RUPA-RUPA
17 Oktober 2017

8 Kegunaan Baking Powder yang Belum Mama Ketahui

Wah, kegunaan nomor 7 memudahkahkan Mama di dapur!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Untuk Mama yang suka membuat kue, baking powder rasanya tidak asing lagi sebagai bahan penting untuk membuat kue mengembang dan lembut. Dengan baking powder, kue akan mengembang dengan cantik serta menghasilkan tekstur yang lembut.

Namun ternyata, baking powder punya fungsi lain yang tak kalah hebatnya. Berikut adalah beberapa fungsi baking powder yang bisa Mama praktikkan dirumah:

1. Menghilangkan bekas jerawat

Baking powder bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu. Mama cukup mencampurkan bubuk baking powder dengan sedikit air hingga menjadi seperti pasta.

Oleskan pasta putih tersebut ke bekas jerawat lalu diamkan selama lima menit, lalu bilas. Lakukan hal ini setidaknya tiga hingga empat hari dalam seminggu.

2. Memutihkan gigi dan menghilangkan bau mulut

shutterstock 732806761 (1)

Baking powder juga bisa dijadikan sebagai pengganti cairan kumur-kumur. Mama cukup melarutkan baking powder dengan air kemudian berkumur dengan air tersebut selama 30 detik.

Sedangkan gigi putih bisa didapat dengan mencampurkan baking powder dengan pasta gigi yang Mama pakai dirumah. Gigi dan mulut pun akan bersih dan terbebas dari bau mulut.

3. Menghilangkan komedo

Komedo kerap menggangu penampilan, namun kini Mama bisa mengatasinya dengan membuat masker yang terbuat dari baking powder yang dicampur dengan madu. Setelah dibalur keseluruh muka, pijat perlahan kemudian bilas dengan air hangat.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

4. Menghilangkan bau pada botol minum

Botol minum si kecil mulai berbau apek karena sering digunakan? Mama bisa membasuhnya dengan baking powder dicampur dengan air. Kocok campuran baking powder dan air hingga berbusa kemudian bilas botol sampai bersih. Bau apek pun hilang.

5. Membersihkan sayur dan buah

shutterstock 729034942

Jika Mama khawatir dengan kebersihan sayur dan buah yang akan dikonsumsi, Mama bisa menggosokkan baking powder pada sayuran atau buah sebelum mencucinya dengan bersih. Dengan ini, pestisida ataupun kandungan lainnya yang ada pada bagian kulit sayur atau buah pun bisa terkikis dan siap dikonsumsi.

6. Menghilangkan bau pada tangan

Bau tajam seperti bau bawang putih, bawang merah maupun bau amis setelah membersihkan ikan bisa dihilangkan dengan baking powder. Mama cukup menggosok perlahan baking powder pada tangan kemudian bilas hingga bersih.

7. Menghilangkan kerak

shutterstock 730706401

Kerak membandel pada panci, wajan bahkan kompor bisa dengan mudah dibersihkan menggunakan baking powder. Mama cukup mengoleskan campuran baking powder dengan sedikit air lalu diamkan sebentar. Kerak pun akan mengelupas dan mudah untuk dibersihkan. Sedangkan untuk membersihkan kerak pada mesin cuci, Mama cukup memasukkan baking powder sebagai pengganti sabun dan menyalakan mesin cuci tanpa isi, niscaya mesin cuci akan kembali bersih.

8. Menjadi dry shampoo

Rambut lepek memang masalah karena bisa merusak penampilan. Namun Mama bisa mengakalinya dengan menggunakan baking powder. Cukup pakaikan baking powder ke kulit kepala dengan menggunakan kuas lalu kibaskan rambut untuk menghilangkan sisa bubuk putih. Rambut akan kembali terlihat segar.

Itulah beberapa kegunaan lain dari baking powder selain untuk membuat kue. Kini Mama membersihkan peralatan dapur dengan mudah hingga tampil cantic menawan dengan bermodalkan baking powder.

DNY

Artikel Terkait