KESEHATAN
28 September 2017

8 Cara Mengatasi Kecanduan Kopi

Berencana mengurangi konsumsi kopi? Ikuti cara berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Secangkir kopi hangat merupakan hidangan paling nikmat sembari membaca koran pagi. Kopi memang disebut ampuh dalam mencegah diabetes dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Namun jika Mama kerap memanfaatkan kopi hanya untuk begadang, kebiasaan itu bisa berbahaya. Apalagi ketika konsumsi kopi mulai menimbulkan efek ketagihan. Beberapa ahli mengatakan, konsumsi kopi masih akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan sejauh tidak melebihi 5 cangkir perhari. Pada takaran ini, kandungan antioksidan dalam kopi bisa membantu mencegah kanker dan juga memelihara fungsi otak agar tidak cepat pikun. Namun jika konsumsi kopi sudah melebihi 5 cangkir apalagi sampai kecanduan, maka dampak negatifnya akan mulai muncul dan menutupi manfaatnya. Beberapa orang akan mengalami jantung berdebar, gelisah dan juga kadang-kadang lambungnya bermasalah karena tidak kuat dengan keasamannya. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap kopi antara lain sebagai berikut,

Menghitung

Sebagai permulaan, hitung berapa cangkir kopi yang Mama nikmati dalam sehari. Ingat, kopi mengandung kafein yang tinggi dan bisa memberi efek buruk bagi kesehatan. Dengan menghitung konsumsi kopi, Mama bisa membatasi diri untuk tidak minum berlebihan.

Kurangi Kadar Kafeinnya

Cara lain untuk mengurangi ketergantungan terhadap kopi adalah dengan mengurangi kadar kafeinnya, yakni dengan beralih ke half-decaffeinated lalu secara perlahan makin dikurangi hingga full-decaffeinated. Bisa juga dengan beralih ke teh hitam, yang memiliki manfaat sebanyak kopi namun dengan kafein lebih rendah.

Air Putih

Daripada kopi, Mama sebaiknya minum air putih delapan gelas setiap hari. Selain menyehatkan, air putih memang lebih dianjurkan untuk diminum dalam jumlah banyak.

Strategi

Apakah Mama biasa minum delapan cangkir kopi atau lebih dalam sehari? Jika iya, gunakan strategi untuk mengurangi konsumsi kopi secara berkala. Dengan cara ini, sakit kepala yang Mama alami akibat kecanduan kopi bisa perlahan-lahan sirna.

shutterstock 257659309

Minuman Pengganti

Teh hitam mirip dengan kopi, namun dengan sedikit kafein. Mama pun bisa beralih minum teh hitam jika mengalami kecanduan kopi. Teh hijau dan teh putih juga pilihan minuman lain yang lebih menyehatkan yang bisa Mama pilih. Selain air putih dan teh, Mama sebaiknya minum jus buah dan sayuran sebagai pengganti kopi. Jus buah dan sayur jelas lebih segar, bergizi, dan baik bagi tubuh Mama.

Baca juga: Ini 10 Istilah di Dunia Kopi yang Sering Didengar

Ampas Kopi

Menghentikan kecanduan juga bisa Mama lakukan dengan mencicipi ampas kopi. Ketika merasakan pahitnya, Mama akan berpikir ulang untuk menikmati kopi secara berlebihan.

Dukungan

Temukan orang lain yang juga ingin menghentikan kecanduan minum kopi. Jika Mama bisa menemukan dukungan dari orang lain, usaha Mama pasti akan jauh lebih mudah dan efektif.

Lampu

Karena masalah susah bangun, Mama memilih untuk minum kopi. Jika hal ini terjadi pada Mama, nyalakan lampu ketika tidur atau buka jendela kamar agar cahaya matahari masuk ke kamar. Dengan adanya penerangan, Mama bisa bangun dengan alami tanpa bantuan kopi.

HEI

Artikel Terkait