KEHAMILAN
13 Februari 2020

7 Tanda akan Melahirkan Sebentar Lagi, Moms Wajib Bersiap!

Moms, tahukah bahwa mual merupakan tanda awal akan melahirkan?
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Ketika Moms mendekati hari perkiraan lahir (HPL), setiap kram dan ketidaknyaman dapat membuat bertanya-tanya apakah sudah waktunya? Apakah Moms dalam proses persalinan? Apakah mual pertanda persalinan semakin dekat?

Akan tetapi, menurut TodaysParent, melahirkan bayi merupakan proses yang panjang. Bahkan jika proses persalinan Moms yang sebenarnya cepat, sebenarnya tubuh telah bersiap berminggu-minggu sebelum HPL yang sebenarnya ditentukan.

Tanda Melahirkan Sebentar Lagi

Lalu, apa saja tanda akan melahirkan yang umumnya dirasakan ibu hamil menjelang persalinan? Yuk cari tahu di bawah ini Moms!

1. Peningkatan Braxton Hicks

Braxton Hicks

Tanda akan melahirkan sebentar lagi yang pertama adalah peningkatan kontraksi palsu. Kontraksi 'latihan' ini dapat mulai sedini 24 minggu dan hanyalah pengetatan rahim. Moms mungkin merasa seluruh perut mengeras dan kemudian rileks lagi. Kontraksi ini dapat menjadi tidak nyaman, tetapi biasanya tidak menyakitkan.

“Menjelang akhir kehamilan Anda, Braxton Hicks mungkin datang lebih sering. Meskipun mereka belum tentu merupakan tanda awal persalinan,” terang Konsultan kebidanan dan ginekologi, Dr Isis Amer-Wahlin.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 5 Oleh-Oleh Khas Surabaya Kekinian

2. Bayi sudah Turun

Posisi Bayi Turun

Tanda akan melahirkan sebentar lagi yang selanjutnya adalah bayi sudah turun. Moms, Si Kecil mungkin akan bergerak lebih rendah ke arah panggul saat ia sudah siap keluar. Nah, hal ini bisa terlihat dengan nyata jika bayi Moms diposisikan tepat di bawah tulang rusuk selama beberapa minggu terakhir.

3. Tubuh yang Sangat Lelah

Tubuh Lelah

Tanda akan melahirkan sebentar lagi yang selanjutnya adalah tubuh menjadi sangat lelah. Tunggu sebentar, apakah ini trimester ketiga atau yang pertama? Ketika akhir kehamilan, Moms merasa seperti melakukan perjalanan mundur dalam waktu.

Perut yang sangat besar itu, bersama dengan kandung kemih yang cepat terisi dapat membuat susah tidur nyenyak selama berhari-hari dan minggu-minggu terakhir kehamilan. Maka, Moms perlu mencoba untuk tumpukkan bantal kemudian tidur siang agar mengembalikan energi.

Akan tetapi, menurut America Academy of Pediatrics, beberapa ibu justru merasakan kebalikannya yaitu mendapatkan ledakan energi saat hari kelahiran menjelang dan tidak dapat menahan diri untuk membersihkan dan mengatur segala sesuatu yang terlihat.

Moms mungkin salah satunya.

Baca Juga: Sakit Perut Bagian Bawah, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya?

4. Pendarahan

Pendarahan

Tanda akan melahirkan sebentar lagi yang selanjutnya adalah pendarahan. Dikutip dari National Health Service, saat serviks menipis dan mulai membesar untuk persiapan untuk melahirkan, serta kapiler kecil pecah.

Kondisi ini menyebabkan keputihan berwarna merah muda atau cokelat. Itu artinya, serviks pun melunak untuk mengantisipasi persalinan.

Kemudian, lendir serviks mulai diproduksi oleh kelenjar yang melapisi serviks. Ini menunjukkan kepala janin yang turun menekan pada serviks. Pendarahan ini dapat terjadi mana saja dari berjam-jam hingga beberapa minggu sebelum persalinan.

Akan tetapi, bila Moms mendapati pendarahan yang banyak, ada baiknya langsung menghubungi rumah sakit untuk mengantisipasi masalah dengan plasenta.

5. Ketuban Pecah

Ketuban Pecah

Tanda akan melahirkan sebentar lagi yang selanjutnya adalah ketuban pecah. Kondisi ketuban pecah hanya 1 dari 10 ibu hamil yang mengalami semburan cairan ketuban. Kejadian ini biasanya terjadi di rumah, sering ketika Moms berada di tempat tidur. Kadang juga kantung ketuban pecah sebelum persalinan.

6. Sakit Punggung yang Berirama

Ibu hamil sakit punggung

Tanda akan melahirkan sebentar lagi yang selanjutnya adalah sakit punggung yang berirama. Terkadang, jika Si kecil berbaring dalam posisi yang tidak biasa di dalam rahim Moms, kontraksi akan terasa lebih menyakitkan seperti sakit punggung berirama yang parah.

“Jika rahim mendorong tulang belakang karena bayi berada di posisi yang berbeda, Anda akan mengalami lebih banyak sakit di punggung serta mendekati waktu persalinan,” kata dokter keluarga di Rumah Sakit St. Michael di Toronto, Lee Schofield.

7. Kontraksi Lebih Sering dan Progresif

Kontraksi

Tanda akan melahirkan sebentar lagi yang selanjutnya adalah kontraksi lebih sering dan progresif. Kontraksi Braxton Hicks dapat datang dan pergi kemudian umumnya tidak nyaman, tetapi tidak menyakitkan. Ketika kontraksi nyata dimulai, mereka menjadi lebih intens dan memiliki pola.

“Ketika ibu hamil tidak dapat berbicara atau menarik nafas, jika Anda harus berhenti dan bernafas saat itu, maka itu berarti tanda tengah mendekati waktu persalinan,” ujar Schofield.

Ketika semua hal itu terjadi, Moms mungkin tergoda untuk pergi ke rumah sakit segera setelah kontraksi dimulai, tetapi dokter dan bidan mendorong Moms untuk menunggu sampai kontraksi semakin lebih sering dan intens, terutama jika itu kehamilan pertama.

“Kami memberitahu para perempuan untuk mencari aturan ‘4-1-1’, yaitu kontraksi terpisah empat menit, berlangsung satu menit dan keadaan ini terjadi selama satu jam,” tutup Schofield.

Baca Juga: Ini Dia Obat Alami untuk Penyakit DBD

Itulah tanda-tanda akan melahirkan sebentar lagi yang perlu Moms waspadai. Jika Moms mengalami salah satunya, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter.

Saat usia kandungan sudah mendekati HPL, tidak ada salahnya Moms meminta kontak ponsel dokter untuk bisa berkonsultasi jika tanda akan melahirkan muncul.

(WAR/ERN)

Artikel Terkait