JALAN-JALAN
10 Januari 2020

9 Oleh-oleh Paling Populer dari Surabaya, Wajib Dibeli!

Bagai sayur tanpa garam jika jalan-jalan ke Surabaya tanpa membeli oleh-oleh khasnya
Artikel ditulis oleh Dita Indrihapsari
Disunting oleh Orami

Surabaya menawarkan banyak hal menarik, termasuk oleh-olehnya. Moms dapat memborong banyak oleh-oleh khas kota ini saat traveling ke Kota Pahlawan tersebut.

Oleh-oleh Paling Populer di Surabaya

Bukan hanya oleh-oleh berupa makanan dan camilan, ada juga, lho, oleh-oleh unik tiada duanya di Surabaya. Apa saja? Simak, yuk, Moms, oleh-oleh paling populer dari Surabaya yang jangan sampai terlewatkan saat ke sana!

1. Kue Lapis Surabaya

Oleh-oleh paling populer di Surabaya yang pertama adalah kue lapis Surabaya. Kue lapis Surabaya memang tidak hanya dapat dijumpai di Surabaya. Bisa jadi di kota Moms kue ini pun mudah ditemui karena begitu populernya oleh-oleh yang satu ini.

Kue Lapis Surabaya memiliki tiga lapisan kue dengan tekstur yang sangat lembut.

2. Sambal Bu Rudy

oleh-oleh paling populer di surabaya - sambal bu rudy.jpg

Oleh-oleh paling populer di Surabaya yang selanjutnya adalah sambal Bu Rudy. Sambal Bu Rudy punya banyak penggemar! Rasanya begitu khas karena ada rasa udang di dalamnya.

Moms dapat memilih sambal bajak, sambal bawang atau sambal hijau yang memiliki tingkat kepedasan berbeda-beda.

3. Kerupuk Ikan Kenjeran

Oleh-oleh paling populer di Surabaya yang selanjutnya adalah kerupuk ikan Kenjeran. Pantai Kenjeran merupakan salah satu destinasi terkenal di Surabaya. Daerah ini memiliki hasil laut yang melimpah. Masyarakat setempat pun memanfaatkan hasil laut ini dengan berbagai cara, salah satunya membuat kerupuk ikan.

Kerupuk Ikan Kenjerean menjadi oleh-oleh yang diburu para wisatawan. Harganya pun terjangkau, Moms!

Baca Juga: Bikin Surabaya Jadi Mirip Jepang, Ini 4 Fakta Tentang Bunga Tabebuya

4. Siropen Telasih

oleh-oleh paling populer di surabaya - siropen telasih.jpg

Oleh-oleh paling populer di Surabaya yang selanjutnya adalah Siropen Telasih. Coba, yuk, Moms, oleh-oleh legendaris dari Surabaya ini! Siropen Telasih merupakan produk sirup yang dibuat oleh seorang warga Belanda, JC Van Drongelen, dan telah ada sejak tahun 1923.

Pabrik ini merupakan pabrik sirup pertama di Indonesia! Ada sekitar 8 varian rasa Siropen Telasih, yaitu mawar, frambosen, cocopandan, vanila, jeruk keprok, leci, arbei, dan melon.

5. Kue Mente

Oleh-oleh paling populer di Surabaya yang selanjutnya adalah kue mente. Kue ini terbuat dari kacang mete (mente), telur, garam, gula, serta minyak nabati. Bentuknya bulat, agak pipih, dengan rasa yang gurih dan bertekstur lembut.

5. Almond Crispy Cheese

oleh-oleh paling populer di surabaya - almond crispy cheese.jpg

Oleh-oleh paling populer di Surabaya yang selanjutnya adalah almond crispy cheese. Camilan renyah ini berbentuk bulat, tipis, dengan taburan kacang almond dan keju parut di atasnya.

Almond Crispy Cheese memiliki banyak rasa yang ditawarkan, seperti green tea, cokelat, strawberry, blueberry, hingga rasa durian!

7. Surabaya Snowcake

oleh-oleh paling populer di surabaya - surabaya snowcake.jpg

Oleh-oleh paling populer di Surabaya yang selanjutnya adalah Surabaya snowcake. Surabaya Snowcake sangat populer! Dimiliki oleh artis Zaskia Sungkar, oleh-oleh kekinian ini cepat naik daun dan bertahan hingga kini.

Mirip seperti lapis surabaya, namun bagian atas dan bawahnya berupa pastry dengan taburan gula putih di atasnya.

Baca Juga: Selain Syahrini, Artis-Artis Ini Juga Buka Toko Kue Oleh-Oleh Kekinian

8. Belinjo Udang (Blindang)

Oleh-oleh paling populer di Surabaya yang selanjutnya adalah blindang. Oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Jika Moms suka makan emping yang terbuat dari melinjo, Moms mesti coba camilan yang satu ini!

Berbeda dari emping biasanya, blidang lebih istimewa karena dicampur degan udang asli dan juga rempah-rempah sehingga rasanya lebih “nendang.”

9. Kaos Cak Cuk

oleh-oleh paling populer di surabaya - kaos cakcuk.jpg

Oleh-oleh paling populer di Surabaya yang selanjutnya adalah kaos Cak Cuk. Seperti Joger di Bali atau Dagadu di Yogyakarta, Surabaya juga memiliki oleh-oleh khas berupa kaos dengan gambar serta tulisan yang unik dan lucu.

Kaos Cak Cuk bisa jadi alternatif bagi Moms yang ingin membeli oleh-oleh selain panganan saat traveling ke Surabaya.

Nama Cak Cuk berasal dari dua kata, yaitu Cak yang berarti laki-laki dewasa dan Cuk, umpatan kotor dalam bahasa Suroboyoan. Tak hanya kaos, Cak Cuk pun memproduksi tas, patung, mug, pin, magnet, dan souvenir lainnya khas Surabaya. Kaos Cak Cuk semakin diminati karena terus melakukan inovasi.

Baca Juga5 Jajanan Khas Surabaya yang Tak Boleh Dilewatkan

Itulah beberapa oleh-oleh paling populer dari Surabaya. Sudah siap borong oleh-oleh khas Surabaya Moms? Yuk, segera rencakana liburan ke kota ini!

(DI/ERN)

Artikel Terkait