KESEHATAN
21 Januari 2020

8 Makanan yang Bisa Memperparah Sakit Kepala, Ayo Hindari!

Hindari makanan dan minuman tertentu yang bisa memicu maupun memperburuk sakit kepala.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Tengok aneka makanan yang memperparah sakit kepala ini. Ada beberapa faktor yang bisa memicu sakit kepala, termasuk makanan dan minuman. Melansir Cleveland Clinic, sekitar 20 persen pasien sakit kepala bisa karena peka terhadap makanan tertentu.

Karena itu, seseorang disarankan mengingat makanan dan minuman apapun yang dikonsumsi sehari-hari ketika mengalami sakit kepala.

Apalagi jika seseorang mengalami sakit kepala konsisten selama 20 menit hingga 2 jam setelah makan. Ada kemungkinan makanan tertentu membuat sensitif dan sakit kepala.

Tetapi, bukan hal mudah untuk melacak makanan tertentu yang diduga menyebabkan sakit kepala. Sebab, mungkin saja penyebabnya bukan makanan dan minuman tersebut. Melainkan, bahan-bahan atau zat kimia dalam makanan atau minuman tersebut.

Adapun bahan kimia yang terdapat dalam makanan dan minuman, termasuk nitrat atau nitris, phenylethylamine, sulfit, tanin, tyramine, salisilat, aspartat, gula tambahan, alkohol, kafein, gluten, glutamat dan capsaicin.

Bahan kimia dalam makanan dan minuman itulah yang mungkin saja menyebabkan sakit kepala. Sehingga belum tentu seseorang sensitif dengan makanan tersebut, tetapi bahan-bahannya.

Adapun makanan dan minuman yang dianggap bisa memperparah sakit kepala berikut ini:

Makanan yang Memperparah Sakit Kepala

1. Kafein

8 Makanan yang Bisa Buat Sakit Kepala Makin Buruk

Foto: shutterstock.com

Menurut American Migraine Foundation, kafein sebenarnya dapat membantu mengatasi sakit kepala atau migrain dalam penggunaan sesekali. Namun, konsumsi kafein berlebihan justru bisa memperparah sakit kepala. Adapun minuman dan makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan cokelat.

2. Makanan Mengandung MSG

8 Makanan yang Bisa Buat Sakit Kepala Makin Buruk

Foto: shutterstock.com

Monosodium glutamat (MSG) adalah asam glutamat yang secara alami ada dalam tubuh setiap orang. Selain itu, MSG juga terkandung dalam makanan tertentu. Beberapa peneliti menghubungkannya efek konsumsi MSG dengan sakit kepala.

The American Migraine Foundation mencatat bahwa MSG dapat memicu sakit kepala parah pada 10 hingga 15 persen orang. Selain MSG, pengawet lainnya juga dapat memicu migrain pada beberapa orang.

3. Soda

8 Makanan yang Bisa Buat Sakit Kepala Makin Buruk

Foto: shutterstock.com

Komite Penasihat Dietary Guidelines (DGAC) dilansir dari thehealthy.com, mengatakan konsumsi aspartame dalam jumlah sedang bisa memicu sakit kepala. FDA telah menerima ribuan keluhan konsumen yang mengalami gejala seperti pusing, kehilangan ingatan dan sakit kepala setelah mengonsumsi aspartame.

Laporan Ilmiah DGAC 2015 mengatakan, orang yang suka konsumsi minuman dimaniskan dengan aspartam. Kadarnya harus tetap sesuai dengan batas harian, yakni tidak lebih dari 50 mg / hari. Karena minuman bersoda juga bisa memicu maupun memperparah sakit kepala.

4. Permen Karet

8 Makanan yang Bisa Buat Sakit Kepala Makin Buruk

Foto: shutterstock.com

Mengunyah permen karet selama beberapa menit setelah makan siang mungkin tidak akan memicu sakit kepala. Tetapi, kebiasaan mengunyah permen karet terus-menerus bisa menyebabkan sakit kepala.

Dalam sebuah penelitian kecil, 19 dari 30 remaja yang mengunyah permen karet menemukan bahwa mereka terbebas dari sakit kepala kronis setelah berhenti mengunyah permen karet.

5. Roti

8 Makanan yang Bisa Buat Sakit Kepala Makin Buruk

Foto: shutterstock.com

Gluten dalam makanan seperti gandum, kerupuk, pasta dan campuran bumbu dapat menyebabkan masalah pencernaan dan celiac. Selain itu, beberapa orang mungkin juga mengalami sakit kepala sebagai bentuk gejala sensitivitas gluten.

Gluten adalah produk makanan yang terbuat dari gandum, bibit gandum, gandum hitam, tepung graham, kerupuk, pasta dan campuran bumbu. Menurut Michael Gregor, MD, dari Nutritionfacts.org, penyakit seliaka harus disingkirkan sebelum melakukan diet bebas gluten.

6. Pisang dan Alpukat Matang

8 Makanan yang Bisa Buat Sakit Kepala Makin Buruk

Foto: shutterstock.com

Pisang dan alpukat termasuk buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Tetapi pisang dan alpukat yang matang juga kaya tyramine. Menurut Jennifer Kriegler, MD, dari Pusat Restorasi Neurologis di Klinik Cleveland, makanan yang tinggi tyramine dapat menyebabkan sakit kepala.

Tyramine adalah asam amino yang bisa dicerna kebanyakan orang tanpa masalah. Namun, jika seseorang memiliki kekurangan enzim monoamine oksidase (MAO) atau mengonsumsi antidepresan tertentu, tyramine dapat mengganggu proses pemecahan.

7. Cokelat

8 Makanan yang Bisa Buat Sakit Kepala Makin Buruk

Foto: shutterstock.com

Menurut American Migraine Foundation, cokelat dianggap sebagai pemicu sakit kepala paling umum. Cokelat memengaruhi sekitar 22 persen orang yang mengalami sakit kepala. Karena, cokelat juga mengandung kafein dan beta-phenylethylamine yang dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang.

8. Makanan Beku

8 Makanan yang Bisa Buat Sakit Kepala Makin Buruk

Foto: shutterstock.com

Mengonsumsi makanan beku dan es krim atau slushies dapat memicu rasa sakit yang menusuk di kepala. Bahkan, Moms mungkin saja mengalami sakit kepala jika mengonsumsi makanan dingin dengan cepat, setelah berolahraga atau ketika kepanasan.

Nah, itulah 8 makanan yang memperparah sakit kepala. Hindari ya, Moms, di saat sakit kepala Moms tidak tertahankan.

Artikel Terkait