KEHAMILAN
23 Januari 2020

8 Cara Merawat Rambut Rontok pada Ibu Hamil

Moms bisa merawat rambut rontok saat hamil dengan aman serta mudah di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Moms mungkin pernah mendengar ketika hamil maka rambut menjadi tebal dan berkilau. Tapi, hal tersebut hanya terjadi untuk beberapa perempuan karena kadar estrogen yang tinggi serta mencegah rambut rontok.

American Pregnancy Association mengungkapkan beberapa calon ibu yang tengah hamil malah mengalami penipisan rambut atau rambut rontok selama kehamilan atau setelah melahirkan. Ini disebabkan beberapa kondisi seperti hormon, stres pada tubuh, atau masalah medis yang menyertai kehamilan.

Sementara itu, bidan dari Rumah Sakit di Universitas Norfolk dan Norwich, Emma Dufficy menerangkan tidak banyak informasi tentang rambut rontok selama kehamilan.

"Satu kemungkinan rambut rontok menjadi lebih kering akibat dari hormon progesteron yang dilepaskan dalam kadar yang tinggi selama kehamilan,” terangnya.

Cara Merawat Rambut Rontok pada Ibu Hamil

Untuk mencegah hal tersebut maka tidak ada salahnya Moms mencoba melakukan perawatan rambut rontok secara mandiri serta bisa dilakukan di rumah, berikut ini.

Baca Juga: Moms, Pahami Dampak Hepatitis B Pada Ibu Hamil

1. Produk Organik

Cara mengatasi rambut rontok pada ibu hamil yang pertama adalah menggunakan produk organik. Moms, menggunakan produk alami serta organik merupakan salah satu langkah terbaik untuk mengurangi rambut rontok yang terjadi akibat infeksi kulit dan reaksi alergi kulit kepala. Produk organik sangat aman bagi Moms yang memiliki kulit sensitif.

2. Minyak Hangat

jenis minyak pijat

Cara mengatasi rambut rontok pada ibu hamil yang selanjutnya adalah memijat dengan minyak hangat. Memijat kulit kepala dengan minyak hangat dianggap membantu mengendalikan rambut rontok secara alami. Minyak kelapa, jojoba, almond, minyak zaitun serta mustard dipercaya sebagai perawatan terbaik untuk memberi nutrisi pada kulit kepala melalui pijatan.

Baca Juga: Jangan Dibiarkan, Ini Cara Mengatasi Mata Bintitan dengan Cepat

3. Aloe Vera

Cara mengatasi rambut rontok pada ibu hamil yang selanjutnya adalah dengan aloe vera. Percayalah Moms aloe vera atau lidah buaya dapat menangani sebagian besar gangguan kulit. Gel lidah buaya ketika diaplikasikan pada kulit kepala, dapat mengobati kerontokan rambut yang terjadi karena kering atau infeksi di kulit kepala.

4. Santan Segar

1 santan

Cara mengatasi rambut rontok pada ibu hamil yang selanjutnya adalah dengan satan segar. Tidak sekadar untuk makanan seperti rendang, santan pun bisa untuk mengurangi rambut rontok. Caranya, pijatkan setengah cangkir santan segar ke kulit kepala dengan ujung jari Moms.

Biarkan selama 20 sampai 30 menit, bilas menggunakan shampo herbal yang baik.

5. Campuran Minyak

Cara mengatasi rambut rontok pada ibu hamil yang selanjutnya adalah dengan campuran minyak. Campurkan enam sendok makan minyak jarak dan seperempat sendok teh minyak esensial lavender. Oleskan campuran itu di kulit kepala dan cuci setelah satu jam.

Namun, Moms baiknya mendapatkan izin dari dokter terlebih dahulu untuk menggunakan minyak esensial karena beberapa tidak direkomendasikan selama kehamilan.

6. Jus Lemon

air lemon.jpg

Cara mengatasi rambut rontok pada ibu hamil yang selanjutnya adalah dengan jus lemon. Kocok satu telur dan campur dengan satu sendok makan jus lemon. Oleskan di kulit kepala dan biarkan selama 30 menit. Bilas.

Ini tidak hanya membantu mencegah rambut rontok tetapi juga membuat rambut lebih tebal dan lebih lembut seperti sutra.

7. Biji Fenugreek yang Direndam

Cara mengatasi rambut rontok pada ibu hamil yang selanjutnya adalah dengan biji fenugreek. Rendam biji fenugreek dalam air semalaman. Siapkan pasta halus dari mereka di pagi hari. Oleskan pasta pada rambut Moms dan pijat seluruh rambut.

Cuci bersih setelah tiga hingga empat jam. Itu tidak hanya merangsang pertumbuhan rambut tetapi juga memberikan cahaya.

8. Telur, Yogurt, dan Minyak Zaitun

Telur dan Minyak Zaitun

Cara mengatasi rambut rontok pada ibu hamil yang selanjutnya adalah dengan campuran telur, yogurt, dan minyak zaitun. Siapkan pasta dari bahan-bahan di atas dan oleskan seminggu sekali.

Ini berfungsi sebagai perawatan deep-conditioning yang bagus sebagai kunci anti kerontokan rambut bagi Moms.

Baca Juga: 4 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

Tips Mengatasi Rambut Rontok

Sementara itu, Menurut Asiten dokter spesiliasi kebidanan dan ginekologi, Holly Ernst, ada juga beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk mendukung perawatan rambut di rumah tersebut, yaitu:

  • Jangan terlalu sering menyikat rambut karena dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut.
  • Jangan menggunakan gaya rambut ketat seperti kuncir kuda, kepang, dan rol rambut karena dapat menarik dan membuat rambut Moms stres, menyebabkan kerusakan.
  • Jangan gunakan perawatan pelurusan atau pewarna kimia karena membuat rambut rapuh dan kering.
  • Gunakan sampo dan kondisioner yang lebih lembut.
  • Gunakan sisir pencegah kusut untuk menyikat rambut basah Anda.
  • Hindari penggunaan warna rambut karena bahan kimia berbahaya yang ada di dalamnya dapat menyebabkan kerontokan rambut yang berlebihan.
  • Makan banyak buah-buahan dan sayuran yang mengandung flavonoid dan antioksidan yang membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan dan merangsang pertumbuhan rambut.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Moms gunakan untuk merawat rambut rontok saat hamil. Nah, lakukukan juga tips perawatannya untuk mencegah rambut rontok ya. Selamat mencoba!

(WAR/ERN)

Artikel Terkait