lembang ini memang paling asik untuk dijadikan trek jogging. Beberapa komunitas pecinta hewan juga sering menggunakan taman ini untuk berkumpul. Berbagai fasilitas tersedia di taman ini seperti bangku panjang, air mancur di dua sisi kanan dan arena untuk berlari. Serta terdapat ornamen-ornamen menyerupai tugu mengenang pendiri ASEAN.

Taman Menteng

flickr taman menteng
Sumber foto: flickr

Taman Menteng memiliki sebuah bangunan berbentuk rumah kaca sebagai 'ikon selamat datang' untuk menyambut kehadiran pengunjung. Taman ini selalu ramai saat akhir pekan, banyak komunitas olah raga yang memakai fasilitas lapangan untuk latihan basket, muay thai, futsal dan lainnya. Banyak pula komunitas fotografi yang melakukan hunting foto di tempat ini. Tak salah memang, taman cantik ini memang sangat instagramable! Asiknya lagi, selain bisa seru-seruan main, Mama juga bisa memanjakan lidah dengan berbagai sajian kuliner yang tersedia di sekitar taman.

Artikel Terkait