KESEHATAN
19 Maret 2019

8 Makanan untuk Kesehatan Organ Reproduksi

Intip Makanan Apa Saja yang Baik Untuk Organ Reproduksi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memilki organ reproduksi yang sehat adalah dambaan setiap orang, terutama bagi pasangan yang mengidamkan memiliki buah hati.

Ada cara mudah untuk membantu organ reproduksi lebih terjaga kesehatannya hingga kesuburan anda pun ada di level yang baik.

Pakar diet dan penulis buku Fertility Foods Cookbook Elizabeth Shaw, MS, RDN, CLT and Sara Haas, RDN, LDN membagikan 8 jenis makanan bernutrisi yang sangat bermanfaat bagi organ reproduksi.

Menurut Shaw, sudah ada beberapa riset yang membuktikan adanya efek dari makanan tertentu terhadap kesuburan.

Jika 8 jenis makanan yang dimaksud Shae dan Haas dikonsumsi dengan rutin, maka Anda akan mendapatkan organ reproduksi yang lebih sehat.

1. Berry

Segala buah beri-berian seperti strawberry, blueberry, dan blackberry selain lezat juga kaa akan antioksidan dan serat. Antioksidan inilah yang berperan dalam melawan radikal bebas yang bisa mengganggu organ reproduksi.

2. Produk Susu Utuh (bukan produk low fat)

Lemak yang terdapat pada produk susu seperti yoghurt atau keju juga sebetulnya baik untuk kesehatan reproduksi asalkan tidak dikonsumsi berlebihan.

3. Salmon

Salmon merupakan ikan yang sangat kaya dengan asam lemak Omega-3 yang sudah bertahun-tahun terbukti membantu kesuburan. Mengonsumsi salmon minimal dua kali dalam satu pekan bakal meningkatkan kesuburan Anda.

Baca Juga: 5 Masalah Sistem Reproduksi Ini Bisa Menghambat Kesuburan

istock 481114390

4. Walnut

Sebuah studi dalam jurnal Biology of Reproduction menunjukkan adanya efek asam lemak terhadap sperma 117 pria sehat berusia 21-35 tahun. Seperti halnya Salmon, walnut juga kaya akan asam lemak omega-3 dari sumber nabati. Maka, jangan ragu untuk

memasukkan walnut dalam menu diet.

5. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi seperti kimchi, yoghurt, dan kombucha tentunya mengandung bakteri baik, atau biasa disebut probiotik.. Bakteri jenis ini dapat meningkatkan imunitas tubuh hingga berpengaruh dalam kesehatan anda secara menyeluruh. Namun, jika anda

ingin mengolah makanan tersebut, jangan sampai terlalu banyak proses pemanasan karena bisa membunuh bakteri baik.

6. Telur Ayam

Mengandung protein, vitamin D, lemak sehat, dan choline membuat telur menjadi makanan sakti bagi tubuh. Banyak studi yang menemukan bahwa choline punya peranan penting dalam kehamilan. Banyak wanita disarankan dokter kandungan untuk memakan

telur sebanyak 450 miligram per hari.

Baca Juga: Masalah Reproduksi Ini Penyebab Infertilitas Pria!

red rice 1024x768

7. Biji-Bijian

Mangan dan selenium banyak terkandung pada beras merah, oat, quinoia, maupun biji barley. Mangan membantu produksi hormon esterogen terhadap wanita, sementara selenium berpengaruh pada kesehatan sperma.

8. Kacang-Kacangan

Selain kaya protein, serat, juga asam lemak esensial, kacang-kacangan juga merupakan prebiotic. Apa itu prebiotic? Ya, prebiotic adalah makanan bagi bakteri probiotik yang membantu kesehatan tubuh secara menyeluruh.

(IRN)

Artikel Terkait