KEHAMILAN
19 April 2020

8 Pose Yoga Untuk Tingkatkan Kesuburan

Banyak yang bisa Moms coba nih
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Melakukan program hamil bisa menjadi salah satu periode paling menegangkan bagi beberapa pasangan.

Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa berlatih yoga dapat membantu mengatasi stres sekaligus meningkatkan kesuburan dengan meningkatkan aliran darah ke panggul, merangsang kelenjar penghasil hormon, dan melepaskan ketegangan otot.

Pose Yoga untuk Tingkatkan Kesuburan

Berikut beberapa pose yoga untuk tingkatkan kesuburan dan peluang hamil yang dapat Moms coba lakukan di rumah:

1. Legs Up The Wall (Viparita Karani)

8 Pose Yoga Untuk Tingkatkan Kesuburan 1

Foto: pexels.com

“Viparita karani sering diajarkan kepada wanita yang sedang mencoba untuk hamil karena dapat menenangkan dan membawa energi ke panggul,” kata Dr. Pankaj Shrivastav, Direktur dari Conceive Gynecology & Fertility Hospital, seperti dikutip dari Baby and Child.

Selain itu, salah satu pose yoga Asana ini juga membantu menjaga sperma di dalam tubuh untuk selalu dekat dengan rahim, yang pada akhirnya memungkinkan sperma menjadi lebih mudah mencapai sel telur yang matang agar terjadi pembuahan.

Baca Juga: Patut Disimak, Ini 8 Pose Yoga yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

2. Butterfly Pose (Baddha Konasana)

8 Pose Yoga Untuk Tingkatkan Kesuburan 2

Foto: yogamoha.com

Selain Viparita Karani, Dr. Shrivastav juga merekomendasikan Baddha Konasana sebagai pose yoga untuk tingkatkan kesuburan.

Pose ini, menurut Dr. Shrivastav dapat membantu meningkatkan fleksibilitas di daerah pinggul karena Moms melakukannya dengan meregangkan paha bagian dalam, genital, dan lutut.

Baddha Konasana juga membantu melepaskan racun dan eenergi negatif di daerah pinggul dan selangkangan.

3. Bee Breath (Bhramari Pranayama)

8 Pose Yoga Untuk Tingkatkan Kesuburan 3

Foto: zliving.com

Bhramari Pranayama atau Bee Breath adalah yoga Asana yang bagus untuk menghilangkan stres. Di mana sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility telah melaporkan bahwa stres psikologis merupakan faktor signifikan yang menyebabkan infertilitas.

Pranayama ini dapat membantu menenangkan tubuh dan menangani stres, kecemasan, serta kekhawatiran.

Oleh karena itu, melakukannya secara rutin dipercaya dapat membuat kondisi pikiran dan tubuh menjadi lebih tenang, yang kemudian meningkatkan kesuburan dan peluang keberhasilan pembuahan.

Baca Juga: 3 Pose Yoga Untuk Kesuburan, Lakukan Yuk Moms!

4. Yogini Squat

8 Pose Yoga Untuk Tingkatkan Kesuburan 4

Foto: yogaholism.com

Meskipun kelihatannya sangat mudah untuk dilakukan, Parents menyebutkan bahwa pose yoga yang termasuk dalam malasana ini efektif untuk meningkatkan kesuburan dan membantu memperkuat dasar panggul yang sangat dibutuhkan untuk menopang pertumbuhan janin.

5. High Lunge With Side Stretch

8 Pose Yoga Untuk Tingkatkan Kesuburan 5

Foto: theinertia.com

Parents menyebutkan bahwa dengan melakukan pose ini dapat membantu membuka pinggul dan panggul untuk mendukung keberhasilan program hamil.

Di mana Moms akan merasakan regangan di bagian depan panggul dan fleksor pinggul, serta di sepanjang sisi tubuh dan pinggul, ketika melakukannya dengan benar.

Baca Juga: 6 Posisi Yoga yang Mudah untuk Pemula

6. Locust Pose (Shalabhasan)

8 Pose Yoga Untuk Tingkatkan Kesuburan 6

Foto: nuvanna.com

Dalam sebuah studi di International Ayurvedic Medical Journal disebutkan bahwa Shalabhasan atau locust pose dapat memperkuat organ perut dan daerah punggung bawah sehingga suplai darah ke organ reproduksi menjadi lebih lancar.

Sebagaimana diketahui, aliran darah yang lancar merupakan salah satu faktor yang mendukung kesehatan organ reproduksi dan meningkatkan kesuburan.

7. Bow Pose (Dhanurasan)

8 Pose Yoga Untuk Tingkatkan Kesuburan 7

Foto: classpass.com

Penulis dari studi di atas juga menyebutkan bahwa Dhanurasan termasuk sebagai salah satu yang dapat dicoba untuk meningkatkan kesuburan wanita. Pose ini diketahui dapat memperkuat selangkangan dan organ-organ di dalam abdomen.

Bahkan mereka menyebutkan bahwa bow pose sangat efektif mengatasi gangguan menstruasi dan membantu merangsang organ reproduksi.

Baca Juga: Tempat Yoga Paling Hits di Jabodetabek

8. Child Pose (Balasana)

8 Pose Yoga Untuk Tingkatkan Kesuburan 8

Foto: pixabay.com

Ini mungkin lebih Moms kenal sebagai pose penutup atau istirahat saat melakukan yoga. Tetapi menurut MomJunction, child pose atau Balasana merupakan pose yang ampuh dalam menenangkan otak dan mengatasi stres ataupun kelelahan.

Pose ini juga berfungsi untuk meregangkan dan memperkuat otot-otot punggung, pinggul, panggul hingga paha, serta meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.

Wah, ternyata ada banyak pose yoga untuk tingkatkan kesuburan yang dapat dicoba. Apa Moms sudah pernah mencoba melakukannya di rumah ataupun dengan bantuan instruktur?

Artikel Terkait