KESEHATAN
11 November 2019

8 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Dihindari, Ini Macamnya!

Ternyata asinan dan gula termasuk makanan penyebab kanker.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak aneka makanan penyebab kanker yang harus kita hindari jika bisa ini. Kanker salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Walau ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang menderita kanker, makanan memegang faktor yang besar.

Banyak orang belum menyadari beberapa makanan bisa memicu masalah kesehatan, termasuk kanker. Meskipun mereka telah menjalani gaya hidup sehat dengan olahraga dan menghindari rokok.

Tetapi, konsumsi makanan tertentu yang bersifat karsinogenik bisa membuat mereka berisiko menderita kanker. Berikut ini adalah 8 makanan penyebab kanker tersebut.

1. Daging Olahan

1 - 8 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Dihindari.jpg

Foto: shutterstock.com

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengaitkan daging olahan dalam kategori makanan yang berisiko menyebabkan kanker.

Dalam daftar WHO mengatakan konsumsi daging olaharan seperti sosis, bacon, hot dog, dan ham bisa meningkatan risiko kanker kolorektal.

Konsumsi 50 gram daging olahan setiap hari (sekitar dua potong ham) juga bisa meningkatkan risiko kanker usus sebesar 18 persen. Masalahnya risiko ini tidak hanya berasal dari daging olahan saja, tetapi kebiasaan buruk juga bisa menjadi faktor penyebab.

Kebiasaan buruk ini meliputi merokok, menyembuhkan, atau menambahkan garam atau pengawet. Ketika daging tertentu dimasak, natrium nitrit bisa bergabung dengan amina alami dalam daging untuk membentuk senyawa N-nitroso penyebab kanker.

Baca Juga: Disangka Pura-pura Sakit Perut, Balita Ini Ternyata Menderita Kanker Langka Mematikan

2. Salmon Liar

2 - 8 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Dihindari.jpg

Foto: shutterstock.com

Harga salmon liar pastinya lebih murah dibandingkan salmon yang ditangkap. Tetapi, salmon yang dibudidayakan ini memiliki tingkat kontaminan penyebab kanker lebih tinggi.

Rata-rata, salmon yang dibudidayakan memiliki 16 kali lipat bifenil poliklorinasi (PCB), empat kali lipat dalam daging sapi, dan 3,4 kali ditemukan di makanan laut lain.

Menurut Steven G. Eisenberg , DO, seorang ahli kanker di California Cancer Associates for Research and Excellence di San Diego, salmon kaya lemak sehat yang dikenal sebagai asam lemak omega-3, membantu mengendalikan peradangan dan berat badan yang bisa menyebabkan kanker.

3. Daging Bakar

3 - 8 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Dihindari.jpg

Foto: shutterstock.com

Suhu tinggi selama proses pemanggangan menghasilkan amina aromatik heterosiklik yang menyebabkan kanker. Selain itu juga menghasilkan hidrokarbon aromatik polisiklik yang bersifat karsinogenik.

Menurut Eisenberg, besi dan arang yang digunakan untuk memanggang daging juga memiliki zat penyebab kanker. Karena itu, orang harus menghindari atau mengurangi konsumsi daging atau makanan apapun yang dibakar.

Baca Juga: Wajib Tahu, 5 Fakta Vaksinasi HPV yang Dapat Mencegah Kanker Serviks

4. Alkohol

4 - 8 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Dihindari.jpg

Foto: shutterstock.com

Penelitian telah menghubungkan kebiasaan minum alkohol dengan risiko kanker yang lebih kuat. Menurut National Cancer Institute, konsumsi alkohol dapat mengembangkan kanker di kepala dan leher, kanker kerongkongan, kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.

Tetapi, peneliti juga masih perlu riset lanjutan untuk mengetahui hubungan minum alkohol dengan sejumlah kanker lainnya. Termasuk kanker pankreas, ovarium, prostat, lambung, rahim, dan kandung kemih.

5. Makanan Kaleng

5 - 8 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Dihindari.jpg

Foto: shutterstock.com

Makanan kaleng juga termasuk penyebab kanker karena karena kaleng dilapisi dengan bisphenol. Menurut Anton Bilchik, kepala penelitian gastrointestinal di Institut Kanker John Wayne di Santa Monica, makanan kaleng mengandung pengawet yang telah terbukti bersifat karsinogenik pada hewan.

Ia juga menjelaskan zat bisphenol (BPA) pada makanan kaleng juga terkait dengan kanker payudara dan prostat.

6. Asinan

6 - 8 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Dihindari.jpg

Foto: shutterstock.com

Salah satu makanan penyebab kanker yang sering dikira sehat adalah asinan. Sebab, asinan juga mengandung beberapa pengawet dan nitrat yang bersifat karsinogenik. Sehingga konsumsi asinan dalam jumlah besar bisa meningkatkan risiko kanker perut dan kerongkongan, kanker tiroid dan ovarium pada wanita.

7. Makanan Tinggi Garam

7 - 8 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Dihindari.jpg

Foto: shutterstock.com

Menurut Victoria Manax, MD, kepala petugas medis di Jaringan Aksi Kanker Pankreas dan ahli onkologi terlatih, konsumsi makanan tinggi garam bisa menyebabkan tekanan darah tinggi yang berkaitan dengan risiko kanker tertentu.

Risiko kanker ini termasuk kanker lambung, hidung, tenggorokan dan pankreas. Selain itu, asupan garam yang tinggi menyebabkan masalah kesehatan lain seperti penyakit kardiovaskular, osteoporosis, dan obesitas.

Baca Juga: Ini Dia Penyebab dan Jenis-jenis Kanker Tenggorokan

8. Gula

8 - 8 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Dihindari.jpg

Foto: shutterstock.com

Pada awal abad ke-20, seorang ahli biokimia Jerman bernama Otto Warburg mengamati bahwa sel-sel kanker sering mengandalkan gula untuk mendorong pertumbuhan prolifik.

Sebenarnya diet ketogenik belum sepenuhnya terbukti mencegah atau memperlambat kanker. Tetapi, peneliti telah memastikan adanya hubungan antara gula dengan risiko kanker. Sehingga makanan apapun yang memiliki indeks glikemik tinggi bisa meningkatkan risiko kanker.

Jadi, hampir bisa dikatakan bahwa gula merupakan salah satu makanan penyebab kanker.

Meskipun 8 makanan tersebut menyebabkan kanker, masih ada beberapa makanan lainnya yang menurunkan risiko kanker. Terutama sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung antioksidan dan sejumlah nutrisi.

Selain vitamin dan mineral, komponen bioaktif dalam sayuran dan buah-buahan bisa mengurangi risiko kanker secara langsung.

Orang yang lebih banyak makan buah dan sayuran cenderung mengalami kenaikan berat badan lebih sedikit dan berisiko lebih rendah mengalami obesitas serta kanker.

Itulah 8 makanan penyebab kanker yang bisa Moms hindari. Wah, ternyata makanan dengan cita rasa yang enak semua ya, Moms?

(SA/DIN)

Artikel Terkait