KESEHATAN
24 Januari 2020

8 Tanda Awal Leukemia yang Tak Terduga, Termasuk Berkeringat di Malam Hari!

Ada banyak gejala awal leukemia yang termasuk berkeringat di malam hari
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Tengok tanda awal leukemia yang mengkhawatirkan di sini, yuk.

Leukemia adalah kanker jaringan pembentuk darah tubuh, termasuk sumsum tulang dan sistem limfatik. Kanker darah ini bisa menyebabkan gejala-gejala halus dan mengejutkan di seluruh tubuh.

Ada banyak jenis leukemia. Dikutip dari National Cancer Institute, beberapa bentuk leukemia lebih berisiko pada anak-anak dan beberapa lainnya pada orang dewasa.

Leukemia biasanya melibatkan sel-sel darah putih. Sel darah putih ini merupaka pejuang infeksi yang kuat, sel-sel tersebut biasanya tumbuh dan membelah sesuai yang dibutuhkan tubuh.

Tetapi pada orang dengan leukemia, sumsum tulang menghasilkan sel darah putih abnormal yang tidak berfungsi dengan baik.

Perawatan leukemia pun bisa lebih kompleks tergantung pada jenis dan faktornya. Tetapi, pilihan pengobatan yang tepat bisa membantu perawatan leukemia.

Menurut National Cancer Institute dilansir dari thehealthy.com, penyakit ini bisa memburuk dengan cepat jika penderita memiliki tipe leukemia akut. Ada pula yang berkembang lebih lambat karena memiliki tipe leukemia kronis.

Berikut ini 8 tanda awal leukemia yang harusnya diwaspadai.

Tanda Awal Leukemia


1. Kelelahan

tanda leukemia - kelelahan (shutterstock).jpg

Foto: shutterstock

Kelelahan dan kelemahan adalah gejala leukemia yang paling umum. Menurut Mark James Levis, dari Johns Hopkins Sidney Kimmel Comprehensive Cancer Center di Baltimore, gejala ini paling sering disebabkan oleh anemia.

Kondisi ini bisa karena kekurangan sel darah merah yang menyebabkan kelelahan fisik. Pada kondisi yang lebih akut dan kronis, dikutip dari American Cancer Society, penderita mungkin akan mengalami kelelahan fisik ekstrem yang memburuk seiring berjalannya waktu.

2. Sesak Napas

tanda leukemia - sesak napas (shutterstock).jpg

Foto: shutterstock

Jenis-jenis leukemia tertentu bisa merusak produksi sel darah merah. Sel-sel ini diisi dengan membawa oksigen ke semua sel dalam tubuh.

Ketika ada kelangkaan sel darah merah, seseorang bisa mengalami sesak napas. Pada pasien leukemia, sesak napas juga bisa terjadi karena anemia atau pembengkakan kelenjar getah bening di dada.

3. Memar Berlebihan

tanda leukemia - memar (shutterstock).jpg

Foto: shutterstock

Memar yang tidak dapat dijelaskan atau tanpa trauma fisik bisa menjadi tanda-tanda awal leukemia. Menurut Pamela Crilley, ketua departemen onkologi medis di Pusat Perawatan Kanker Amerika, memar yang tidak biasa ini hasil dari jumlah trombosit yang rendah atau masalah pembekuan lainnya.

"Seseorang bisa memiliki memar yak terduga tanpa trauma fisik yang bisa terjadi di mana saja," ujarnya.

Baca Juga: 4 Jenis Pengobatan Leukemia Selain Kemoterapi Ini Punya Potensi Menyembuhkan?

4. Pendarahan Tak Biasa

tanda leukemia - pendarahan (shutterstock).jpg

Foto: shutterstock

Sama halnya dengan memar, mimisan tidak biasa atau pendarahan pada gusi, usus, paru-paru atau kepala merupakan tanda defisiensi trombosit dan masalah pembekuan. Kondisi ini merupakan tanda-tanda awal leukemia akut.

5. Gusi Bengkak dan Membesar

tanda leukemia - gusi bengkak (shutterstock).jpg

Foto: shutterstock

Pembengkakan gusi juga dikenal sebagai hiperplasia gingiva, biasanya terjadi pada beberapa orang dengan leukemia akut. Biasanya pasien dengan leukemia akut mengalami pembengkakan gusi.

Selain itu, penderita leukemia akut juga hampir selalu merasakan sesak yang aneh di bagian mulut.

Baca Juga: Ini 5 Faktor Penyebab Leukemia yang Kadang Tidak Kita Sadari

6. Kenyang atau Kembung

tanda leukemia - kenyang atau kembung (shutterstock).jpg

Foto: shutterstock

Satu tanda awal leukemia kronis dan akut adalah limpa membesar yang bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan. Organ ini bertuga membantu tubuh melawan infeksi tipe tertentu yang menyaring darah.

Limpa yang membesar bisa menyebabkan rasa kenyang atau kembung. Meski penderita makan dalam jumlah sedikit, mereka akan lebih cepat karena limpa yang membengkak.

7. Sakit Perut Bagian Kiri Atas

tanda leukemia - sakit perut (shutterstock).jpg

Foto: shutterstock

Limpa yang membesar akibat leukemia juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan perut atau rasa sakit di sebelah kiri. Seorang pasien leukemia kronis yang mengalami kematian limpa mengaku merasaka sakit di bagian perut kiri. Hal ini terjadi karena limpa terletak di perut kiri.

8. Berkeringat di Malam Hari

tanda leukemia - berkeringat di malam hari (shutterstock).jpg

Foto: shutterstock

Berkeringat di malam hari sering disebabkan oleh infeksi yang terkait dengan leukemia. Keringat malam hari akibat leukemia biasanya membuat tubuh sangat basah kuyup. Namun, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penyakit lainnya.

Moms perlu mengunjungi dokter jika mengalami salah satu tanda awal leukemia tersebut terutama pendarahan yang tidak terduga hingga demam tinggi.

Baca Juga: Selain Denada, 3 Artis Ini Juga Memiliki Keluarga yang Mengidap Leukemia

Artikel Terkait