KESEHATAN
22 Mei 2017

8 Etika yang Perlu Dipatuhi Saat Ngegym

Agar Mama dan member lain sama-sama nyaman menggunakan fasilitas gym
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Nge-gym sudah jadi bagian gaya hidup masyarakat urban sebagai sarana menjaga kebugaran. Mama mungkin juga sudah terdaftar di salah satu tempat fitness karena ingin lebih pede saat mengenakan strapless dress.

Baca juga: Rahasia Kurus Setelah Melahirkan

Berhubung gym adalah tempat umum, tentu ada beberapa etika yang perlu dipatuhi agar Mama dan member lain sama-sama merasa nyaman menggunakan fasilitas gym. Sudahkah Mama mengerjakan 8 hal ini?

  1. Selalu Tinggalkan Alat Fitness Tanpa Bekas Keringat

selalu tinggalkan peralatan tanpa bekas keringat

Peralatan di tempat gym biasanya terbuat dari bahan kulit, sehingga keringat yang menempel akan susah hilang. Karena itu, pastikan Mama mengelap keringat Mama -- baik dari tangan maupun punggung -- yang menempel di alat olahraga setelah menggunakannya. Mama juga akan ilfeel, kan, kalau melihat ada keringat yang masih menempel di alat fitness yang akan Mama gunakan?

  1. Jangan Nge-tag Alat Olahraga Kalau Sedang Tidak Memakainya

jangan tag peralatan

Di tengah latihan, ada saatnya Mama ingin duduk-duduk sambil mengecek media sosial. Nah, pastikan Mama tidak beristirahat sambil duduk di atas alat fitness, ya. Meski terdengar sepele, hal ini bisa mengganggu member lain yang ingin menggunakan peralatan tersebut.

  1. Jaga Ketenangan Gym

jaga ketenangan tempat gym

Gym biasanya memutar lagu-lagu up beat untuk menambah semangat saat berolahraga. Jangan ganggu keasyikan member lain dengan obrolan kencang Mama di telepon atau tertawa keras-keras dengan teman Mama sesama member. Pastikan Mama tetap menjaga sikap saat berbicara di muka umum.

  1. Jangan Posesif dengan Suatu Alat Fitness

jangan posesif sama suatu peralatan

Kalau niat Mama bergabung di gym adalah untuk mengencangkan perut, bisa jadi Mama akan memakai alat olahraga untuk mengecilkan perut selama berjam-jam. Meskipun banyak peralatan lain di tempat tersebut, bukan berarti Mama bebas menggunakan suatu peralatan tanpa memikirkan orang lain. Kalau gym sedang sepi, Mama boleh menggunakan alat fitness selama yang Mama mau. Tapi kalau kondisi gym cukup ramai, pastikan Mama adil dan tidak posesif terhadap alat favorit tersebut. Namanya juga tempat umum, setiap peralatan di sana tentu milik bersama dan dipakai bergantian.

  1. Beretika saat Menunggu Peralatan

beretika saat menunggu peralatan

Sama halnya seperti memberikan orang lain kesempatan menggunakan peralatan favorit Mama, Mama juga harus beretika saat menunggu orang lain menggunakan alat olahraga. Hindari berdiri di depan orang tersebut untuk nge-tag peralatannya dan menunjukkan kalau Mama sedang menunggu. Hal ini membuat member lain merasa tidak nyaman dan diburu-buru. Mama tak mau, kan, jika diperlakukan demikian?

  1. Kembalikan Alat Olahraga ke Tempat Semula

kembalikan setiap alat ke tempat semula

Selain peralatan berat yang bisa Mama pakai di tempat, di gym juga ada peralatan ringan yang bisa Mama bawa ke mana-mana, misalnya barbel atau bola fitness. Pastikan Mama mengembalikan alat olahraga tersebut ke tempatnya masing-masing tanpa berantakan, ya. Meski sudah ada staf yang membereskan ruangan setiap hari, Mama tetap tak boleh sembarangan meletakkan barang.

  1. Datang Terlambat ke Kelas Bisa Mengganggu

datang terlambat

Setiap kelas di tempat gym sudah ada jadwal masing-masing. Untuk Mama yang ingin mengikuti kelas senam zumba, senam aerobic, yoga, dan lain-lain, pastikan Mama tidak datang terlambat. Sebab, Mama bisa mengganggu konsentrasi pelatih dan menarik perhatian member lain. Kalau terpaksa datang terlambat, usahakan minimalisasi interupsi semaksimal mungkin.

  1. Jangan Pakai Kamar Mandi Gym Seenaknya

kamar mandi gym

Beberapa gym menyediakan fasilitas sauna. Kalau Anda bersauna bersama orang lain, hindari menggunakan pakaian yang membuat member lain merasa tak nyaman. Mungkin Mama santai saja bersauna dengan hanya mengenakan pakaian dalam atau bahkan topless. Tapi, apa member lain juga merasa nyaman?

Sama halnya dengan fasilitas lain yang digunakan setelah berolahraga. Pastikan Mama menggunakan kamar mandi untuk membersihkan badan dan keramas seperlunya. Hindari menggunakan kamar mandi terlalu lama, misalnya untuk luluran atau bahkan creambath, karena akan menimbulkan antrean. Begitu juga dengan hairdyer. Meskipun ada di setiap kamar mandi, bukan berarti Mama jadi bebas blow rambut. Gunakan sekadar untuk mengeringkan rambut.

Baca juga: 7 Minutes Hairstyle That Will Take You From Gym to Office

Yuk, sama-sama menjaga kenyamanan di tempat fitness!

Foto: Pexels.com

presented by shopback
Artikel Terkait