BAYI
8 Oktober 2019

8 Permainan Anak Seru untuk Bayi 9 Bulan

Saat Si Kecil menginjak 9 bulan, Moms dan Dads harus memberikan kesempatan bermain hingga bereksplorasi
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Si Kecil mulai mendekati tahap balita ketika dirinya menginjak usia 9 bulan. Ia akan penuh dengan perkembangan menarik yang lebih banyak setiap harinya.

Moms dan Dads, selama bulan ini, Si Kecil mungkin merangkak, melambaikan tangan untuk mengucapkan selamat tinggal, dan bergerak dengan baik.

Menurut Associate professor pediatric di Fakultas Kedokteran Mount Sinai, New York, Joel Forman, MD, Si Kecil pada usia 9 bulan pun sudah mengerti kata tidak.

"Walaupun belum sepenuhnya Si Kecil memahami bahasa dalam kata, Ia pasti lebih memahami bahasa tubuh orang tuanya secara keseluruhan dan ekspresi wajah ketika mengatakannya,” ujarnya.

Sehingga, baik Moms dan Dads diminta untuk tidak takut menyuarakan kata jika Si Kecil mendekati sesuatu yang bisa menyakiti mereka. Di samping itu, Si Kecil juga mulai mahir menggunakan tangan serta menjelajahi dunia sekitar dengan semua indera mereka.

Si Kecil pun membutuhkan permainan anak yang sesuai agar bisa menggunakan keterampilan yang telah mereka kembangkan dan menguasai beberapa keterampilan baru.

Apa saja permainan anak untuk bayi 9 bulan yang bisa dilakukan Si Kecil? Berikut daftarnya!

Baca Juga: 4 Cara Menghindari Kepala Bayi Peyang

1. Bermain dengan Ember

Permainan anak untuk bayi 9 bulan yang pertama adalah bermain dengan ember. Dilansir dari parents.com, Moms dan Dads bisa menjatuhkan balok atau mainan ke ember. Ketika mainan atau balok menyentuh bagian bawah ember, Moms dapat mengatakan sesuatu seperti "duk!".

Ulangi hal yang sama untuk beberapa kali lagi. Kemudian, jatuhkan kembali salah satu benda tersebut tetapi kali ini tetap diam saat melakukannya.

Lihat apakah Si Kecil mencoba meniru kata itu. Biarkan juga dia menjatuhkan mainan atau balok ke dalam ember bahkan mengosongkan ember. Kegiatan ini mampu mengembangkan keterampilan motoric halus serta bahasa.

2. Menggelindingkan Bola

2 Menjatuhkan Bola.png

Permainan anak untuk bayi 9 bulan yang selanjutnya adalah menggelindingkan bola. Moms dan Dads bisa mencoba menggelindingkan bola ke arah Si Kecil. Lihat apakah dia menghentikannya atau tidak. Kemudian, dorong dia untuk mengembalikannya.

Bila tidak, bertepuk tangan untuknya. Kegiatan ini mengembangkan keterampilan motorik kasar, mengajarkan tentang bergiliran dan meniru.

Baca Juga: 8 Cara Merawat Rambut Rontok pada Ibu Hamil

3. Petak Umpet

Permainan anak untuk bayi 9 bulan yang selanjutnya adalah petak umpet. Cari karton besar dan pastikan nyaman tanpa ada benda yang berbahaya serta mengganggu di dalamnya. Moms dan Dads pun bisa menaruh handuk lembut atau selimut di dalamnya.

Kemudian, tempatkan Si Kecil di dalam lalu berpura-pura seolah Moms dan Dads tidak dapat menemukannya.

4. Bertepuk Tangan dan Bernyanyi

Bayi Bertepuk Tangan

Permainan anak untuk bayi 9 bulan yang selanjutnya adalah bertepuk tangan dan bernyanyi. Dokter anak di Gwinnett Medical Center di Lawrenceville, Amita Shroff, MD, menerangkan bayi mulai bertepuk tangan saat mereka berusia 9 bulan.

”Nyanyikan mereka beberapa lagu anak-anak dan bertepuk tangan. Dorong Si Kecil untuk bertepuk tangan mengikuti irama,” ujarnya.

Manfaat tepuk tangan serta bernyanyi yaitu mengembangkan kontrol otot dan koordinasi tangan mereka, juga membantu mereka belajar tentang ritme.

5. Bermain air

Permainan anak untuk bayi 9 bulan yang selanjutnya adalah bermain air. Aktivitas waktu mandi bisa menjadi pengalaman belajar yang luar biasa bagi Si Kecil. Ketika Moms atau Dads berbicara dengan bayi Moms, itu membantu perkembangan bahasa Si Kecil.

Bayi bermain dengan gelembung dapat membantunya mengembangkan koordinasi tangan dan mata, Si Kecil mampu bersenang-senang sambil memeras air dari spons atau mencipratkan air adalah cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan sosial-emosionalnya.

Baca Juga: Yuk Kenali 4 Manfaat Pijat Bayi

6. Jalan-jalan dengan Stroller

balita di stroller

Permainan anak untuk bayi 9 bulan yang selanjutnya adalah jalan-jalan dnegan stroller. Moms dan Dads, berjalan-jalan dengan stroller merupakan salah satu kegiatan terbaik untuk anak berusia 9 bulan.Bawa Si Kecil jalan-jalan di taman, supermarket terdekat, atau hanya sekitaran lingkungan rumah.

Biarkan, ia menonton orang-orang lewat, anak-anak bermain, dan lainnya. Pengalaman "luar" ini akan membantu merangsang kemampuan multi-inderanya.

7. Bermain Pasir

Permainan anak untuk bayi 9 bulan yang selanjutnya adalah bermain pasir. Sekarang Si Kecil bisa duduk sendirian, buat dia duduk di lubang pasir dan biarkan dia bermain dengan pasir. Biarkan dia mengeluarkan sekop kecil, periksa ember kecil, dan sekop.

Ini adalah kegiatan yang bagus untuk mengembangkan keterampilan ibu yang baik bagi Si Kecil. Namun, Moms dan Dads harus berhati-hati untuk tidak membiarkan pasir masuk ke mata Si Kecil.

8. Membaca

bayi membaca hero

Permainan anak untuk bayi 9 bulan yang selanjutnya adalah membaca. Si Kecil dapat mengambil banyak manfaat dari buku bacaan bergambar. Coba dan modulasi suara Moms atau Dads sedikit saat membacakannya untuk Si Kecil.

Anak yang mulai membaca sejak diri mampu mengembangkan kecintaan membaca dan menanamkan kebiasaan membaca, yang keduanya merupakan hal yang baik.

Baca Juga: 7 Tanda akan Melahirkan yang Perlu Diwaspadai Ibu Hamil

Nah, Moms dan Dads, demikianlah jenis-jenis permainan anak yang bisa dicoba apabila Si Kecil sudah menginjak usia 9 bulan. Akan tetapi, perlu diingat setiap bayi tumbuh dengan kecepatannya sendiri.

Anak-anak yang mengembangkan keterampilan baru perlu banyak latihan, sehingga setiap kegiatan dapat dilakuan berulang kali. Moms dan Dads tidak perlu membeli mainan yang mewah untuk kegiatan-kegiatan yang menyenangkan ini.

Yang Moms dan Dads butuhkan adalah kesabaran dan semangat membantu Si Kecil mengembangkan keterampilan. Selamat mencoba!

(WAR/ERN)

Artikel Terkait