GAYA HIDUP
2 Oktober 2019

7 Tanaman Hias yang Cocok untuk di Dalam Ruangan

Percantik suasana ruangan dengan menambahkan tanaman hias di dalamnya!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Bosan dengan tampilan dekorasi di dalam rumah? Yuk, Moms, tambahkan beberapa tanaman hias di beberapa sudut ruangan.

Selain memberikan kesan segar dan tidak monoton pada ruangan, menempatkan tanaman di dalam ruangan juga dapat memberikan dampak positif pada kesehatan.

Tanaman hias di ruangan mampu membantu menghilangkan racun dan polutan di udara. Bagi perokok, sangat disarankan menaruh tanaman di ruangan karena dapat menyerap zat-zat berbahaya yang ada di udara dalam ruangan.

Selain itu, tanaman hias pun bisa meminimalisir alergi serta asma dan dapat mengurangi rasa stres, lho, Moms! Dengan melihat sesuatu yang tampak segar di mata, produktivitas pun bisa meningkat.

Sudah memiliki tanaman hias di dalam ruangan, Moms? Jika belum, Moms bisa cek di bawah ini kira-kira tanaman hias apa saja yang bisa diandalkan untuk diletakkan di dalam ruangan.

1. Lidah Mertua

Tanaman hias dalam ruangan - lidah mertua.jpg

Tanaman lidah mertua dikenal juga dengan sebutan Sansevieria. Bentuknya berupa daun panjang dan runcing degan tekstur tebal dan keras.

Ada yang berwarna hijau muda dengan perpaduan warna kuning, ada pula jenis yang berwarna hijau tua.

Lidah mertua dipercaya sebagai tanaman hias yang kaya manfaat. Selain menghasilkan banyak oksigen, lidah mertua juga mampu menyerap karbon monoksida dan karbon dioksida di dalam ruangan.

Baca Juga: Jus Seledri untuk Diet, Mitos atau Fakta?

2. Sirih Gading

Tanaman hias dalam ruangan - sirih gading.jpg

Sirih gading termasuk tanaman hias yang sangat mudah dirawat. Tanaman hias ini bisa tumbuh dengan baik ketika ditanam melalui media tanah maupun air.

Bentuknya menjuntai sehingga sangat bagus jika diletakkan pada rak atau ambalan yang menempel di dinding. Tanaman ini sangat baik dalam menyerap racun di udara, lho!

3. Peace Lily (Lili Perdamaian)

Tanaman hias dalam ruangan - peace lily.jpg

Namanya unik, bentuknya pun sangat cantik. Ya, tanaman hias lili perdamaian juga termasuk salah satu tanaman yang cocok di dalam ruangan karena mampu menyerap polutan dengan baik.

Lili perdamaian pun termasuk tanaman hias yang “tahan banting”!

“Jika Anda bersalah karena terlalu banyak menyiram tanaman, cobalah memelihara Spathiphyllum (lili perdamaian). Tanaman ini bahkan “hampir dapat tumbuh di tangki ikan!" ujar Gwenn Fried, Manager Program Terapi Holtikultura di NYU Langone.

Lili perdamaian tidak memerlukan banyak cahaya matahari untuk bisa tetap hidup, karena itu sangat cocok ditaruh di dalam ruangan.

4. Aloe Vera

Tanaman hias dalam ruangan - aloe vera.jpg

Aloe vera atau lidah buaya dapat tumbuh subur di dalam ruangan. Tanaman ini juga menyukai cahaya matahari yang tidak langsung, jadi memang baik untuk diletakkan di teras atau dalam ruangan.

Selain menyegarkan ruangan, aloe vera juga mempunyai manfaat bagi kesehatan, Moms. Tanaman ini dipercaya mampu menyembuhkan ruam, luka bakar, dan iritasi kulit.

Tanaman antioksidan ini juga baik bagi sistem pencernaan dan dapat mengobati sembelit.

Baca Juga: Ikuti 7 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Berikut Ini!

5. Bromeliad

Tanaman hias dalam ruangan - bromeliad.jpg

Bromeliad ternyata mampu menghilangkan lebih dari 80 persen dari enam senyawa organik yang berbahaya!

Untuk memaksimalkan manfaatnya sebagai penyerap polutan, Moms dapat memerhatikan ukurannya dibandingkan dengan ukuran ruangan.

Semakin besar ruangan, sebaiknya bromeliad yang ditaruh juga semakin banyak atau ukurannya semakin besar.

“Bromeliad berasal dari family bromeliaceae. Tanaman ini dapat bertahan lama dengan selalu menghasilkan tunas samping yang akan menggantikan tanaman aslinya. Bromeliad dapat disimpan pada suhu 70 derajat F (sekitar 21 derajat Celsius), yang membuatnya ramah di dalam rumah," jelas Sharon Nejman, Senior Horticulturist di Chicago Botanic Garden.

6. Lili Paris (Spider Plant)

Tanaman hias dalam ruangan - lili paris.jpg

Bentuknya unik dengan banyak daun dan dapat menyerap polutan. Tanaman ini cocok digantung maupun diletakkan di meja dalam ruangan.

Perawatannya sangat mudah, Moms tidak perlu menyiramnya setiap hari, cukup 2 atau tiga hari sekali. Pastikan tanahnya tidak terlalu basah agar akarnya tidak cepat membusuk.

Baca Juga: 4 Manfaat Masker Tomat untuk Wajah dan Cara Membuatnya

7. Monstera

Tanaman hias dalam ruangan - monstera.jpg

Bagi Moms penyuka tanaman hias, monstera pasti sudah tidak asing lagi. Apalagi monstera ini termasuk tanaman kekinian. Meski termasuk tanaman tropis, tapi monstera ternyata cukup tahan banting juga.

Monstera cocok di simpan di dalam ruangan karena tidak terlalu bergantung pada cahaya matahari langsung dan tahan pada ruangan berpendingin udara.

Nah, itulah beberapa tanaman hias yang bisa Moms simpan di dalam ruangan. Selain membuat udara lebih segar, tampilan ruangan pun jadi terasa lebih asri.

(DI/ERN)

Artikel Terkait