KESEHATAN
9 Januari 2020

8 Rekomendasi Menstrual Cup untuk Pemula

Masih bingung memilih mana yang cocok?
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Moms, mungkin masih asing dengan menstrual cup. Wajar saja, karena produk ini masih belum popular di Indonesia. Akan tetapi, produk ini telah cukup terkenal di luar negeri. Misalnya, di Australia, penjualan menstrual cup sudah ada sejak 1930-an.

Menstrual cup cukup terkenal karena tidak mengandung kimia dan terbuat dari medical grade silicone. Para ahli mengungkapkan menstrual cup lebih aman dibanding tampon. Begitupula dibandingkan pembalut yang bisa menimbulkan iritasi serta bau tidak sedap, Moms.

Rekomendasi Menstrual Cup untuk Pemula

Tentunya, Moms jadi penasaran apa itu menstrual cup. Jadi, menstrual cup adalah alat kesehatan yang bentuknya seperti corong yang terbuat dari silicon berbahan aman untuk tubuh.

Fungsinya seperti pembalut, hanya saja alih-alih menyerap, alat ini hanya menadah atau menampung darah. Kini, menstrual cup sudah cukup banyak ada di pasaran.

Ada banyak sekali jenis menstrual cup yang ada di pasaran saat ini. Kebanyakan menstrual cup punya dua ukuran berbeda. Dikutip dari Youngwomenshealth.org, cup dengan ukuran lebih besar direkomendasikan untuk perempuan berusia di atas 30 tahun yang pernah melahirkan normal.

Penasaran seperti apa sih menstrual cup yang ada di pasaran? Yuk kita simak rekomendasi menstrual cup untuk pemula di bawah ini!

Baca Juga: Mengenal Menstrual Cup, Apa Keuntungan dan Cara Menggunakannya?

1. FemmyCycle Menstrual Cup

FemmyCycle Menstrual Cup.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms yang memiliki serviks yang rendah tentu penggunaan menstrual cup akan menyebabkan ketidaknyamanan dan kebocoran. Tetapi, FemmyCycle Menstrual Cup ini mampu mengubahnya. Selain itu, produk ini juga diyakini tidak akan menyebabkan kebocoran, cincin pelepas yang mudah, dan memiliki tiga ukuran berdasarkan ketinggian serviks.

Seorang ahli bedah OB/GYN dan ginekologi di Baylor University, Jessica Shepred mengatakan, untuk menemukan menstrual cup yang tepat, Moms harus terlebih dahulu mengenal anatomi tubuh, loh.

“Mengetahui panggul Anda adalah tempat terbaik untuk memulai menstrual cup, artinya bagaimana bentuk panggul Anda, dan mengetahui apa yang akan lebih nyaman daripada tidak,” jelasnya.

Baca Juga: Harus Tahu! Ini Perbedaan Pembalut, Tampon, Menstrual Cup, dan Panty Liner

2. Diva Cup

Diva Cup.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms, menurut Mayo Clinic, penting untuk memastikan sebelum penggunaan menstrual cup apakah Moms memiliki alergi terhadap bahan yang digunakan.

Semisal, jika Moms memiliki alergi terhadap lateks atau bahan karet, tentunya akan membeli menstrual cup yang bebas lateks, dan hipoalergenik seperti merk Diva Cup ini, Moms.

Baca Juga: Kenalan dengan Menstrual Cup, Benarkan Lebih Nyaman Dipakai?

3. Flex Cup

Fle

Foto: Orami Photo Stock

Saat menggunakan menstrual cup, Moms pasti akan sedikit kesulitan ketika melepaskannya setelah penggunaan. Nah, Flex cup ini bisa jadi salah satu solusinya. Menstrual cup jenis ini memiliki bentuk batang tulang yang panjang sehingga mudah dilepasnya.

Bila terlalu panjang, Moms bisa memotongnya untuk mendapatkan panjang yang sesuai untuk diri sendiri.

Baca Juga: Berapa Lama Harus Mengganti Pembalut Saat Menstruasi?

4. Lena Cup

Lena Cup.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms seorang pemula untuk penggunaan menstrual cup, maka, Lena Cup menjadi pilihan Moms. Produk ini memiliki desain yang nyaman, tidak berbau, dan anti bocor. Produk ini ramah lingkungan dan memiliki beberapa pilihan harga untuk pembelian.

Bahkan, di salah satu situs belanja terkemuka di Amerika, Lena Cup ini mendapat 7.000 ulasan, dan 4,4 dari 5 bintang, sehingga menjadikannya sebagai salah satu menstrual cup paling popular di situs tersebut.

5. Super Jennie Menstrual Cup

Super Jennie Menstrual Cup.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Apabila Moms mengeluarkannya secara berlebih ketika menstruasi, maka tidak perlu takut, karena Super Jennie Menstrual Cup akan menyelamatkan. Dengan kapasitas 41,61 milimeter atau sekitar 1,41 ons, Moms akan merasa tenang saat mengalami darah berlebih ketika menstruasi.

Menurut beberapa ahli, beberapa menstrual cup tidak memadai ketika mengalami pendarahan berat. Sehingga, penting untuk mengetahui banyak darah yang ditampung saat membeli menstrual cup. Jadi, tak ada salahnya melihat Super Jennie Menstrual Cup ini.

6. MeLuna

MeLuna.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms, MeLuna adalah satu-satunya menstrual cup di dunia yang terbuat dari Termoplastik Elastomer. Jenis ini menawarkan ukuran yang paling besar dibandingkan produsen menstrual cup lainnya.

Di samping itu, MeLuna juga hadir dalam beragam pilihan mulai dari ukuran, panjang, tingkat kekencangan, sampai jenis pegangannya.

Baca Juga: 4 Fakta Pembalut yang Jarang Diketahui Perempuan

7. Lunette

Lunette.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Lunette menyediakan cangkir menstruasi dalam dua ukuran dan berbagai warna pilihan, seperti Lunette Selene, Lunette Diana, Lunette Cynthia, Lunette Aine, dan Lunette Lucia.

Kelebihan dari menstrual cup jenis ini adalah cangkirnya lebih mudah dibuka dibandingkan jenis lainnya yang ada.

8. Yukki

Yukki Cup

Foto: Orami Photo Stock

Yukki dijual di seluruh yang terdiri dari tiga tipe, yaitu ekonomi, klasik, dan lembut. Yukki memiliki dua ukuran, yakni ukuran kecil dan ukuran besar.

Jenis ini menawarkan cangkir yang lebih lembut dibandingkan dengan tipe lainnya. Sehingga cocok digunakan oleh mereka yang aktif.

Itulah beberapa rekomendasi menstrual cup yang ada di pasaran. Jika Moms ingin mencoba menggunakan menstrual cup, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.

(WAR/ERN)

Artikel Terkait