KESEHATAN
25 November 2019

9 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Tidur Malam

Ternyata tubuh membakar kalori lebih banyak saat malam hari.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Semua orang bisa menurunkan berat badan saat tidur malam dengan nyenyak. Jadi, ternyata menurunkan berat badan tanpa olahraga ternyata bukan suatu hal yang mustahil.

Sebuah penelitian telah membuktikan penurunan berat badan saat tidur.

Penelitian dari National Sleep Foundation menunjukkan bahwa gaya hidup modern dan paparan cahaya malam hari bisa mengacaukan ritem sirkadian alami tubuh.

Ritme sirkadian alami tubuh kacau ini bisa mendorong untuk menahan lemak. Sehingga seseorang akan sulit menurunkan berat badan atau lebih gemuk dengan kehidupan seperti itu.

Semua orang bisa menurunkan berat badan saat tidur, karena tubuh akan membakar kalori lebih banyak dalam kondisi tertidur.

Tetapi, pembakaran kalori malam hari ini tergantung pada REM (Rapid Eye Movement) alias gerakan mata cepat. Saat tertidur, REM dan otak akan sangat aktif untuk menjalankan tugasnya.

Melansir dari brightside.me, adapun 9 cara menurunkan berat badan dalam kondisi tidur.

1. Minum Protein Sebelum Tidur

1 - 9 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Tidur Malam.jpg

Foto: brightside.me

Minum 30 gram protein sebelum tidur bisa membantu menurunkan berat badan saat tidur. Penelitian telah membuktikan bahwa minuman protein membantu meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh saat beristirahat.

Protein juga membantu perbaikan otot, sehingga semakin banyak massa otot yang Moms miliki, maka makin banyak kalori dibakar saat istirahat.

Baca Juga: Jika Anak Susah Tidur, Ikuti 4 Langkah Ini Agar Dia Cepat Mengantuk!

2. Konsumsi Makanan dalam Jumlah Kecil

2 - 9 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Tidur Malam.jpg

Foto: brightside.me

Hindari makan dalam jumlah besar di malam hari dan jangan makan apapun sebelum tidur. Selama tidur nyenyak, otak akan memancarkan hormon pertumbuhan.

Jika Moms makan larut malam, hormon pertumbuhan akan menyimpan makanan dalam sistem tubuh sebagai lemak dan bukan bahan bakar.

3. Hindari Alkohol

3 - 9 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Tidur Malam.jpg

Foto: brightside.me

Minum alkohol menjelang tidur bisa membuat tubuh sulit untuk membakar kalori. Bukan berati tidak boleh, Moms dan Dads harus menghindarinya 3 jam sebelum tidur.

4. Atur Waktu Tidur

4 - 9 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Tidur Malam.jpg

Foto: brightside.me

Jumlah tidur yang optimal sangat penting bagi kesehatan kita. Mulai karena jadwal yang sibuk, film dan telepon seluler menghalangi tidur yang nyenyak.

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang beristirahat dengan baik membakar 20% lebih banyak kalori setelah makan daripada mereka yang kurang tidur, kurang tidur.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Diet Golongan Darah AB

5. Hindari Olahraga Sebelum Tidur

5 - 9 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Tidur Malam.jpg

Foto: brightside.me

Olahraga malam hari justru akan membangunkan tubuh sehingga orang akan kesulitan untuk tidur nyenyak malam hari. Sehingga tubuh akan kesulitan membakar banyak kalori di malam hari.

Karena itu, lebih baik melakukan olahraga fisik di pagi hari. Olahraga di pagi hari bisa membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

6. Matikan Semua Elektronik di Kamar Tidur

6 - 9 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Tidur Malam.jpg

Foto: brightside.me

Penelitian oleh Harvard University menemukan bahwa panjang gelombang cahaya biru dari smartphone dan elektronik lain dapat mencegah produksi melatonin dalam tubuh.

Studi lain yang berbasis di Singapura menemukan bahwa menonton televisi selama berjam-jam menyebabkan kadar trigliserida lebih tinggi yang terkait dengan diabetes.

Selain itu, kebiasaan tersebut juga berdampak pada kadar adiponektin yang lebih rendah, yakni protein yang mengatur kadar glukosa dan pemecahan asam lemak dalam tubuh.

7. Matikan Penghangat Ruangan

7 - 9 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Tidur Malam.jpg

Foto: brightside.me

Tidur dalam kondisi suhu ruangan yang lebih dingin membantu membakar lemak dalam tubuh pada malam hari. Sebuah penelitian dalam jurnal medis juga menunjukkan orang yang tidur dalam suhu ruangan dingin dapat membakar 75 kalori lebih banyak daripada mereka yang tidur di kamar lebih hangat.

8. Tidur dalam Kondisi Gelap

8 - 9 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Tidur Malam.jpg

Foto: brightside.me

Sebuah penelitian dalam Journal of Pineal Research, tidur dalam kegelapan total membantu tubuh dalam memproduksi hormon melatonin, yakni yang membantu menginduksi tidur lebih baik sekaligus membakar lemak dalam tubuh.

Baca Juga: Berapa Banyak Air Putih yang Dibutuhkan Tubuh untuk Menurunkan Berat Badan?

9. Tidur Telanjang

9 - 9 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Tidur Malam.jpg

Foto: brightside.me

Tidur telanjang memiliki banyak manfaat. Karena, menjaga tubuh tetap dingin dapat mempercepat proses pembakaran lemak tubuh. Selain itu, kondisi tubuh yang lebih dingin saat tidur meningkatkan lemak baik yang membantu pembakaran kalori.

(SA/DIN)

Artikel Terkait