NEWBORN
11 Juli 2017

8 Permainan untuk Bayi 4-6 Bulan

Bayi di usia ini sudah bisa mulai diajarkan tentang bagian tubuh, lho, Ma
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Pada tahun pertama masa perkembangannya, bayi baru lahir hanya bergerak secara involunter dan refleks. Saat sistem saraf mereka mulai berkembang, mereka mulai bisa mengendalikan gerak tubuh mereka. Karena mereka mampu menggerakkan alat gerak, postural, dan melakukan kontrol manual, selanjutnya mereka sudah mampu memainkan berbagai permainan untuk bayi. Contohnya adalah delapan permainan untuk bayi 4-6 bulan ini:

  1. Pesawat-pesawatan

Ini merupakan permainan yang sangat menyenangkan bagi bayi. Terutama karena bayi berusia 4-6 tahun sudah mampu menyangga kepalanya sendiri dengan cukup tegak. Mama hanya perlu berbaring di lantai, angkat kaki dan lutut bersamaan. Tahan si kecil di bagian bawah lengannya dan angkat di atas kepala Mama. Tahan selama beberapa detik dan turunkan kembali dengan lembut ke lutut Mama. Jangan lupa untuk menambahkan efek suara.

  1. Aerobik Bayi

Baringkan si kecil dengan posisi terlentang. Kemudian nyanyikan lagu atau mainkan musik tanpa lirik. Mulai pegang tangannya dan gerakkan lengannya ke beberapa arah berbeda mengikuti iringan musik. Lakukan hal yang sama dengan kaki si kecil.

  1. Mengenal Bagian Tubuh

Sentuh dan sebutkan nama dari bagian tubuh si kecil satu per satu. Di usia ini bayi akan mulai ikut menirukan apa yang Mama lakukan. Biarkan ia menyentuh Mama dan menyebutkan bagian tubuh yang ia sentuh. Setelah itu Mama bisa menyentuh bagian tubuh si kecil yang lain sambil kembali menyebutkan namanya. Pegang jari si kecil dan bantu ia menyentuh bagian tubuhnya sendiri maupun bagian tubuh Mama.

  1. Menggapai Mainan

Duduklah di lantai dan pangku si kecil atau dudukkan ia di depan Mama. Pegang mainan tepat di depan wajahnya, saat si kecil mulai berusaha meraih mainan tersebut cobalah untuk sedikit lebih mengangkat mainan lebih tinggi. Biarkan si kecil berusaha untuk meraih mainannya lagi. Turunkan sedikit posisi mainannya hingga si kecil berhasil meraih mainan tersebut.

  1. Boneka Tangan

Ambil kaus kaki bayi dan potong beberapa bagiannya untuk tempat jari-jari tangan si kecil. Hias kaus kaki tersebut dengan warna-warna cerah, bentuk-bentuk lucu dan tekstur yang beragam. Pasangkan pada tangan bayi dan biarkan ia mulai bereksplorasi dengan tangannya.

  1. Kaki-kaki Menggemaskan

Hias sepasang kaus kaki dengan warna-warna cerah dan benda-benda kecil yang bisa berbunyi saat digerakkan, seperti misalnya lonceng mungil yang biasa digunakan menghias pakaian bayi. Pasangkan kaus kaki ke kedua kaki si kecil, biarkan ia melihat dan memainkan kedua kakinya demi membunyinya lonceng kecil yang sudah Mama pasang.

  1. Tepuk Tangan

Bayi 4-6 bulan secara refleks menggerakkan tangannya untuk bertepuk tangan, tetapi tidak bisa membuat kedua tangannya bersentuhan. Bantu si kecil dengan memegang tangannya saat bertepuk tangan. Jika perlu iringi dengan musik agar terkesan menyenangkan.

  1. Berguling

Berbaringlah bersama si kecil di atas permukaan yang lembut. Pilih dua mainan warna-warni dan tempatkan satu di setiap sisinya. Gulingkan si kecil dengan lembut ke salah satu sisi hingga ia bisa melihat mainan tersebut dan mencoba meraihnya. Gulingkan si kecil ke sisi yang lain agar bisa berinteraksi dengan mainannya.

Dengan delapan permainan ini, bukan cuma anak yang senang, tapi Mama juga jadi bisa berolahraga sambil mendekatkan hubungan Mama dengan si kecil. Praktikkan di rumah, yuk!

Baca juga: Ini Dia Manfaat Bermain Flash Cards bersama Balita

(RGW)

Artikel Terkait